Keren! Industri Komik Indonesia Saat Ini Berada di Puncak Influencer!

Fans itu penting!

Industri komik Indonesia saat ini yang semakin tumbuh dengan agresif dalam media cetak maupun digital kini telah mencapai puncak kepopulerannya!

Dalam wawancara bersama pendiri dan penasihat Asosiasi Komikus Indonesia sekaligus CEO Ciayo Corp., Borton Liew sebagai narasumber dialog Market Corner BeritaSatu TV, ia mengungkapkan bahwa komik Indonesia saat ini sudah berada di puncak piramida influencer, dengan fungsinya sebagai media yang berpengaruh baik dalam pesan kisahnya maupun endorsing!

Ia juga tambah mengungkap bahwa platform yang populer dalam dunia komik Indonesia saat ini adalah komik-komik dalam wujud digital, khususnya dalam media sosial dan aplikasi. Sebabnya, komik adalah media yang efektif dan efisien karena kemudahannya.

Komik adalah salah satu media dalam membuat Intellectual Property (IP), jelas Borton. Sementara Sumber Daya Alam (SDA) ada yang terbatas dan lambat laun habis, komik adalah kekayaan intelektual yang tidak terbatas dan semua orang bisa menciptakannya asalkan mau belajar dan juga latihan, tambahnya lagi.

Keberadaan Asosiasi Komikus Indonesia (AKSI) juga ada untuk melindungi IP yang dimiliki oleh para komikus. Beliau pun juga menjelaskan bahwa industri komik saat ini sangat prospektif, apalagi dengan modal membuat komik yang tidak terlalu besar untuk memulainya.

Di bagian kedua dari rekaman siaran langsung yang diunggah kembali oleh channel resmi BeritaSatu TV ini, Borton juga menjelaskan tentang prospek industri komik saat ini yang bahkan mampu menghidupi seorang komikus yang sukses. Tidak hanya berbicara soal UMR semata, melalui endorsing pun komikus tersebut mampu mendapatkan penghasilan yang lebih!

Bercermin dari kesuksesan Juki, Borton juga mengungkapkan bahwa ini hanya fenomena gunung es. Di kemudian hari, akan lebih banyak lagi judul-judul yang kemudian mendapatkan adaptasi media lain.


CONTINUE READING BELOW

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Komik The Raid baru kali ini justru mengadaptasi sekuelnya. Dan tidak hanya sekadar adaptasi, dunianya juga diperluas, lho!


Tidak hanya itu, faktor lain dari kesuksesan komik-komik Indonesia saat ini juga adalah dengan kebangkitan platform digital! Komikus-komikus yang populer ini memiliki fanpage dan dengan engagement yang tinggi bersama fans lintas demografi, dengan membahas isu-isu trending kearifan lokal salah satunya, tentu akan mendapat hati di para pembaca, demikian lanjut Borton.

Menurut kamu apakah untuk memulai sebuah proyek komik butuh satu atau lebih orang dan modal? Diskusikan di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.