Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Duh, ga fokus sih bikinnya!

Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Membuat sebuah video games bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak faktor yang membuat sebuah game akhirnya menjadi sesuatu yang sempurna dan diakui oleh semua orang. Bahkan mulai dari tahap awal pengembangan, sebuah game harus dikerjakan dengan serius.

Unsur cerita, mekanisme gameplay, dan porsi microtransaction harus benar-benar dipikirkan secara matang oleh developer. Belum lagi ketika beberapa hari lagi menjelang rilis, game itu harus benar-benar diuji bebas bug serta glitch yang bakal mengganggu kenyamanan gamer dalam bermain.

Karena bila tidak dipikirkan secara matang, game tersebut bakal memiliki mekanisme yang cukup untuk dikatakan ngaco. Ya, Duniaku.net kali ini ingin membahas mengenai game yang punya mekanisme ngaco. Karena mekanisme ngaco ini harus diakui game-game tersebut malah hancur lebur dihantam badai kritik.

Mending langsung saja yuk kita bahas mengenai enam game yang punya mekanisme ngaco, ada game apa saja ya kira-kira? Cekidot!

Source: Youtube[/caption]

Castlevanie: Dawn of Sorrow merupakan game Castlevania pertama yang dirilis di DS. Merilisnya di konsol genggam tentunya bakal menyajikan banyak perbedaan daripada konsol sebenarnya. Lebih dari itu, game ini juga memiliki banyak basis fan yang membuatnya dianggap sebagai game Castlevania terbaik.

Sebagai game pertama yang dirilis di DS, tentu ada beban moral yang sangat berat ditanggung oleh game yang satu ini. Beban moral itu adalah apakah game ini menyajikan kesuksesan yang sama seperti konsol asli atau tidak? Kenyataannya, game ini hancur lebur di DS. Mekanisme magic seals membuat game ini susah untuk dimainkan.

Bagaimana tidak? Kalian diminta untuk menggambar sebuah simbol untuk menghajar boss. Bila salah, kalian gagal dan bila benar menggambar simbolnya, namun diawali dengan langkah yang salah kalian gagal juga. Tentu hukuman ini sangat tidak setimpal, karena menggambar simbol ini bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi bila pertarungan yang sedang dilakukan sangat sulit.

Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Game yang menjadi akhir kisah dari perjalanan Batman ini memang benar-benar banyak ditunggu oleh orang-orang. Bahkan hype sudah muncul sebelum game ini benar-benar dirilis ke pasaran. Ketika dirilis, tentu di luar dugaan karena game ini dihajar habis-habisan oleh para kritikus. Di PC, game ini memiliki FPS yang sangat rendah lengkap dengan bug serta glitch yang beredar di mana-mana.

Game ini harus ditarik dari Steam beberapa saat. Di konsol, game ini memang tidak punya masalah berarti, tapi mekanismenya secara keseluruhan dianggap membosankan. Game ini kemudian dicap sebagai game yang punya mekanisme ngaco. Salah satu yang membuatnya ngaco adalah kehadiran Batmobile.

Kendaraan yang satu ini membuat dunia Gotham City yang dibilang luas malah menjadi sesuatu yang sempit. Belum lagi pertempuran ketika menggunakan Batmobile sangat terasa hambar, karena kita hanya bertarung dengan robot! Di samping itu memacu Batmobile juga menjadi kurang enak karena kota Gotham terasa sepi. Maklum, diceritakan memang Gotham sedang di steril karena adanya ancaman bahaya.

Di awal menggunakan Batmobile sangat seru tapi kemudian malah menjadi sesuatu yang, mehhh!

Source: Alpha Coders[/caption]

Game yang punya mekanisme ngaco selanjutnya adalah Metroid Prime 2: Echoes. RNG menjadi sumber bencana untuk game ini karena memang RNG membuat semuanya seolah-olah terjadi secara acak. Itulah yang akhirnya membuat kita kesulitan ketika memainkan game ini. Untuk mengalahkan boss, kita hanya mengandalkan keberuntungan. Padahal biasanya menghadapi boss membutuhkan suatu keterampilan.

Boss yang mengandalkan keberuntungan itu adalah The Boost Guardian. Kita bakal disuguhkan tantangan yang sulit karena serangan si boss ini sulit diprediksi. Belum lagi ketika kalian terseret ke dunia gelap, situasi bakal semakin buruk.

Menghadapinya kalian hanya perlu berdoa agar tak ada serangan mematikkan yang benar-benar membunuh kalian. Kecepatan boss ini benar-benar bikin gedeg guys.

Di halaman selanjutnya ada tiga lagi nih game yang punya mekanisme ngaco, apa saja kira-kira?

Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Zelda: Skyward Sword memiliki sebuah mekanisme ngaco yang benar-benar menyiksa gamer. Game ini merupakan game yang sangat diantisipasi karena kesuksesan game Zelda sebelumnya. Tapi motion control milik Nintendo kemudian membuat game ini menjadi sesuatu yang mengerikan.

Untuk memainkannya, kalian harus mengikuti pola gerak ambisius yang benar-benar menyebalkan. Pertama,Coba dan ikuti petunjuk permainan untuk mengontrol gerakan yang tepat. Kedua,gagal melakukannya. Ketiga, lambaikan tangan kalian secara manual, dan keempat, ulangi gerakan ini selama 20 jam berikutnya. Dari sini saja sudah bisa membayangkan bagaimana mengerikannya game ini bukan?

Seri ini diingat karena memang mekanismenya yang sangat ngaco. Padahal untuk Zelda yang lain, mereka dikenang karena grafisnya, cerita, dan berbagai macam hal yang ada di dalam game tersebut. Tapi apa yang ada di Skyward Sword itu lumrah karena yang namanya game memang butuh inovasi.

Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Until Dawn merupakan sebuah game yang sangat brilian. Dengan membawakan narasi yang berat dan cerita yang sulit ditebak, game ini memang menjadi penyegaran di industri game horor. Tapi ada satu mekanisme yang ngaco di dalam game ini yakni Quick Time Events.

Mekanisme ini memang benar-benar mantap bila diterapkan dengan pas dan tidak berlebihan. Tapi ketika porsinya berlebihan dan mempengaruhi nasib kalian di game itu, sudah pasti mekanisme ini bakalan dibenci. Game ini hanya memiliki durasi lima jam bila kalian gagal dalam seluruh QTE. Oiya, QTE juga mengurangi sisi aksi di dalam game ini guys.

Mungkin tak jarang orang yang bosan dengan banyaknya QTE dan mekanisme inilah yang kemudian membawa Until Dawn tenggelam. Padahal untuk ukuran cerita, game ini boleh dicoba lho.

Mekanisme Ngaco, 6 Game ini Jadi Berantakan Deh!

Game yang punya mekanisme ngaco selanjutnya adalah The Witcher 3. Sudah bisa dibuktikan bahwa game yang satu ini memang salah satu game paling keren sepanjang masa. Hampir seluruh elemen digarap dengan baik mulai dari cerita hingga gameplay yang paling mendetail sekalipun.

Salah satu sisi realitas yang ada di game ini adalah degradasi senjata. Ya, senjata yang kalian gunakan bisa rusak sehingga status yang ada pada senjatanya bakal berkurang. Kalian yang menghadapi monster kuat tentu saja bakal kesulitan dengan senjata yang rusak ini. Solusinya adalah memperbaikinya.

Tapi butuh uang yang tidak sedikit untuk mereparasi equip ini, apalagi bila equipnya berada di tingkat yang tinggi. Sudah pasti kalian harus memperbaikinya dan ini hal yang wajib. Ada solusi untuk terhindari dari mahalnya biaya repatasi lho. Caranya kalian harus grinding item yang nanti hadiahnya adalah alat untuk mereparasi equip.


Sepertinya itulah enam game yang punya mekanisme ngaco yang harus diperhatikan, Mekanisme memang menjadi sesuatu yang vital karena salah eksekusi bakal membuat game yang ada menjadi sesuatu yang buruk. Game juga tentunya bakal menjadi lebih sulit dengan mekanisme yang tidak pas.

Sumber: Whatculture

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU