Akankah O-Tama Menjadi Kunci Mengalahkan Kaido di One Piece?

O-Tama adalah karakter yang baru muncul di bab One Piece 911. Dia terlihat lemah… namun apakah ada indikasi dia ini kunci mengalahkan Kaido?

O-Tama adalah tokoh yang baru muncul di One Piece 911.

Dia bukan mantan veteran marinir seperti Garp, yang pernah melawan Kaido, Big Mom, dan Roger dulu. Bahkan O-Tama sebenarnya hanya anak kecil.

O-Tama debut sebagai tawanan dari geng bandit Kaido. Bila tidak diselamatkan Luffy, mungkin dia sudah dijual oleh para bandit.

Dia punya kekuatan Buah Iblis, namun fungsinya sejauh ini “hanya” untuk menjinakkan hewan buas. Dia sendiri terlihat lemah.

Terus kenapa penulis mencurigai dia adalah kunci mengalahkan Kaido?

Kuncinya sebenarnya adalah hubungan antara kibi dango dengan mitologi mengenai Momotaro.

Mungkin kamu pernah baca teori Duniaku.net sebelumnya mengenai dugaan Kizaru, Akainu, dan Aokiji berpotensi mengalahkan Kaido.

Penyebabnya adalah Kaido memiliki ciri-ciri seorang oni. Legenda Jepang kuno menyebutkan Momotaro sebagai pembasmi oni.

Momotaro bertualang untuk menumpas oni. Di perjalanan dia bersahabat dengan anjing, monyet, dan burung pegar. (Ngomong-ngomong, dalam bahasa Jepang anjing itu inu (Akainu), monyet itu saru (Kizaru), dan pegar itu kiji (Aokiji)).

Kunci Momotaro bisa mendapat sekutu ini adalah makanan kibi-dango yang dibuatkan ibunya, dan ia bagikan ke hewan-hewan itu.

Kekuatan O-Tama jelas-jelas membuat kibi-dango… dengan pipinya sendiri.

Oh ya, sejauh ini O-Tama sudah bersahabat dengan Komainu dan Baboon. Itu sudah dua dari tiga hewan yang dikisahkan Momotaro, hanya tinggal pegar saja yang sisa.

Apakah Komainu dan Baboon bisa menaklukkan Kaido? Mungkin tidak.

Namun O-Tama sudah bertemu dengan “monyet” lain yang jauh lebih perkasa… Monkey D. Luffy.

Selain itu, sejauh ini Kuzan alias Aokiji juga belum jelas kabarnya dan bisa saja muncul di Wano.

Rasanya mungkin sekali O-Tama menjadi sosok sentral yang menyebabkan kejatuhan Kaido. Berhubung dia juga berharap klan Kozuki akan kembali lagi ke Wano.

Oh, dia juga sudah pernah dijanjikan sesuatu oleh Ace dulu. Ini membuat ia pasti adalah tokoh penting.

Mungkin minimal dia, sebagai si pencipta kibi dango, akan jadi seperti Vivi. Sosok yang mengarahkan Luffy dan kawan-kawan untuk menaklukkan musuh sejati alur ini.


Itulah hubungan antara kisah kibi dango di Jepang dan Momotaro.

O-Tama yang bisa menciptakan kibi dango dengan pipinya ini pun tampaknya bakal berperan jadi kunci mengalahkan Kaido, seperti Momotaro membantai para oni dengan bantuan monyet, anjing, dan pegar.

Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.