Pembahasan Manga Dragon Ball Super 39: Master Roshi Melawan Jiren?!

Manga Dragon Ball Super 39 menyajikan akhir dari pertarungan Gohan melawan Kefla. Tidak hanya itu… di versi manga ini, Master Roshi melawan Jiren?!

Dengan format manga bulanan, Toyotaro sejauh ini kurang berhasil untuk menyajikan pengalaman seru seperti versi anime.

Kejadian di manga terasa terlalu cepat dan mendadak. Banyak karakter yang momen kerennya dipotong, meski sebagai gantinya Toyotaro mencoba memberi momen keren untuk karakter yang kurang disorot.

Manga Dragon Ball Super 39 memutuskan untuk menyorot Gohan serta mengganti momen epik Master Roshi. Seperti apa jadinya?

1

Akhir Gohan Melawan Kefla

Kamu pasti sudah tahu masalah Gohan di versi anime.

Dia tampak dibangun dengan oke setelah ia memutuskan latihan dengan Piccolo. Saat itu, Gohan sampai tidak lagi ingin menggunakan Super Saiyan karena dia ingin mengukir jejak yang berbeda dari ayahnya.

Dengan motivasi seperti itu, ada harapan ia bisa memecahkan batas, sama seperti yang dilakukan oleh Vegeta (melalui SSGSSE) dan Goku (melalui Ultra Instinct).

Namun Gohan justru tereliminasi melawan Dyspo, dan tidak memiliki duel menonjol dengan petarung terkuat semesta lain.


CONTINUE READING BELOW

Profil Resmi Tokoh Dragon Ball Super: Broly Sajikan Banyak Info Menarik!

Profil resmi tokoh Dragon Ball Super: Broly memperkenalkan para karakter baru dan mengungkap motivasi menarik dari sejumlah tokoh! Simak pembahasannya di sini!


Manga Dragon Ball Super 39 setidaknya mengatasi masalah tersebut.

Seperti diperlihatkan di akhir bab 38, Gohan memutuskan menghadapi Kefla.

Penampilannya pun tidak memalukan. Hanya dengan wujud Ultimate, Gohan mampu mengimbangi Kefla, yang di versi anime harus dikalahkan dengan Kamehameha super oleh Son Goku dalam wujud Ultra Instinct -Sign-.

Yah, harus diakui Kefla versi manga ini juga sangat dilemahkan oleh Toyotaro sih.

Setelah baku hantam, Gohan akhirnya dapat membuat Kefla tersingkir keluar dari arena. Namun dia sendiri juga keluar.

Sebagai penggemar Gohan, hasil seperti ini yang penulis harapkan dari penampilan Gohan di anime, ketimbang tersingkir hanya untuk menyingkirkan petarung nomor tiga seperti Dyspo.

2

Toyotaro Memberi Master Roshi Momen untuk Bersinar

Di versi anime, Master Roshi adalah salah satu petarung Universe 7 paling mengejutkan.

Setelah lama tidak terasa sebagai petarung kuat lagi, Roshi mengejutkan karena ia mampu memanfaatkan teknik, kecerdikan, dan kekuatannya untuk menyingkirkan para petarung kuat Universe 4.

Namun di versi manga para petarung Universe 4 sudah tereliminasi dengan cara beda. Jadi akankah Toyotaro menghapus momen epik Roshi, seperti mangaka yang satu ini menyingkirkan Tien Shinhan, Piccolo, dan Krillin dengan seenaknya?

Ternyata tidak. Roshi justru sempat mendapat momen melawan JIREN di manga Dragon Ball Super 39.

Sebelumnya, Roshi memanfaatkan teknik untuk menyingkirkan Kahseral, petarung Universe 11 yang bertahan lebih lama di versi manga ini.

Lalu, setelah Goku terdesak, Roshi dengan nekat melawan Jiren.

Roshi sempat melawan balik Jiren dengan penampilan yang membuat Beerus sekalipun terkejut. Penyebabnya? Roshi menggunakan dasar dari Ultra Instinct, gerakan tanpa berpikir.

Roshi membiarkan teknik dan pengalamannya untuk membimbingnya melawan Jiren. Pada akhirnya, Jiren masih bisa mengalahkannya. Namun setidaknya Roshi dapat mengajarkan kepada Goku bagaimana cara bertarung yang lebih baik.

Jujur, penulis justru lebih suka pendekatan ini ketimbang cara Goku seujug-ujug mendapatkan Ultra Instinct di anime.


Kelanjutan pembahasan manga Dragon Ball Super 39 dapat kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.