Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Anehnya udah kebangetan banget soalnya!

5

Pohon Dialog

Source: EA

Pohon dialog sangat berbeda dengan pilihan dialog. Pohon dialog memang menghadirkan pilihan juga tapi lebih saklek dibandingkan dengan pilihan dialog. Artinya kalian wajib melakukan seluruh dialog untuk bisa mendapatkan clue, sedangkan pilihan dialog terbilang lebih bebas untuk melakukan percakapan. Kalian juga bisa mendapatkan pilihan yang lainnya.

Pohon dialog kini sudah menjadi mekanisme yang sangat usang karena sudah ada pilihan dialog yang lebih asyik dan lebih realistis. Bahkan di tahun 2018 bakal ada salah satu game besutan Ubisoft yang bakal menggunakan pilihan dialog, game tersebut adalah Assassin’s Creed: Odyssey. Oiya, terkadang dalam pilihan dialog kita bisa mendapatkan banyak kejutan, sedangkan di pohon dialog lebih monoton!

6

Misi yang Kurang Dalam

Pengorbanan paling mengharukan di game

Source: Metal Arcade

Salah satu hal yang menjadi masalah di game-game zaman sekarang adalah misi yang digarap kurang dalam. Mekanisme aneh di game ini wajib ilang tentunya! Sekarang zamannya game modern dan tidak ada alasan bagi para developer untuk membuat misi yang lebih dalam serta menarik. Misi yang kurang dalam biasanya hanya membawa kalian pergi dari satu tempat ke tempat A.

Setelah itu kita tinggal mencari sebuah benda dan misi selesai. Mekanisme seperti ini perlu diperbaiki menjadi lebih dalam dengan menambahkan unsur cerita, menambahkan karakter yang terlibat, atau menambahkan durasi misi dengan banyaknya puzzle yang berserakan. Semakin lama misi tentu saja bakal memberikan kesan tersendiri untuk para gamer.

Mengapa The Witcher 3 sukses? Mereka menggarap semua misi dengan serius meskipun itu hanya sekadar misi sampingan saja! Untungnya sekarang ini para developer peka dan sudah membenai sistem misi menjadi lebih dalam.

7

Tembok Transparan

game steam

Sumber: Steam

Mekanisme aneh di game ini wajib ilang, ya tembok transparan di dalam game harus diubah! Game-game dengan berbagai genre khususnya untuk game aksi atau open world membatasi gerak gamer dengan cara yang aneh. Ketika gamer tidak bisa mengakses tempat tertentu, mereka tiba-tiba bakal terhenti seperti terkena tembok. Padahal di situ sama sekali tidak diperlihatkan tembok sama sekali.

Sebetulnya hal tersebut memang lumrah, namun mungkin mekanisme aneh ini harus diganti menjadi sesuatu yang lebih realistis lagi. Misalnya menambahkan sebuah benda atau misalnya membuat gunung yang sangat tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan tembok transparan dan pemberitahuan bahwa kalian tak bisa lewat.


Mungkin itulah tujuh mekanisme aneh di game yang wajib dihilangkan. Sebetulnya tanpa dihilangkan pun mekanisme ini masih bisa digunakan tapi dengan beberapa perbaikan yang tentu saja membuat permainan menjadi lebih baik. Karena jujur saja, ketujuh mekanisme itu telah lawas untuk diimplementasikan di era gaming modern seperti saat ini.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi laman ini untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Diedit oleh Doni Jaelani


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!