Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Attack on Titan Season 3 akhirnya dirilis tadi pagi. Banyak orang menilai cerita musim ini akan menguji iman penonton kasual yang belum membaca manganya. Apa maksudnya?

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Anime yang paling ditunggu-tunggu musim panas ini akhirnya siap untuk disajikan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu sebelum nonton Attack on Titan Season 3.

Artikel ini ditujukan untuk kamu yang sudah menonton Attack on Titan Season 1 dan Season 2.

Bagi penonton kasual alias hanya menonton animenya saja, artikel ini akan membahas sejauh mana ekspektasi yang bisa kamu berikan agar bisa menikmati Season 3 ini. Mudah-mudahan, kamu tidak kecewa.

Pasalnya, jalan cerita yang akan diambil musim ini akan jauh berbeda dengan dua musim sebelumnya.

Sementara bagi kamu yang belum nonton Season 1 dan 2, artikel ini akan dipenuhi oleh spoiler.

Berikut ini hal-hal yang kamu perlu ketahui sebelum nonton Attack on Titan Season 3:

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Attack on Titan Season 1 dirilis pertama kali pada tahun 2013 lalu. Peluncurannya langsung memompa hype yang begitu besar di lanskap pop culture dunia sehingga memicu banyak sekali cosplay berbusana Survey Corps.

Namun, jeda antara Season 1 dan Season 2 yang rilis tahun 2017 lalu ternyata kelewat panjang sehingga hype-nya terlanjur dingin. Jeda itu sebenarnya bukan tanpa alasan, karena Wit Studio dan Production I.G. tampaknya menunggu materi dari manga.

Mereka tampaknya belajar untuk tidak melakukan hal yang sama seperti kejadian di Season 1 dan 2. Kali ini, Attack on Titan Season 3 bahkan sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu dan akan rilis 22 Juli waktu Pasifik.

Artinya, ia akan mulai dapat diakses di Indonesia lewat layanan Crunchyroll, Funimation, dan Hulu pada Senin, 23 Juli hari ini mulai pukul 01.00 WIB.

Berikut ini adalah trailer dan poster-posternya.

https://twitter.com/KyojinShingeki/status/989970851339624448

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Kamu belum nonton Attack on Titan jika tidak ingat lagu pembuka Guren no Yumiya oleh Linked Horizon. Lagu yang mewah dan epik seolah lagu perang itu sudah sangat ikonik dan melekat kuat dalam imaji penonton akan anime ini.

Namun kali ini, tidak ada Linked Horizon. Lagu pembuka Attack on Titan Season 3 akan diisi oleh Yoshiki "X Japan" dan Hyde "L'Arc~en~Ciel" yang membawakan lagu berjudul Red Swan.

Menariknya, lagu ini sungguh tidak mirip dengan lagu-lagu pembuka Attack on Titan sebelumnya yang khas. Ia justru lebih sedih, sendu, dan melankolis. Kalau tidak ingat konteks, barangkali lagu ini akan dikira lagu penutup.

Namun kalian jangan salah sebab dua orang di atas bukan orang sembarangan. Yoshiki adalah orang di balik grup band heavy metal X Japan, band legendaris Jepang yang berpengaruh di dekade 80 dan 90-an. Sementara Hyde vokalis L'Arc~en~Ciel sebaiknya tak usah dipertanyakan lagi.

Lagu pembuka ini adalah kombinasi dari ballads khas X Japan dengan karakter vokal Hyde yang tidak ada duanya. Dengarkan lagunya di bawah ini. Bagaimana menurutmu?

Halaman berikutnya akan menyegarkan ingatanmu tentang musim-musim sebelumnya dan apa saja yang bisa kamu harapkan dari Season 3. Sebelum nonton Attack on Titan Season 3, baca selengkapnya di sebelah!

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Sebelum nonton Attack on Titan Season 3, ada baiknya untuk menyegarkan ingatanmu tentang apa yang sudah terjadi di Season 1 dan 2.

24 episode Season 1 memiliki banyak sekali story arc atau babak-babak cerita. Dari mulai babak Fall of Shiganshina saat titan Colossus dan Armor menjebol gerbang Shiganshina sehingga menyebabkan Tembok Maria jatuh ke tangan titan hingga babak The Female Titan saat kemunculan titan berjenis kelamin perempuan.

Dalam musim ini juga, titan Colossus bergerak menjebol gerbang Trost, kota terdekat dari Shiganshina. Namun berkat arahan dari komandan divisi Garrison, Dot Pixis, dan perubahan wujud Eren menjadi titan, mereka berhasil menyegel lubang dengan batu raksasa. Tembok Rose pun selamat.

Sementara itu, Season 2 lebih pendek dengan 12 episode saja. Musim ini juga hanya mengambil satu babak, yakni Clash of the Titans saat Eren Jaeger dalam wujud titannya harus berhadapan dengan Colossus dan Armor.

Selain itu, penonton sekilas dikenalkan pada titan misterius serupa monyet yang cerdas, bisa bicara, dan jago melempar.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Akhirnya, kita tahu siapa dalang di balik jatuhnya Tembok Maria, yakni Annie Leonhart, Bertholdt Hoover, dan Reiner Braun, rekan Eren dkk di Angkatan 104 yang masing-masing berperan sebagai Female, Colossus, dan Armor.

Namun, identitas titan monyet tadi masih belum jelas. Misteri di balik manusia yang dapat berubah menjadi titan juga masih sumir. Kondisi komandan divisi Survey Corps, Erwin Smith, pun sangat memprihatinkan setelah lengannya putus saat upaya penyelamatan Eren dari Bertholdt dan Reiner.

Sosok titan lain juga muncul, yakni sosok titan lincah yang ternyata adalah Ymir, soulmate-nya Krista Lenz. Ymir memilih membantu dan bergabung dengan kubu Reiner sementara Krista memilih Eren dkk.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Berbicara soal Eren dan wujud titannya, di Season 2, ia mendapat suatu kekuatan misterius. Dengan tinjunya yang terkepal, ia entah darimana berhasil mengomandoi titan di sekelilingnya untuk menyerang satu target.

Perkataan Reiner yang mengeluh kekuatan "Coordinated" ini jatuh ke tangan Eren membuat penonton semakin bertanya-tanya tentang tujuan Reiner dkk dan sejarah titan yang sebenarnya.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Banyak yang menilai bahwa Season 3 ini akan menggoncang iman penonton kasual yang tidak membaca versi manga. Jadi buat kamu yang merasa pesimis sebelum nonton Attack on Titan Season 3, bagian ini penting untuk dipahami.

Musim ini akan memulai kisahnya dari babak Uprising yang tidak akan saya jelaskan lebih lanjut karena akan spoiler. Namun yang bisa dipastikan, kemunculan titan akan jauh lebih sedikit.

Hal ini bisa dilihat dari trailer-nya di atas. Tidak ada penampakan titan. Kubu Eren dkk yang bergabung dalam skuat Survey Corps akan berhadapan dengan makhluk yang lebih bengis daripada titan, yakni manusia itu sendiri.

Kalau kamu terlanjur kecewa karena titan akan tak banyak tampil, well, mungkin kamu akan senang karena Kapten Levi akan punya porsi tampil lebih besar.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Dari trailer, kita ditunjukkan adegan Levi yang berhadapan dengan seseorang bertopi yang mengenakan 3D Maneuver Gear.

Bedanya, alih-alih pedang, alat itu dilengkapi dengan senjata yang khusus digunakan untuk membunuh manusia. Orang tersebut dikenal sebagai Kenny Ackerman, mantan mentor Levi dulu.

Kalau kamu masih belum puas juga dengan semakin banyaknya penampilan Levi, tenang saja. Dalam babak Uprising ini, akan lebih banyak intrik-intrik politik dan rencana-rencana brilian yang dijamin akan seru dan menegangkan.

Malahan, babak ini akan membongkar banyak konspirasi elite-elite politik dan menjadi ajang adu kecerdasan Survey Corps yang dipimpin Erwin dengan kekuasaan besar yang mengancamnya.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Kamu masih belum puas? Yah, kalau setelah poin ini masih belum puas juga, tidak apa-apa sebab pengalaman menonton itu pengalaman pribadi.

Attack on Titan Season 3 dipastikan akan berjalan sepanjang 24 episode. Artinya, lebih banyak ruang dan waktu untuk mengikuti kisah Eren dkk lebih jauh.

Setelah Uprising, jumlah partisipasi titan akan jauh lebih banyak dan masif daripada sebelum-sebelumnya. Banyak misteri-misteri yang akan tersibak, dan itu saja merupakan alasan yang cukup untuk mengikuti anime ini.

Demikian artikel tentang hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum nonton Attack on Titan Season 3. Jadi, sudah siapkah kamu ber-Shinzou wo Sasageyo?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU