Bila Era Shinobi Berakhir Setelah Boruto, Apa yang Terjadi? Ini Spekulasinya!

Di episode 1, baik Kawaki maupun Boruto sepakat kalau era shinobi telah berakhir. Kalau kejadian beneran, apa yang akan terjadi setelah itu? Ini spekulasi kami!

Bila Era Shinobi Berakhir Setelah Boruto, Apa yang Terjadi? Ini Spekulasinya!

Kehidupan shinobi berjalan dengan unik di awal Boruto.

Konoha tidak bisa lagi dibilang sebagai desa tersembunyi. Perusahaan Kaminarimon dengan penemuan seperti Kereta Petir bermarkas pusat di sana. Para shinobi, termasuk penjahat seperti Orochimaru, jadi model untuk trading card game. Aktivitas para ninja dan Hokage juga ditayangkan di televisi.

Bukan hanya Konoha, bahkan Kirigakure yang punya sejarah kelam sekali di era Yagura Karatachi pun mengalami modernisasi dan kini menjadi kota turis.

Namun Boruto episode 1 memperlihatkan masa depan yang kelam untuk dunia ninja. Kata-kata pertama Boruto remaja adalah bahwa era shinobi berakhir. Kawaki lalu menegaskan hal yang sama.

Bila Era Shinobi Berakhir Setelah Boruto, Apa yang Terjadi? Ini Spekulasinya!

Pernyataan ini bukan deklarasi kosong. Boruto dan Kawaki bertarung di reruntuhan Batu Hokage, sementara Konoha sudah rontok. Ada indikasi kalau Boruto Uzumaki adalah satu-satunya shinobi yang tersisa.

Akankah kejadian ini benar-benar terwujud? Penulis menduga ada kemungkinan era shinobi berakhir ini akan dilihat Boruto lewat Jougan dulu, dan mungkin bisa ia ubah sedikit.

Namun jika benar era shinobi tuntas, penulis merasa kisah Boruto akan berakhir dengan menarik.

Shinobi Akan Benar-Benar Bersembunyi Lagi

Bila Era Shinobi Berakhir Setelah Boruto, Apa yang Terjadi? Ini Spekulasinya!

Penulis menduga kalau Kawaki mendeklarasikan era shinobi berakhir, maka kemungkinan yang hancur bukan cuma Konoha saja.

Mungkin Iwa, Suna, Kumo, dan Kiri pun sebenarnya sudah rontok.

Apakah semua shinobi mati? Kemungkinan besar tidak, namun yang tersisa bisa jadi hanya segelintir.

Para penyintas Konoha penulis rasa nantinya akan membangun desa lagi. Entah di reruntuhan Konoha, atau mungkin di tempat berbeda.

Kemudian, waktu berlalu setelah pertempuran Kawaki dan Boruto. Shinobi, bahkan mungkin samurai dari Negeri Besi, mulai terlupakan oleh para penduduk biasa. Mereka hanya tersisa di cerita-cerita dan film.

Namun sebenarnya para shinobi masih ada. Mereka kembali hidup tersembunyi, di desa yang tak bisa diakses sembarang orang, dan terus melanjutkan pekerjaan mereka dari balik kegelapan.

Terciptalah situasi di mana para shinobi benar-benar seperti ninja sejati. Keberadaannya hanya diketahui segelintir orang, dan mereka beraksi diam-diam karena jumlah mereka sudah sangat sedikit.

Kalau spekulasi penulis di atas benar, maka seri Boruto berakhir lebih kelam dari Naruto.

Naruto ditutup dengan akhir bahagia, di mana sosok seperti Kabuto dan Orochimaru sekalipun diampuni, dan para shinobi memasuki masa depan tanpa konflik.

Sementara itu, jika prediksi di atas jadi kenyataan, Boruto justru hidup di masa di mana para shinobi dilupakan.

Akankah ini benar-benar terjadi? Untuk sekarang, tentunya penulis tidak tahu pasti. Namun akan benar-benar menarik kalau pada akhirnya, justru setelah Boruto para shinobi di dunia Naruto jadi hidup seperti ninja beneran.

Kamu ada teori lain mengenai kemungkinan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU