Terciduk! Nintendo Tuntut Situs Penyedia ROM Sampai Mati!

Dua sudah jatuh di tangan Nintendo, siapakah yang akan menjadi target Nintendo selanjutnya?

Sisi lain dari gaming saat ini mengalami masa yang cukup kelam. Pasalnya, Nintendo menuntut dua situs penyedia ROM sekaligus! Bagaimanakah nasib kedua situs tersebut saat ini? Dan apakah ini merupakan tahap awal Nintendo untuk membasmi seluruh situs ilegal?

ROM dan emulator, kedua nama tersebut terdengar tidak asing di telinga para gamer. Siapa sih yang tidak pernah memainkan game GBA menggunakan Visual Boy Advance ataupun game NDS melalui No$Gba dan DeSmuME?

Untuk sebagian orang, emulator dan ROM digunakan untuk mengenang kembali game-game dari era konsol lama seperti NES maupun SEGA Genesis. Untuk beberapa orang, mereka menggunakan emulator lantaran tidak mampu membeli konsol maupun handheld tersebut.

situs penyedia rom - VBA

Salah satu emulator paling terkenal pada masanya, VisualBoyAdvance.

Hingga saat ini, permasalahan mengenai emulator serta ROM maupun game yang dimainkan berada dalam area abu-abu. Artinya, emulator mungkin saja tidak melanggar hak cipta, namun ROM dapat dikatakan ilegal bila didistribusikan secara umum. Terkecuali, ROM yang dimiliki merupakan backup milik sendiri yang hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, maka hal ini dianggap sah.

Berbicara mengenai ROM, kali ini ada berita hangat yang datang dari Nintendo. Belum lama ini, perusahaan gaming besar ini menuntut bukan hanya satu, melainkan dua situs penyedia ROM sekaligus!

Kedua situs yang ditargetkan merupakan LoveRetro dan LoveROMS, situs ROM terkenal yang menyediakan banyak sekali game-game retro NES, SNES sekaligus Playstation.


CONTINUE READING BELOW

Lawan Steam, Tencent Persiapkan WeGame Versi Global!

Tencent terus bergerak menuju pasar global, tanpa berhenti. Kali ini, Tencent tengah mempersiapkan WeGame versi global untuk melawan platform game ternama Steam yang telah menemani kita melalui diskon tiada habis.


Nintendo menyebutkan bahwa kedua situs tersebut dioperasikan oleh orang yang sama. Nintendo menambahkan, “LoveROMS dan LoveRetro merupakan situs terkenal dan terbesar yang menyediakan game-game secara ilegal tanpa izin dari pihak Nintendo sendiri”.

Lalu, kenapa Nintendo baru melayangkan tuntutan tersebut pada tahun ini dan bukan tahun-tahun sebelumnya? Tidak ada alasan pasti untuk permasalahan ini, namun ini bisa saja berkaitan dengan NES Mini dan SNES Mini yang dirilis oleh Nintendo. Nintendo tentunya tidak ingin melihat game-game NES maupun SNES dibagikan secara ilegal.

situs penyedia rom - mati

Tampilan kedua situs (LoveROMS dan LoveRetro) saat diakses.

Saat artikel ini ditulis, kedua situs LoveROMS dan LoveRetro sudah dimatikan dan tidak ada pertanda kedua situs tersebut akan diaktifkan kembali. Mungkinkah ini merupakan awal dari Nintendo untuk membasmi situs penyedia ROM ilegal?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.