Android 9 Pie, Versi Android yang Mengerti Kamu!

Apa saja fitur barunya yang menjadikan Android lebih mengerti kamu? Cek di sini!

Baru-baru ini di dunia para gadget, dihebohkan dengan hadirnya Android versi terbaru, yaitu Android 9, dengan codename Android Pie.

Android versi Pie ini dijanjikan oleh Google, akan membuat smartphone Android kita menjadi semakin pintar tapi simpel. Memang sih, biasanya perangkat pintar yang sering beredar di pasaran, malah membuat penggunanya merasa repot.

Android 9 Pie memang dirancang untuk menjadi mengerti para penggunanya. Hal ini dikarenakan Google menyematkan A.I (Artificial Intelligence) atau yang biasa disebut kecerdasan buatan.

A.I yang disematkan dalam Android 9 ini, akan mencoba mempelajari perilaku penggunanya, sehingga smartphone Android akan semakin mengerti penggunanya.

Contoh yang paling menarik adalah adanya fitur “adaptive brightness” dan “adaptive battery”. Sebelumnya, mungkin fitur ini hanya beradaptasi secara sederhana.

Contohnya brightness otomatis yang diatur berdasarkan dari cahaya yang ditangkap oleh proximity, dan untuk baterai yang hanya mengatur pengaturan penggunaan aplikasi.

Sedangkan untuk sekarang, fitur-fitur ini akan mempelajari perilaku penggunanya. Sehingga, sang Android akan melakukan adaptasi, kapan dan bagaimana daya baterai akan digunakan, untuk bisa efisien dan efektif di titik optimal.

Android 9 Pie, Versi Android yang Mengerti Kamu!

Android Adaptive Battery dan Adaptive Brightness

Selain itu, fitur terbaru yang ada di Android 9 Pie yang sangat menarik, adalah Digital Wellbeing, yaitu sebuah fitur untuk melihat sebuah dashboard, yang menunjukkan bagaimana kamu menggunakan smartphone-mu.

Fitur ini akan memperlihatkan sebuah statistik dengan gambar pie chart. Statistik ini akan memperlihatkan, aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan daya baterai, dan sudah berapa lama smartphone menyala setelah di-charge.

Menariknya, fitur baru ini bisa menjadikan kamu melakukan pause aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga, kamu tidak perlu pusing dengan berbagai notifikasi dari aplikasi yang sangat menganggu. Tentu saja, hal ini akan menjadikan baterai lebih hemat.

Android 9 Pie, Versi Android yang Mengerti Kamu!

Digital Wellbeing

Digital Wellbeing juga memiliki fitur “Wind Down“, yaitu sebuah fitur yang menjadikan layar Android menjadi grayscale atau tidak berwarna. Sangat cocok untuk digunakan sebelum kamu tinggal tidur.

Android versi 9 Pie ini, akan dirilis pertama kali untuk pengguna Pixel, yaitu brand smartphone yang langsung diproduksi oleh Google. Setelah itu, nantinya Android 9 juga akan dirilis untuk brand smartphone lainnya.

Sumber: Techspot.

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung