Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Beehhhh..ikonik deh pokoknya!

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Seperti yang sudah saya katakan di beberapa artikel sebelumnya, banyak hal yang sangat memengaruhi dalam kesuksesan untuk membuat video game. Selain cerita dan gameplay yang luar biasa, para developer juga harus memikirkan rangkaian dari stage ke stage.

Dengan rangkaian yang baik, maka developer bakal bisa memberikan cerita yang berkesinambungan, apalagi jika ditutup dengan ending yang menawan. Ya, stage terakhir atau penghujung dari permainan game itu sendiri menjadi sangat vital. Bila digarap dengan serius nama sebuah video game bisa abadi di hati para gamer.

Kali ini kita bakal membahas mengenai 10 stage terakhir terkeren yang ada di industri game, cekidot!

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Batman Arkham City memang mendapatkan banyak kritik pedas ketika dirilis. Mulai dari mekanisme yang konyol dan banyaknya hal-hal mengganggu seperti FPS rendah dan bug. Tapi dari segi cerita, game ini benar-benar masih memiliki pesona tersendiri. Menjelang akhir cerita, kita bakal bermain menjadi Joker.

Joker di sini benar-benar merepresentasikan ketakutan para penjahat Gotham. Kota juga menjadi lebih kelam dengan mode FPS di beberapa sisi. Meskipun terkesan konyol, tapi adanya stage ini membuat Batman Arkham Knight memiliki akhir cerita yang luar biasa.

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Semua yang main game ini pasti kalian tahu bahwa Mario Kart Series adalah pemilik salah satu stage terakhir terkeren sepanjang masa. Stage terakhir itu bernama Rainbow Road dan bila berhasil melewatinya kalian bakal puas setengah mati.

Kenapa? Karena stage ini menyajikan tingkat kesulitan yang luar biasa akibat track yang tidak memiliki penghalang di sisinya. Bila kalian slip sedikit saja, sudah, kalian bakal terjun bebas ke jurang. Banyak gamer yang mengeluh, tapi banyak juga yang mengaku puas dengan game ini.

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Ganon Castle harus diakui menjadi stage terakhir terkeren sepanjang masa di industri game. Di sini kalian bakal menghadapi berbagai macam rahasia serta tantangan yang benar-benar sulit untuk ditaklukkan lho.

Stage ini juga menjadi stage ujian di mana kalian bakal mempraktikkan seluruh elemen yang telah kalian pelajari. Menara yang seperti labirin ini pokoknya benar-benar menakutkan deh. Di akhir stage ini kalian bakal dihadapkan dengan boss kuat bernama Ganondorf dan itu jadi akhir yang luar biasa!

Di halaman kedua masih bakal kita bahas nih stage terakhir terkeren yang ikonik di dunia game, apa saja ya?

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Spec Ops: The Line merupakan game yang luar biasa karena kerap menyajikan keputusan-keputusan sulit di dalamnya. Menjelang stage terakhir, kalian dihadapkan pada situasi di mana keputusan kalian malah menyebabkan sebuah genosida. Di scene itu diperlihatkan penduduk kota benar-benar tewas karena tindakan kalian.

Setelah itu disusul kalian berhadapan dengan lawan kuat yang menjadi incaran kalian sejak awal, Konrad. Di stage terakhir ini seakan-akan kalian bermain di dalam gameplay yang kalian impi-impikan.

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul Sumber: PlayStation Universe[/caption]

The Last of Us merupakan salah satu game yang memiliki stage terakhir terkeren dalam sejarah industri gaming. Ya, di stage terakhir ini kalian harus menyelamatkan rekan kalian yang bernama Ellie karena ia ditahan oleh para peneliti Firefly untuk dijadikan eksperimen menyelamatkan dunia.

Joel yang berada di posisi sulit akhirnya harus melakukan kebrutalan dengan membunuh para dokter yang memiliki tujuan mulia. Di sini diperlihatkan bahwa di dalam The Last of Us, semua moral terlihat abu-abu. Momen ini semakin dramatis ketika kalian membunuh semakin banyak peneliti yang ada.

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul Sumber: Polygon[/caption]

God of War 3 merupakan game paling keren yang pernah dibuat. Di game ini kita berhasil mencapai Olympus untuk menghajar bokong Zeus yang telah memperdaya kita dari seri God of War pertama. Bahkan di sini dewa-dewa yang sangat kuat mulai dari Hades hingga Hercules hadir sebagai lawan yang sangat tangguh untuk kalian.

Stage terakhir memperlihatkan pertempuran dengan Zeus yang melelahkan baik secara psikis maupun fisik. Bahkan Kratos sempat kalut ketika Zeus mengingatkan kembali memori atas istrinya yang telah dibunuh Kratos secara brutal. Tapi akhirnya Kratos yang sudah kepalang memiliki dendam kesumat bisa mengalahkan Zeus, bahkan dengan cara yang.............sadis.

Lanjut ke halaman ketiga yuk untuk membahas stage terakhir terkeren yang ada di dunia games!

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Mass Effect 2 memiliki sebuah stage terakhir yang gila dan juga ikonik. Ya, nama misi ini adalah misi bunuh diri di mana kalian bisa berpotensi untuk hidup dan juga mati. Berbeda dari game lain yang secara linear sudah menentukan akhirannya, di sini segalanya bisa terjadi. Bahkan tak hanya nyawa rekan-rekan kalian, kalian juga bisa tewas.

Bayangkan, selama 20 jam kalian melakukan interaksi dengan berbagai karakter, tapi hanya karena kegagalan misi kalian menghabisi mereka semua. Itulah yang ditawarkan di seri ini. Bahkan di misi ini ada banyak sekali keputusan sulit yang harus kalian ambil dan bakal membuat kalian takut bukan main untuk menentukannya.

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Skyrim merupakan salah satu game paling jenius yang pernah dibuat oleh Bethesda. Ya, meskipun di beberapa pertarungan boss agak membosankan, tapi game yang satu ini kenyataannya bisa memberikan sesuatu yang berbeda terutama ketika kalian bermain di stage Dragonslayer.

Bahkan itu dianggap menjadi momen terbaik di seluruh seri Elder Scroll! Di stage ini narasi benar-benar kuat bahkan cukup untuk membuat banyak gamer tercengang karena apa yang memang mereka tawarkan!

Di halaman terakhir masih ada dua lagi nih stage terakhir terkeren yang pernah dibuat!

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul Sumber: Steam[/caption]

Max Payne 3 memang di beberapa sisi mendapatkan banyak kritik karena perubahan desain Max menjadi cukup aneh karena ia terlihat berantakan akibat depresi di awal-awal cerita game. Tapi kemudian seluruh hal ini berubah di stage terakhir karena Max ternyata masih memiliki kemampuan yang luar biasa seperti Max zaman dulu.

Ya, intensitas level terakhir ini benar-benar tinggi. Diiringi musik yang mantap sembari aksi tembak-tembakan yang luar biasa membuat stage terakhir dari Max Payne ini benar-benar mantap betul untuk dicoba!

Final Stage Kadang Boring, Tidak untuk yang 10 ini..Mantul! Mantap Betul

Stage terakhir dari Crysis ini memang benar-benar luar biasa. Setelah mengira kalian bakal menang, ternyata lawan kalian masih bangkit untuk menghajar wajah kalian. Bahkan situasi semakin genting kala orang-orang disekeliling kalian dibantai. Sampai titik ini kalian bakal merasa bahwa benar-benar dalam ancaman.

Ya, berjuang sendirian untuk menghantam musuh-musuh yang ada bakal membuat kalian kesulitan! Tapi bila kalian jago bermain seri yang satu ini, mungkin kalian bisa menyelesaikannya dengan cepat.


Sepertinya itulah 10 final stage terkeren yang ada di dunia game. Kesepuluh stage terakhir ini memang menawarkan berbagai macam hal yang luar biasa dan tidak terduga, Itulah yang pada akhirnya membuat nama kesepuluh game ini tetap berada di hati para gamer. Dari 10 stage terakhir ini, mana sih yang paling kalian sukai?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU