Baterai Cepat Kembung? Ini Tips Agar Baterai Smartphone Awet!

Nah biar awet, bisa beli es awet yang seger di jalan.. enak lho sumpah!

Sering kembung? Tunggu! Yang kita akan diskusikan dalam artikel ini adalah mengenai baterai pada smartphone. Baterai cepat kembung menunjukkan bahwa baterai dalam smartphone-mu tidak awet.

Hal ini bisa disebabkan banyak macam hal, bisa memang dari pabriknya yang memang tidak menggunakan bahan yang baik sehingga menjadi kurang awet.

Bisa juga baterai smartphone tidak awet, dikarenakan perilaku penggunanya yang kurang baik dalam merawat baterai smartphone.

Nah kali ini kita akan membicarakan mengenai tips untuk bisa “mengawetkan” baterai agar tidak cepat kembung. Setidaknya bisa lebih tahan lama dibandingkan jika tidak mengikuti tips ini. Ya sudah langsung saja cekidot!

1

Charge Tanpa Harus Menunggu 100%

Baterai Cepat Kembung? Ini Tips Agar Baterai Smartphone Awet!

Melakukan charging atau isi ulang baterai adalah hal yang paling umum dilakukan. Seringkali para pengguna smartphone melakukan charge terlalu lama, bahkan meskipun baterai sudah menunjukkan indikator 100% terisi.

Padahal hal tersebut akan mengurangi umur baterai. Smartphone menggunakan lithium-ion sebagai bahan dari baterai. Lithium-ion (Li-on) memiliki sifat yang akan menurun kapasitasnya jika diberi tegangan yang tinggi.

Kebalikannya, li-on justru akan menarik arus secara konstan pada tegangan yang rendah. Perlahan-lahan arus ini akan terus menguat hingga baterai li-on terisi penuh.

Oleh karena itu, jika kita terus-terusan melakukan charge, akan menjadikan tegangan di dalam baterai menjadi tinggi dan akan mengurangi kapasitas dalam baterai.

Ada baiknya melakukan charge di antara 30% hingga 80%. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar voltase pada baterai tetap bertegangan rendah.

2

Jangan Menunggu Baterai Kosong

Baterai Cepat Kembung? Ini Tips Agar Baterai Smartphone Awet!

Sumber: Gadget to use

“Haa? Kosong?”, ya menunggu baterai hingga kosong adalah salah satu perilaku yang kurang baik. Perilaku para pengguna smartphone biasanya adalah setelah baterai habis hingga kosong, pengguna akan terus melakukan charge hingga penuh.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika smartphone terus-terusan di-charge bahkan masih tertancap hingga 100%, hal ini akan memperpendek umur dari baterai.

Selain itu, lapisan lithium metalik dari baterai jika terus-terusan diarusi listrik, maka lama kelamaan akan terjadi instabilitas atau tidak stabilnya baterai dan lebih parahnya, baterai akan menggembung bahkan dalam waktu lama bisa meledak.


Main game gratis, cobain board game unik, belanja komik dan mainan dengan harga murah, hingga berfoto bareng cosplay Star Wars, bisa kamu lakukan di BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta secara GRATIS! Klik bit.ly/bgp2018 untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung