Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Defenders adalah tim empat orang dari seri Marvel Netflix yang terdiri dari Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, dan Danny Rand. Siapa yang paling cocok jadi Avengers? Ini pembahasannya!

Pada awalnya, ada harapan kalau serial televisi seperti Agents of SHIELD dan seri-seri Marvel Netflix bisa crossover dengan sinema layar lebar Marvel.

Agents of SHIELD, terutama, sempat memiliki hubungan kuat dengan Marvel Cinematic Universe. Selain Coulson tampil di sana, ada juga sejumlah tokoh MCU yang sempat cameo.

Lalu sepertinya ada perpecahan antara divisi televisi dan komik Marvel dengan Marvel Studio, dan harapan anggota Agents of SHIELD atau Defenders jadi Avengers pun mengecil.

Namun apakah para anggota Defenders layak jadi Avengers? Begini analisis penulis!

1

Daredevil

Matt Murdock buta karena kecelakaan yang dideritanya saat kecil.

Namun sebagai gantinya, sekarang indera-indera lain Matt menjadi super.

Didukung oleh keahlian ilmu bela diri, Matt mampu menghajar belasan musuh sekaligus.

Dia juga memiliki kemampuan memimpin yang oke, meski dia lebih suka beraksi sendiri.

Cocokkah Dia Jadi Avengers?

Dari segi kemampuan bertarung tangan kosong, penulis merasa Matt sebenarnya berada di level Black Widow atau Hawkeye, yang sudah jadi anggota Avengers.

Namun Matt menjadi vigilante karena dia ingin melindungi Hell’s Kitchen. Dia mungkin akan bingung, dan berpotensi menolak, jika dia ditawari untuk menjadi bagian dari Avengers. Kecuali dia memang dipaksa.

Kalaupun Tony Stark memutuskan merekrut salah satu anggota Defenders pun Daredevil bisa jadi akan berada di peringkat bawah.

Kenapa? Karena fakta Daredevil itu buta tidak diketahui oleh orang umum. Kalau Tony Stark membaca berita soal Daredevil, dia bisa mengira Daredevil ini hanya vigilante bertopeng yang ahli bertarung saja. Itu sih kurang menggoda untuk direkrut.


CONTINUE READING BELOW

Wah! Nick Fury Akan Beraksi di Spider-Man: Far From Home!

Malah bukan hanya Nick Fury, Maria Hill juga bakal muncul di sekuel Spider-Man: Homecoming 2 ini! SHIELD bakal kembali setelah Avengers 4?


2

Jessica Jones

Kalau dilihat dari segi kekuatan saja, Jessica Jones terasa cocok jadi anggota Avengers.

Gimana tidak? Dia memiliki kekuatan super, mampu lompat tinggi, memiliki daya tahan tubuh super, dan juga memiliki kemampuan menyembuhkan diri lebih cepat dari manusia biasa.

Dari segi kekuatan dasar, Jessica sudah ada satu tingkat di atas Black Widow dan Hawkeye, meski dia tidak memiliki pengalaman dan pelatihan seperti kedua orang itu.

Cocokkah Jadi Avengers?

Kekuatan Jessica memang mantap, namun dia terlalu dihantui oleh trauma, kebencian diri, dan masalah pribadi untuk bergabung dengan Avengers.

Kalaupun dia ditawari bergabung, Jessica bisa jadi akan langsung menolak dengan kasar.


Gimana dengan Luke Cage dan Danny Rand? Kamu bisa membaca lanjutan kemungkinan anggota Defenders jadi Avengers di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.