Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Bawa semangat arcade-mu ke dunia virtual!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Youtube adalah ladang dari pertunjukan judul-judul game yang asyik untuk dimainkan sendiri, atau hanya sekadar ditonton semata. Beat Saber jelas adalah dua-duanya!

Rhythm game yang diciptakan oleh sebuah studio indie dari Ceko ini, Hyperbolic Magnetism, adalah salah satu dari game berbasis virtual reality yang sudah dirilis lebih dahulu untuk HTC Vive, Oculus Rift dan Windows Mixed Reality untuk PC, dan kemudian akan dirilis juga untuk PlayStation VR!

Game VR ini memiliki konsep yang begitu simpel; kamu punya dua pedang, satu berwarna merah dan satunya lagi biru. Dengan kotak-kotak yang berdatangan menuju dirimu, sabet semua yang warnanya cocok dengan pedangmu!

Dengan konsep seenteng itu, Beat Saber menyajikan banyak sekali kemungkinan seru di dalamnya! Dengan memanfaatkan ruang VR, kita dituntut lebih dari sekadar menekan tombol yang tepat di waktu yang tepat, karena Beat Saber juga menuntut kita sebagai pemegang pedang untuk tahu dari mana arah datangnya kotak tersebut!

Kalau diibaratkan gerakan yang masih sekadar dua dimensi di rhythm game seperti MaiMai buatan SEGA, Beat Saber selangkah lebih inovatif dengan penempatan kotak serang yang membuat kita lebih banyak bergerak ke sana kemari untuk menyabetnya!

Ketika kamu baru menggunakan controller VR untuk pertama kalinya, Beat Saber terasa begitu intuitif bahkan kamu pun sudah bisa langsung mengerti bagaimana cara mainnya dalam pertama kali menggunakan perangkat tersebut!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Pedang neon merah dan biru bersama kotak yang harus disabetnya pun juga memiliki identitas yang kuat untuk para penantang keren yang ingin menjajal game ini tanpa menghafal step chart-nya sekalipun! Dengan memegang pedang dengan posisi yang tepat, kamu pun bisa menggunakan nalurimu untuk memprediksi dari mana datangnya kotak tersebut seperti seorang Jedi!

Menu yang juga intuitif membuat memilih lagu di dalam permainan ini berikut dengan empat tingkat kesulitannya untuk masing-masing lagu juga serba mudah! Tidak hanya itu, hasil permainanmu juga bisa dipamerkan secara langsung jikalau kamu memiliki perangkat streaming yang keren dan internet yang mumpuni!

Apa lagi hal keren yang bisa kamu temukan di dalam game VR ini? Simak kelanjutannya di halaman sebelah!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Untuk yang lebih berpengalaman, game ini tentunya memiliki hadiah yang segar dalam bentuk tembok berbahaya yang bisa mematikan kombo, bahkan sesi permainanmu kalau kamu tidak bisa menghindarinya!

Tentu saja, menghindari tembok ini juga membutuhkan gerakan yang lebih gesit seolah kamu sedang melewati jalan sempit maupun menghindari balok raksasa yang akan menabrakmu di dunia nyata!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Kamu akan mendapatkan poin tentunya dalam setiap sabetan yang sukses, tapi kotak-kotak ini tidak bisa disabet sembarangan! Kalau kamu lebih teliti lagi, kotak-kotak ini memiliki tanda panah kecil atau sebuah titik yang mengindikasikan dari arah mana kotak tersebut harus disabet!

Akhir kata, apakah impresi sesungguhnya yang didapat di dalam game musik ini? Simak penilaiannya di halaman terakhir!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber

Belum lagi seperti yang dikatakan di halaman kedua, tembok tersebut bisa berpotensi besar merusak kombomu jika tidak hati-hati, apalagi ketika kamu sudah menyusun kombo panjang di tengah lagu!

Yang lebih menyeramkan lagi, di dalam game ini juga menyertakan mode ranjau yang bisa mematikan permainanmu kalau kamu ceroboh menempatkan pedangmu di jalurnya!

Irama dari Segala Arah! Review Game: Beat Saber eits, yang ini versi nggak resmi, lho![/caption]

Beat Saber memiliki seleksi lagu asli yang memiliki step chart yang ditata sendiri oleh ahlinya, tapi dengan keberadaan editor di masa depan, kemungkinan akan level-level yang lebih kreatif dan gila lagi bisa muncul di masa depan! Sebagai buktinya, penulis sempat menemukan lagu Despacito di BEKRAF Game Prime 2018.

Berita baiknya, semenjak bulan Juni 2018, developer Beat Saber sudah mengumumkan bahwa mode multiplayer sedang dalam proses untuk masuk ke dalam game ini. Potensi kompetitif dari judul yang satu ini sudah di depan mata!

Dengan desain yang intuitif dan permainan yang sangat menuntut keterampilan bagi yang berpengalaman dalam dunia rhythm game, nilai 8/10 layak disematkan untuk Beat Saber!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU