Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Dark Souls punya pelajaran hidup yang berharga banget!

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Dark Souls harus diakui merupakan sebuah game yang berbeda dibandingkan game lainnya. Meskipun sama-sama game, tapi Dark Souls ini harus diperlakukan berbeda. Di dalam game tersebut hampir semua musuh memiliki keunikan masing-masing, bahkan hingga musuh yang paling remeh sekalipun.

Jika memperlakukan musuh-musuh ini seperti di game lain yaitu main hantem-hantem saja, kalian dipastikan bakal K.O dalam waktu yang cepat. Untuk mengalahkan berbagai macam musuh di game ini kalian diharuskan membawa potion yang pas dan juga mempelajari strategi sang musuh. Anehnya, seri Dark Souls juga kerap dijadikan alat untuk memecahkan rekor dunia lho oleh para gamer enthusiast.

Sebagai game yang dianggap sebagai salah satu game tersulit, Dark Souls tanpa disadari memiliki banyak potensi untuk mengajarkan kita pelajaran hidup. Penasaran pelajaran hidup dari seri Dark Souls apa sih yang bisa didapatkan? Yuk langsung simak saja hingga habis!

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Pelajaran hidup dari seri Dark Souls yang pertama adalah bahwa jangan pernah menyerah karena pada dasarnya usaha tak membohongi hasil. Banyak sekali gamer yang merasa frustrasi karena memainkan Dark Souls. Bahkan untuk lawan yang mudah sekalipun menjadi sangat sulit di seri ini. Oleh sebab itu jangan pernah menyerah ketika memainkan game ini.

Bila kalian tewas terus, ada baiknya untuk lebih mempersiapkan diri dengan membaca banyak literatur terkait Dark Souls. Jika kalian lebih siap, kalian harus mencoba bertarung kembali dan dipastikan kalian bakal berhasil lama kelamaan. Hal seperti ini juga sejatinya terjadi dalam hidup.

Sebagai seorang manusia, kita tak selamanya berhasil melalui tantangan karena ada kalanya kita bakal gagal. Tapi selama memiliki keyakinan untuk tidak menyerah, pasti kalian bakal menemukan keberhasilan. Untuk lebih mengasah hal ini mungkin ada baiknya kalian memainkan Dark Souls.

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Selain permainannya yang sulit, apa yang sebenarnya membuat seri Dark Souls ini menarik untuk dimainkan? Sudah pasti jawabannya adalah bahwa ada sensasi multiplayer yang kalian dapatkan dengan berinsteraksi bersama banyak orang. Di sini kalian bisa menjalin pertemanan untuk meminta bantuan bila kesulitan.

Tapi di samping itu, kalian juga bisa bersikap jahil kepada orang tersebut dengan membully-nya untuk mendapatkan jiwa-jiwa mereka. Tapi ada konsekuensi yang kalian dapatkan yaitu bila bertindak berlebihan dan terlalu banyak mengambil jiwa, maka kalian bakal diadili oleh Blades of the Darkmoon. Dengan ini kalian akan dihukum dan ditaruh di tempat yang paling rendah.

Sama, di dalam kehidupan juga seperti itu. Kalian tak bisa terus membully seseorang karena bully adalah tindakan bodoh. Bila kalian terus melakukannya, kalian bakal mendapatkan hukuman dari manapun. Itulah pelajaran hidup dari seri Dark Souls yang menarik untuk dipelajari.

Di halaman selanjutnya ada lagi nih pelajaran hidup dari seri Dark Souls yang kalian bisa pelajari.

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls Source: Dark Souls[/caption]

Menjalani hidup biasa saja dari A ke Z secara lurus memang bukanlah masalah. Begitupun di Dark Souls. Berjalan dan mengalahkan musuh dengan cara biasa (bertahan) merupakan cara yang baik untuk menghemat banyak energi. Tapi jangan lupa, kalian juga harus menjadi orang teliti dan efektif di Dark Souls. Teliti di sini kalian harus mampu melihat celah untuk mengalahkan musuh dan celah melakukan eksplorasi.

Sedangkan efektif, kalian dituntut untuk mengalahkan musuh secepat mungkin tanpa ketergantungan dengan equip yang kuat. Di dalam kehidupan nyata, hal tersebut sangat diperlukan. Dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan kalian harus dituntut untuk teliti.

Sedangkan untuk menjalani keseluruhan hidup kalian dituntut untuk efektif. Kerjakan pekerjaan secepat yang kalian bisa tanpa menundanya agar kalian tetap mampu bergaul dengan orang-orang yang kalian sayangi. Sejatinya hal itu memang sulit dilakukan, tapi bukanlah sesuatu yang tak mungkin.

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls Image credit: Dark Souls Wiki[/caption]

Di dunia Dark Souls, saling membantu bukanlah hal yang merugikan. Ya, di seri ini terkadang orang-orang tak perlu melakukan pekerjaan mereka sendirian karena pada kenyataannya kalian bisa kok meminta bantuan dan berbagi banyak hal. Alih-alih rugi, kalian justru bakal mendapatkan banyak manfaat, bahkan bukan hanya kita sendiri yang mendapatkan manfaat itu tapi orang lain juga.

Itulah yang pada akhirnya membuat komunitas Dark Souls hidup karena mereka bermain game tapi sambil peduli dengan orang lain. Di dunia nyata juga hal serupa harus kita lakukan yakni untuk saling berbagi dan membantu orang lain. Karena ada kepuasan tersendiri kala kita melakukan kebaikan untuk orang-orang lain. Tak percaya? Cobalah sendiri.

Di halaman ketiga masih ada nih pelajaran hidup dari seri Dark Souls yang bisa diambil. Apa saja ya?

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Mengikuti orang lain merupakan cara yang mudah dilakukan terutama ketika bermain game. Ya, seri Dark Souls memiliki potensi untuk membuat kalian memiliki banyak kesamaan dengan orang lain. Maklum, ketika kalian menemukan musuh yang sulit, pasti kalian bakal mencari referensi seperti orang lain bukan? Tapi tak baik untuk melakukan hal seperti itu terus menerus karena kenyataannya, seseorang butuh eksplorasi sendiri.

Agar lebih tampil percaya diri, tak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang berbeda dari banyak orang karena di Dark Souls, ada banyak item-item berguna yang bisa kalian miliki. Dengan melakukan eksplorasi mendalam terhadap equip, kalian bakal berbeda dari yang lain.

Hal seperti ini menjadi pelajaran hidup dari seri Dark Souls yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Tak percaya? Menjadi berbeda dari orang lain mungkin membuat kalian menjadi seseorang yang unik. Menjadi orang yang unik adalah sebuah hal yang asyik lho.

Diam-Diam Menohok! Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Seri Dark Souls

Hidup itu tidak selalu mudah! Di Dark Souls, hal itu benar-benar tergambar secara nyata karena dari awal hingga akhir kalian harus melakukan berbagai macam hal untuk bisa mencapai level terakhir. Untuk mencapai itu semua, ada banyak yang dikorbankan, salah satunya adalah waktu. Kalian juga dituntut untuk berlatih agar mampu memainkan Dark Souls lebih luwes dari orang lain.

Itulah yang kemudian membuat Dark Souls menjadi seri yang tak bisa dipandang remeh oleh banyak orang. Di kehidupan nyata, yang namanya hidup memang tak selamanya mudah. Kalian yang sudah terbiasa enak dan mudah dalam melakukan banyak hal lama kelamaan bakal kesulitan karena ketidaksiapan mental kalian. Mempelajari banyak hal dan terbiasa menderita lebih baik agar nantinya kalian tak terlena keenakan itu tadi.

Terutama bagi orang dewasa, untuk mengerti hidup kalian harus terbiasa susah payah terlebih dahulu.


Nah, sepertinya itulah enam pelajaran hidup dari Dark Souls yang bisa kalian dapatkan. Keenam pelajaran hidup ini memang sangat penting dikehidupan nyata guys. Jadi, Dark Souls ini sebenarnya berfungsi untuk membuat mental kalian lebih siap menjalani kehidupan. Karena game sendiri dilihat tergantung dari perspektif mana kalian melihatnya.

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU