Kekuatan Founding Titan Eren Harus Diwariskan? Ini Kandidat yang Tersisa!

Kalau Eren semakin ngawur, kekuatan Founding Titan-nya bisa diwariskan paksa! Siapa yang paling pantas memperolehnya?

Pembahasan di bawah ini mengambil plot versi manga, bukan anime.

Ini terjadi cukup jauh dari kejadian di anime AoT yang sedang tayang sekarang.

Jadi kalau kamu murni mengikuti anime, hati-hati spoiler.

SPOILER ALERT!!!

Attack on Titan 108 mengungkap perkembangan menarik.

Teman-teman Eren mulai khawatir kalau visi Eren tidak akan sejalan dengan kehendak mereka lagi. Armin, teman dekat Eren, sampai mencetuskan rencana yang sebenarnya cukup kejam: mewariskan kekuatan Founding Titan Eren ke orang yang bisa mereka percaya.

Namun siapa yang paling pantas mewarisi kekuatan Founding Titan Eren? Mari kita cek satu-satu.

1

Mikasa Ackerman

Kalau memang Eren sudah berkembang menjadi terlalu berbahaya, Mikasa sebenarnya adalah pilihan yang paling tepat untuk menanganinya.

Pasalnya, Mikasa memiliki kekuatan yang luar biasa. Dalam wujud manusia saja dia sudah membantai banyak Titan dan terus bertahan hidup.

Kekuatan dalam wujud manusia ini akan terbawa juga ke wujud Titan. Lihat saja Eren dan Annie, yang mampu menggunakan kemampuan bela diri campuran mereka dalam wujud Titan.

Masalah: Pertama, Mikasa memiliki campuran darah Hizuru dengan Eldia. Belum diketahui apakah serum Titan akan bekerja dengan normal untuk darah campuran.

Kedua, Mikasa mungkin mau mewarisi kekuatan Founding Titan Eren jika Eren memang di ambang maut. Namun jika dia harus membunuh Eren prematur, bisa saja dia malah berbalik membela Eren.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Attack on Titan 108: Bakal Terjadi Perang Antar Titan?!

Kalau dilihat dari deklarasi Reiner Braun di Attack on Titan 108, sepertinya bakal pecah perang antar Titan dalam waktu dekat! Titan di Pulau Paradis melawan sisa Titan dari Marley!


2

Jean Kirschtein

Dibanding Mikasa, Jean memang tidak memiliki kemampuan menonjol dari segi kemampuan fisik.

Jean mungkin hanya bisa digambarkan dengan istilah “kompeten.” Dia cukup jago untuk memastikan dirinya tidak mati, mau musuhnya manusia atau Titan. Namun dia tidak memiliki kemampuan yang membuatnya istimewa.

Meski begitu, Eren versi manusia juga awalnya tidak menonjol.

Selain itu, seperti yang ia katakan di Attack on Titan 108, Jean memiliki kepala dingin dan mampu menetapkan keputusan bagus di tengah-tengah medan pertempuran.

Kalau sejak awal Jean yang menjadi pewaris Founding Titan, dia mungkin tidak akan melakukan tindakan nekat seperti Eren di Marley.

Masalah: Jean memang menyebalkan waktu dia masih remaja.

Namun sekarang, tidak ada yang protes saat Jean menyampaikan dirinya memiliki kemampuan memimpin baik. Connie bahkan mengatakan Jean lebih baik terlibat dalam pemerintahan ketimbang mati muda karena efek Titan.


Siapa lagi calon yang tersisa untuk mewarisi kekuatan Founding Titan Eren? Cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.