7 Video Game Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Ada Favoritmu Di Sini?

Mereka adalah pengaruh bagi game-game lainnya.

5

GuitarFreaks (1999)

Source: Youtube

Jika kalian berpikir bahwa Guitar Hero merupakan game musik pertama yang punya tombol berwarna untuk dipencet, ternyata mereka terinspirasi dari Guitar Freaks. Game yang rilis untuk console arcade ini memang sangat keren sehingga mampu menginspirasi banyak developer untuk membuat game serupa.

Dalam game itu kalian benar-benar bisa terlihat seperti seorang anak band yang memainkan berbagai genre musik mulai dari genre barat hingga genre musik Jepang. Barulah kemudian muncul Guitar Hero dengan berbagai macam perangkatnya seperti guitar yang terkenal itu misalnya.

6

Wolfenstein 3D (1992)

xbox one x enhanced

Sumber: Steam

Bagi gamer baru, mungkin mereka bakal berpikir bahwa Wolfenstein merupakan game baru. Tapi percayalah, game ini merupakan game lawas dan salah satu video game paling berpengaruh sepanjang masa. Game yang satu ini pertama kali diluncurkan tahun 1992 bertajuk Wolfenstein 3D.


CONTINUE READING BELOW

7 Short Horror Movie yang Layak Dibuat Versi Penuhnya!

Banyak film yang besar dan sukses ternyata hanya dari sebuah film pendek. Perlombaan festival film pendek memang kerap membuat banyak kejutan dengan menghadirkan film-film baru yang segar tak terkecuali di genre horror. Saking kerennya, ada short horror movie yang layak dibuat versi fullnya lho!


Wolfenstein 3D sendiri merupakan game yang digadang-gadang sebagai ayah dari genre first person shooter atau game tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Game ini juga memiliki mekanisme senjata serta paket penyembuh yang banyak digunakan game-game kekinian. Wolfenstein 3D ini menjadi inspirasi game-game FPS kekinian yang biasa kita mainkan.

7

Super Mario Bros. (1986)

Mario+Rabbids Kingdom Battle

Video game paling berpengaruh sepanjang masa selanjutnya adalah Super Mario Bros. Game yang satu ini memiliki mekanisme gameplay yang simpel namun membekas di hati. Lebih dari itu, Mario Bros sendiri menjadi sebuah maskot yang akhirnya memicu lahirnya maskot-maskot terkenal setelahnya.


CONTINUE READING BELOW

7 Game Premium yang Hilang Tajinya, Bukan Mobile Legend Tapi..

Pergerakkan dunia game yang sangat cepat mampu membuat sebuah game yang tadinya dielu-elukan justru malah menjadi pesakitan pada akhirnya. Duniaku,net kali ini bakal membahas mengenai game premium yang hilang tajinya. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya dan kita bakal bahas satu per satu.


Mario Bros sendiri merupakan bukti keberhasilan Shigeru Miyamoto dalam meracik maskot. Musik di game ini disukai, sosok Mario sendiri juga disukai, dan gameplaynya juga cukup menantang. Game Mario Bros sendiri akhirnya memiliki warisan game-game Mario Bros lainnya.

Lebih dari itu, meskipun sosok yang satu itu sudah tak nyaring terdengar seperti dulu. Tapi pesonanya tetap tak pudar dan menjadi maskot yang bakal diingat oleh para gamer zaman sekarang maupun zaman dulu.


Nah, sepertinya itulah tujuh video game paling berpengaruh sepanjang masa. Game-game di atas memang menjadi masterpiece sekaligus pendorong perubahan industri game ke arah yang saat ini kita kenal. Buat saya sendiri, bila tidak ada ketujuh game tersebut, bukan tidak mungkin perubahan industri games bakal secepat ini.

Tapi tentunya yang namanya pioneer tidak selalu awet karena bagaimanapun roda terus bergerak. Buat saya pribadi, Alone in the Dark adalah yang paling membekas di hati sebagai salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa.

Sumber: pcmag.com

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!