Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Berikut ini daftar film-film mockbuster yang cukup memprihatinkan!

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Untuk menanggapi kesuksesan di dunia film Hollywood, tak jarang beberapa sineas menerapkan strategi "meniru" film yang yang sudah terlebih dahulu sukses. Film-film tiruan ini biasa disebut dengan nama mockbuster.

Mockbuster sendiri berasal dari kata mock yang berarti tiruan atau ejekan. Dengan kata lain, film-film mockbuster ini dibuat untuk mendompleng kesuksesan film-film berbiaya besar yang telah populer di pasaran.

Nah, apa saja sih film Hollywood yang punya tiruannya? Berikut ini daftarnya!

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Bagi penggemar film-film keluaran MCU, pastinya sudah tak asing dengan film Thor yang dirilis pada tahun 2011. Film yang jadi debut Chris Hemsworth sebagai sosok Thor sang superhero Asgard ini cukup mendapat sambutan positif dari para penggemar.

Siapa sangka, di tahun yang sama, film Marvel ini punya "saingan" film bertemakan dunia Asgard yakni Almighty Thor. Tokoh yang dihadirkan oleh film mockbuster ini pun sama yaitu Thor dan Loki. Bedanya, di sini Thor berusaha merebut palu dari tangan Loki. Uniknya, palu ini bukan bernama Mjolnir melainkan Hammer of Invisibility.

Seperti film mockbuster berbiaya rendah, kamu mungkin akan sedikit prihatin dengan CGI yang ditawarkan oleh film Almighty Thor.

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Pada tahun 2013, sutradara Guillermo Del Toro hadir dengan sebuah film yang benar-benar mencuri perhatian berjudul Pacific Rim. Film yang menceritakan pertarungan antar robot ini berhasil mendulang keuntungan yang mencapai 400 juta dollar.

Tergiur dengan apa yang telah diraih oleh Pacific Rim, rumah produksi Studio Asylum (yang juga membuat Thor Almighty) membuat film tiruannya yang berjudul Atlantic Rim.

Jalan ceritanya pun sedikit mirip, di mana menampilkan pertempuran antara monster dan robot. Namun, karena biaya yang dikeluarkan Studio Asylum terbilang minim, hasilnya visual yang ditawarkan sangat beda jauh dengan Pacific Rim.

Nah apalagi ya film hollywood yang punya tiruan? Simak di halaman berikutnya!

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

High School Musical merupakan salah satu film remaja paling sukses yang dirilis pada tahun 2006. Menceritakan kisah murid-murid di sebuah sekolah yang dikolaborasikan dengan penampilan menari dan menyanyi. Film ini juga turut melambungkan nama Zac Efron dan Vanessa Hudgens di jagat hiburan Hollywood.

Lagi-lagi, Studio Asylum tak mau kalah membuat film mockbuster berjudul Sunday School Musical. Bedanya, film tiruan ini lebih religi karena menceritakan paduan suara di suatu gereja yang sedang menggalang dana.

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Jika tadi Thor, kini giliran film MCU lain Avengers: Age of Ultron yang jadi "korban" menjadi film mockbuster. Lagi-lagi Studio Asylum yang bertanggung jawab atas tiruan film superhero Marvel ini.

Berjudul Avengers Grimm, film ini mengisahkan sekelompok perempuan yang berjuang melindungi bumi dari serangan makhluk aneh. Film ini dirilis pada tahun 2015, tak berselang lama dari penayangan Avengers: Age of Ultron.

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Siapa sih yang gak kenal sosok Iron Man yang diperankan oleh Robert Downey Jr? Meski secara kualitas bukan yang terbaik dibanding film MCU lain, namun Iron Man adalah gerbang pertama dari munculnya Marvel Cinematic Universe.

Nyatanya Iron Man menjadi film Hollywood yang punya tiruan. Kembaran Iron Man ini adalah Metal Man yang dirilis pada tahun 2009. Sayangnya, meski mendompleng kisah Iron Man, film Metal Man sangat memprihatinkan dari sisi visual. Sudah kebayangkan bagaimana kacaunya film mockbuster ini?

Masih belum puas? Di halaman selanjutnya masih ada film hollywood yang punya tiruannya!

Kocak! Inilah 7 Film Hollywood yang Punya Tiruannya

Meski judulnya sama, namun kisah yan ditawarkan oleh Sherlock Holmes (2009) dan Sherlock Holmes (2010). Jika di film aslinya, Sherlock Holmes dan Dr Watson diceritakan sebagai detektif yang mengungkap kasus-kasus misteri.

Sedangkan Sherlock Holmes versi mockbuster mengisahkah bagaimana detektif Inggris ini berusaha melindungi kota Londan dari....dinosaurus!


Nah itu tadi deretan film hollywood yang punya tiruannya. Apakah kamu punya pendapat lain seputar film mockbuster?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU