7 Franchise Game yang Naik Daun Karena Inovasi Barunya

Mekanisme baru yang diterapin terbukti sukses bray!

Industri game merupakan salah satu industri yang memiliki pergerakkan cukup cepat berkat inovasi yang dilakukan para developernya. Inovasi yang ada cenderung cepat sehingga siapa yang tak bisa mengimbangi bakal ketinggalan jauh.

Sejauh ini ada beberapa developer yang sukses mengikuti alur inovasi dari industri game itu sendiri. Bahkan beberapa game tersebut sukses menjadi acuan berkat inovasinya. Game-game baru yang terinspirasi kemudian menduplikasi apa yang telah dilakukan sang pionir sehingga menjadi tren.


CONTINUE READING BELOW

MSI Gaming Festival di IGX 2018! Sensasi Ngegame yang Sesungguhnya

MSI Indonesia ikut berpartisipasi dalam acara Indonesia Game Xperience 2018 dengan tema MSI Gaming festival yang bakal membuat kalian merasakan sensasi ngegame yang sesungguhnya!


Duniaku.net kali ini tertarik untuk membahas mengenai franchise game yang naik daun karena inovasi barunya. Apa saja game tersebut dan apa saja inovasi yang telah dilakukan oleh developer game-game yang naik daun tadi. Mungkin langsung saja yuk kita bahas satu per satu mengenai tujuh franchise game yang naik daun karena inovasi barunya.

1

Far Cry 2

Source: Croshaslt

Bisa dibilang perpindahan hak cipta dari Crytek ke Ubisoft menjadi berkah tersendiri buat Far Cry. Berbekal Cryengine yang dimodifikasi, Ubisoft menjadikan Far Cry sebuah raksasa dengan engine bernama Dunia Engine. Di sini Far Cry yang tadinya hanya diplot sebagai game shooter FPS bisa menjadi sebuah game FPS Open World.

Hingga saat ini game FPS Open World masih sangat jarang dan sejauh ini yang bertengger di posisi teratas hanyalah Far Cry. Di seri kedua, Ubisoft melakukan inovasi yang luar biasa dan kemudian membuat popularitas Far Cry meningkat dari tahun ke tahun. Disuntik dengan mekanisme baru di seri ketiga membuatnya semakin menggila.

Tak heran bila inovasi yang dilakukan Ubisoft untuk Far Cry 2 ini membuatnya menjadi franchise game yang naik daun karena inovasi barunya.

2

Assassin's Creed

assassin's creed conspiracies

Harus diakui, Assassin’s Creed menjadi salah satu game yang menyuntikkan banyak inovasi. Meski sempat kehilangan arah beberapa waktu yang lalu, Ubisoft di masa lalu menjadi acuan banyak game, bahkan salah satu sistem di Ubisoft membuat Ubisoft mendapatkan trade marksistem tower Ubisoft.

Di Assassin’s Creed kita bakal disuguhkan oleh dunia yang sangat luas tapi untuk lokasi di map tersebut masih terkunci. Untuk membukanya kita dituntut menaiki tower yang ada. Maklum saja, Assassin’s Creed di seri awal lebih menonjolkan unsur parkour sehingga memanjat tower menjadi aktivitas yang harus dilakukan.


CONTINUE READING BELOW

Kocak! 6 Anime Komedi ini Bisa Bikin Kalian Mules

Dunia anime juga mengenal banyak genre dan tak melulu hanya berpusat pada genre petualangan saja. Salah satu genre yang punya banyak penggemar adalah anime komedi di mana dalam anime ini terdapat banyak unsur yang siap mengundang tawa kalian pecah!


Mekanisme seperti ini kemudian ditiru oleh game-game Ubisoft yang lain yaitu Far Cry dan Watchdogs. Bahkan developer-developer lain juga seakan latah dengan mekanisme Ubisoft yang satu ini. Selain inovasi mengenai sistem, Ubisoft juga memperkenalkan sebuah skema gameplay baru di Assassin’s Creed IV: Black Flag.

Mekanisme tersebut adalah mekanisme pertarungan kapal yang menjadi penyelamat wajah Assassin’s Creed itu sendiri. Pertarungan kapal yang disuntikkan begitu dielu-elukan oleh para penggemar dan membuat nama Assassin’s Creed bertahan dari gempuran game-game besar lainnya.

Masih adalagi nih game yang naik daun karena inovasi barunya, apa sajakah itu?

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!