6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4

Dari seabreg genre, cuman yang 6 ini aja yang mereka suka, serius!

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4

Dunia game menghadirkan banyak genre untuk dimainkan. Kecemerlangan developer untuk meracik genre yang ada membuat para gamer mendapatkan kebebasan penuh untuk bermain.

Sejauh ini telah ada puluhan genre game yang bisa dimainkan oleh para gamer. Tapi, dari seabrek genre tersebut hanya ada beberapa genre saja yang menjadi favorit para gamer. Entah apa yang membuat beberapa genre tersebut menjadi sesuatu yang benar-benar diagung-agungkan oleh gamer.

Tapi dari beberapa genre yang bakal ditulis di artikel ini, sejauh ini genre yang digandrungi oleh para gamer dikarenakan mereka memiliki sesuatu yang bebas atau sesuatu yang segar hingga akhirnya membuat para gamer betah berlama-lama memainkan genre tersebut.

Mungkin tanpa basa-basi lagi, langsung saja yuk kita bahas satu per satu mengenai genre terfavorit para gamer zaman now, cekidot!

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4

Game olahraga tahunan menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi buat kita. Meskipun terkadang membosankan, namun genre olahraga tahunan seperti FIFA, PES, NBA 2K, atau WWE 2K menjadi sesuatu yang wajib dimainkan oleh gamer.

Tidak sedikit juga gamer yang turut menunggu apa yang dihadirkan oleh game-game tersebut. Memang harus diakui inovasi menjadi masalah yang serius mengenai game olahraga tahunan, tapi ketika sang developer melakukan inovasi, mungkin genre lain bakalan kalah dengan genre olahraga tahunan ini.

Terlebih lagi genre olahraga tahunan ini masih bertahan hingga sekarang dikarenakan mereka memiliki fitur yang sepertinya sulit untuk diikuti oleh genre lain yakni multiplayer online dan offline.

Untuk multiplayer offline, game-game tersebut bisa membuat gamer bermain bersama dalam satu layar tanpa ada split screen dan batasan. Untuk fitur online, sepertinya tidak perlu ditanya lagi. Banyaknya penggemar menjadi bukti bahwa genre olahraga tahunan menjadi genre terfavorit para gamer zaman now.

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4 Sumber: pinterest[/caption]

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) menjadi genre game yang sangat digandrungi saat ini. Naiknya popularitas Mobile Legends, Dota 2, AoV, dan game-game MOBA lainnya menjadi bukti bahwa genre yang satu ini layak menjadi genre terfavorit para gamer zaman now.

Bila kalian merasa masih kurang bukti, digelarnya seabrek turnamen MOBA di berbagai daerah dengan hadiah menggiurkan tentunya bisa membuat kalian percaya dong. Memang tak mengherankan bila MOBA menjadi salah satu genre primadona, permainan 5 vs 5 yang menuntut kerja sama tim membuat genre ini digilai.

Dengan adanya kerja sama ini kita sebagai gamer bisa sama-sama main MOBA di warung tempat nongkrong atau berbagai tempat lainnya. Oiya, pemilihan strategi layaknya sepak bola juga menjadi pertimbangan untuk bermain game dengan genre MOBA.

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4

Genre terfavorit para gamer zaman now selanjutnya adalah survival. Memang terlalu sering bermain game genre yang satu ini bakalan membosankan tapi ketika baru-baru, dua jam di depan PC juga kalian bakalan betah, serius!

Popularitas Playerunknown's Battlegrounds meningkat pesat karena pola permainannya yang unik dan penuh terobosan. Kita bakal menjadi seorang tentara yang berjuang untuk bertahan hidup bersama para pemain lainnya. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 99 orang bakalan menjadi lawan kita.

Tak henti sampai di situ, kita juga bisa bermain secara tim dan satu timnya bakal berisi empat orang termasuk kita. Jadi, 96 orang lainnya bakal menjadi musuh kita. Di situ insting kita untuk bertahan hidup bakalan diuji. Ada yang menjadi predator atau ada yang kerjaannya lari saja, yang penting selamat.

Popularitas game yang satu ini semakin menanjak kala PUBG rilis juga untuk mobile. Di situ orang yang hobi atau tidak hobi main game tiba-tiba langsung suka dengan game ini. Suksesnya genre survival mendorong banyak game untuk memasukkan genre ini salah satunya adalah Call of Duty: Black Ops IV yang bakal rilis di akhir 2018.

Apalagi ya genre yang dianggap sebagai genre terfavorit para gamer zaman now? Yuk ke halaman selanjutnya!

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4 Sumber: Steam[/caption]

Genre terfavorit para gamer di nomor empat adalah Open World atau dunia terbuka. Maksudnya di sini adalah kita sebagai gamer tidak dibatasi oleh apapun, kita bebas bergerak kemanapun kita mau tentunya.

Naiknya genre open world memang sudah lama, tapi puncaknya adalah di tahun 2015 ketika game The Witcher 3 dirilis oleh CD Projekt Red. Dalam game ini kita bebas melakukan apapun, bebas menyelesaikan misi sampingan atau utama, dan yang paling penting bebas untuk menentukan setiap tindak tanduk kita.

Semuanya membaur menjadi sesuatu yang sempurna. Hadirnya game ini membuat para penikmat genre open world bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan game yang telah lama rilis seperti GTA V masih menjadi primadona lho. Dua game itu setidaknya masih menjadi raja di Steam hingga saat ini.

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4 Sumber: Polygon[/caption]

Tahun 2018 menjadi tahun di mana game aksi menjadi raja. Dibuka dengan God of War PS4 dan kemudian dilanjutkan dengan hype The Last of Us membuat gamer sekarang banyak bermain game aksi. Sama seperti game dengan genre open world, sebenarnya genre aksi ini telah memiliki banyak fans dari dulu, tapi popularitas mereka meningkat tajam sekarang.

Mekanisme yang lebih luwes ditambah dengan grafis yang lebih mentereng membuat game aksi bukan lagi sekadar pukul-pukulan belaka. Cerita juga disuntikkan dengan cukup baik sekarang-sekarang ini,

Tren pencinta genre aksi ini sepertinya bakalan terus meningkat hingga akhir era PlayStation 4 mengingat masih ada game sekelas The Last of Us 2 yang bakal meramaikan industri games nantinya.

6 Genre Terfavorit Para Gamer Zaman Now, Kamu Pasti Suka Nomor 4 Source: IGN[/caption]

Tahun 2014 menjadi titik balik genre horor di industri game. Sempat tenggelam selama beberapa tahun akibat condongnya game Resident Evil yang mulai menjadi sebuah game aksi membuat orang-orang mulai meninggalkan game horor.

Untungnya di tahun 2014, bapak dari survival horor, Shinji Mikami membuat terobosan dengan The Evil Within-nya. Kesuksesan The Evil Within membuat developer lain bergerak. Mulai lah ada Outlast 2 yang sangat menegangkan dan mengembalikan sensasi horor. Resident Evil juga mulai berbenah diri.

Hasilnya Resident Evil 7 sukses besar! Horor kembali menjadi primadona bagi para gamer hingga sekarang. Statement ini diperkuat kala Capcom memperkenalkan game legendaris mereka, Resident Evil 2 untuk dibuat remake-nya.

Seri Resident Evil 2 Remake bakal meramaikan dunia per-gaming-an pada awal tahun 2019. Diperkirakan hype ini bakal terus terjaga hingga Resident Evil 2 Remake rilis. Bahkan bila seri yang satu itu sukses besar, game horor bukan tidak mungkin bakal mengalahkan genre-genre yang lainnya.


Sepertinya itulah genre terfavorit para gamer zaman now. Keenam genre itu memang menjadi primadona dan memiliki banyak peminat. Di samping itu, genre-genre di atas bisa disuntikkan berbagai elemen menarik mulai dari cerita atau gameplay masif antar player. Menurut kalian, dari keenam genre tersebut mana yang paling kalian suka? Kalo saya sih open world.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi laman ini untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU