Lebih Lama dari Bikin Candi? 10 Game Ini Produksinya Lama Banget!

Ada yang sampai lebih dari satu dekade! Nungguinnya lama banget yak

Memproduksi sebuah game bukanlah perkara mudah, apalagi saat ini game memilili tingkat kerumitan sama seperti membuat film. Mencari aktor yang menjadi pengisi suara dan merekam gerakan bukanlah hal mudah.

Belum lagi melakukan editing dan menciptakan visualisasi juga bukanlah hal mudah. Bagi game yang dirilis multiplatform, mereka juga harus memperhatikan optimisasi game buatan mereka agar bisa berjalan baik di PC para gamer.


CONTINUE READING BELOW

Pertahanan Terkuat Adalah Menyerang, Inilah 10 Jutsu Defense Terkuat di Naruto

Di dunia Naruto, kita tak hanya mengenal justu yang bersifat offensif saja melainkan ada juga jutsu yang bersifat defensif. Nah, sejauh ini ada beberapa jutsu defense terkuat di Naruto. Apa saja ya?


Dengan tingkat kerumitan tersebut tak heran ada beberapa game yang produksinya lama, bahkan hingga mencapai satu dekade.

Beberapa game ini juga bukan hanya rumit untuk mengolah game mereka tapi juga rumit karena masalah-masalah administrasi. Langsung saja yuk lebih baik kita bahas inilah 10 game yang produksinya lama, cekidot.

1

Shenmue: 1994-2000

Pada saat rencana dibuatnya Shenmue, game yang satu ini dinobatkan sebagai game yang punya anggaran terbesar di masa lalu. Bahkan ketika sedang dikembangkan, game ini dikembangkan secara hati-hati karena memang banyak harapan yang terhada Shenmue.

Animasi super rinci dan voice actingnya digarap dengan sangat serius menggunakan teknologi termutakhir. Yang lebih mantap adalah pengembangan game ini semakin lama ketika sega mengumumkan bakal mengeluarkan seri terbaru, Dreamcast yang tentu lebih bertenaga.

Menghabiskan waktu selama enam tahun, akhirnya Shenmue berhasil rampung dan tersedia di pasaran.

2

Starcraft II: Wings of Liberty: 2003-2010

starcraft 2

Sumber: Blizzard Entertainment

Salah satu game RTS paling memukau yang pernah dibuat adalah Starcraft II: Wings of Liberty. Game yang satu ini diumumkan pada tahun 2007 dan langsung mencuri banyak perhatian serta ditunggu para gamer. Tapi tahukan kalian, game yang satu ini sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2003.

Usai The Warcraft: Frozen Throne, Starcraft II: Wings of Liberty langsung dimumkan. Tapi dalam pembuatannya, Starcaft II ini tidak mulus karena beberapa kali harus diundur. Akhirnya di tahun 2010 game yang dinanti-nanti ini selesai dibuat dan mendapatkan sambutan hangat.

3

Galleon: 1997-2004

Source: Dracula’s Cave

Game Galleon merupakan sebuah game yang kegagalannya lebih diingat daripada keberhasilannya. Ya, game yang satu ini adalah ide milik salah satu creator Tomb Raider, Toby Gard. Alih-alih membuat seri selanjutnya dari Tomb Raider, Gard justru pergi membentuk studionya sendiri.


CONTINUE READING BELOW

7 Pulau Terindah di Serial One Piece, Jadi Pingin Berkunjung Deh!

Harus diakui, sejauh ini ada beberapa pulau terindah di One Piece. Pulau-pulau ini memang menjadi destinasi utama Luffy. Mungkin selain mencapai tujuannya, Luffy dkk ke pulau ini memang untuk refreshing.


Maklum, saat ini Gard sedang dalam puncak kariernya di tahun 1997. Galleon akhirnya rampung, tapi kemudian masalah datang kala game ini harus diconvert dari Playstation ke Dreamcast, Gamecube, dan Xbox.

Ya, Galleon tak bisa dimainkan sampai akhirnya molor hingga tahun 2004. Tak heran bila Galleon menjadi game yang produksinya lama.

Masih kurang, yuk lanjut ke halaman kedua untuk bahasan game yang produksinya lama.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!