Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Wah pindah haluan mereka.

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Di dalam sebuah video games, pemilihan seorang penjahat merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan, apalagi bila video games tersebut melibatkan banyak aksi. Dengan adanya lawan permainan bakal lebih kompetitif dan juga lebih hidup.

Bisa dibilang, penjahat menjadi elemen yang harus dieksekusi dengan baik apabila sebuah game ingin dikatakan sukses. Sejauh ini kita sudah melihat banyak sekali penjahat-penjahat di dunia game. Tapi di beberapa game, ada lho penjahat yang berubah haluan.

Cerita yang ada memaksa mereka untuk berubah menjadi sosok yang sama sekali berbeda ketika diperkenalkan. Tentu sudah bisa ditebak apa yang bakal kita bahas bukan? Ya, Duniaku.net kali ini bakal membahas delapan penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game. Siapa sajakah mereka?

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Jenderal Shepherd merupakan sosok yang ingin menang sendiri. Ya, Shepherd adalah salah satu karakter yang penuh kejutan di Call of Duty: Modern Warfare 2. Sejak awal, kita bakal memainkan seorang pasukan yang berada di bawah komando Shepherd. Misi utamanya sudah jelas bahwa pasukan kita ingin menangkap penjahat besar bernama Vladimir Makarov.

Hingga akhirnya di tengah permainan kita mendapatkan beberapa hal untuk melacak lokasi Makarov. Tapi alih-alih langsung berangkat untuk menangkapnya, jutsru Makarov membunuh kita dan juga rekan kita yang bernama Ghost. Makarvo membelot karena ingin mendapatkan sebuah barang bernama DSM yang berfungsi untuk melacak Makarov.

Alasan Shepherd membunuh kita adalah ia ingin dianggap menjadi pahlawan Amerika sendirian. Ia juga kerap tidak percaya dengan siapapun, termasuk tokoh bernama Soap dan Price. Posisi Shepherd di sini merupakan antagonis utama yang ingin menghancurkan Makarov seorang diri.

Source: Heavy Rain Wiki[/caption]

Quantic Dream memang developer yang harus diakui mampu membuat sebuah game dengan cerita yang luar biasa. Salah satu buktinya adalah kesuksesan Heavy Rain di pasaran! Game yang satu ini menyajikan pola cerita yang sulit ditebak dan kita tidak paham, mana yang menjadi lawan serta teman.

Akhirnya investigasi yang ada menunjukkan karakter bernama Shelby merupakan dalang di balik semua kekacauan yang terjadi. Ya, Shelby yang jahat berusaha sebaik mungkin menjadi seorang pahlawan dan bersikap sok baik dengan keluarga korban. Oiya, Kebohongan Shelby ini terjadi di misi bernama Origami Killer.

Setelah menjadi baik dan terlihat sebagai pahlawan, ujung-ujungnya Shelby juga ketahuan bahwa sebenarnya ia merupakan seorang pembunuh! Mungkin jika ingin menjadi jagoan yang sebenarnya Shelby harus lebih pandai berbohong.

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game selanjutnya adalah Marlene dari seri The Last of Us. Beruntunglah bahwa The Last of Us memiliki cerita yang simpel dan tidak terlalu rumit. Di samping itu, The Last of Us memiliki moral abu-abu dari setiap karakternya. Di awal-awal Marlene terlihat sebagai karakter yang baik karena sama seperti Joel, ia ingin membasmi pasukan bernama Fireflies.

Ketika Ellie ditangkap, ia tak segan langsung berusaha untuk menyelamatkannya. Tapi, banyak yang menyebut bahwa misinya untuk menghancurkan Fireflies lebih besar ketimbang menyelamatkan Ellie. Sosok yang satu ini juga rela bila harus menghajar Joel agar ia tidak mendapatkan Ellie.

Itu semua dilakukan demi bisa menjadi pahlawan untuk menyembuhkan dunia yang sedang sakit.

Di halaman selanjutnya masih ada nih penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game. Siapa saja mereka?

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Metal Gear Solid merupakan sebuah game yang luar biasa. Mencertiakan soal perjalanan agen rahasia untuk menyelamatkan dunia, game ini berubah menjadi sesuatu yang banyak menyuguhkan drama. Salah satunya adalah ketika tokoh bernama Master Miller menyebutkan identitas aslinya.

Di awal Miller dianggap sebagai seorang karakter baik bernama Liquid Snake. Tapi kemudian ia membuka kedok identitasnya bahwa Liquid Snake merupakan Miller. Pembukaan kedok ini tak diberikan lewat cutscene ciamik, melainkan dari percakapan biasa saja. Misi Miller menyamar menjadi pahlawan hanyalah untuk mendapatkan kode detonasi.

Oiya, pembukaan kedok dari Miller ini menjadi sesuatu yang benar-benar luar biasa menegangkan lho.

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Resident Evil merupakan sesuatu yang luar biasa menegangkan. Game ini menandakan kembalinya Resident Evil menjadi franchise horor ini ke akarnya. Ya, sempat kehilangan tajinya sebagai game survival horor yang mengerikan, Resident Evil 7 tampil menyeramkan dan sangat ciamik.

Menceritakan soal perjalanan keluarga Baker, kesadisan mulai terjadi ketika kalian datang ke rumah keluarga ini untuk melakukan investigasi. Tapi ada satu keanehan, ya di keluarga ini ada satu nenek-nenek yang tidak pernah melakukan apapun kepada kalian.

Ia terlihat biasa saja dan justru di awal-awal seperti dibuat seolah-olah bisa menyelamatkan kalian. Tapi semakin dalam cerita, terbongkar bahwa nenek ini bernama Evelyn yang juga tak kalah sadis. Ia menjadi tua lebih cepat dan tak berdaya melakukan apapun.

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Josh merupakan salah satu karakter protagonis di game horor bernama Until Dawn. Game ini menyajikan berbagai banyak teka-teki serta pilihan yang mempengaruhi kelangsungan cerita yang ada. Dengan narasi yang bergerak cepat, game ini membingungkan.

Tapi pada akhirnya diketahui bahwa yang menjadi dalang di balik pembunuhan rekan-rekannya adalah Josh. Ia rela menjadi sosok yang baik demi bisa membalas dendam pada rekan-rekannya yang telah melakukan hal buruk pada adik perempuannya. Tapi niat Josh untuk menakut-nakuti justru menjadi petaka karena rekan-rekan mereka akhirnya mendapatkan ancaman serius dari monster bernama Wandigos.

Di halaman selanjutnya ada dua lagi nih penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game. Siapa saja ya?

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Fallout 4 memang mendapatkan banyak sorotan karena tak menghadirkan hal menarik. Tapi dari segi cerita, ia menyajikan satu twist yang bakal membuat kalian terkejut. Ya, sejak awal misi kalian adalah menemukan Shaun, seorang anak yang hilang karena diculik.

Untuk itu kalian harus menyusuri daratan Boston. Tapi kemudian seiring perkembangan cerita, kalian diperkenalkan organisasi jahat yang ternyata dipimpin oleh Shaun. Kini Shaun menjadi tua, bahkan lebih tua dari kalian. Tidak jelas apa yang melatar belakangi Shaun untuk menjadi sosok yang jahat itu.

Turn Back Time, 8 Penjahat yang Malah Jadi Jagoan di Dunia Game

Bioshock Infinite merupakan sebuah game yang menyajikan kota serta cerita yang luar biasa. Di game ini hampir seluruh elemen yang ada dieksekusi dengan baik. Itulah yang akhirnya membuat game ini menjadi salah satu game terbaik sepanjang masa dari segala unsur.

Di game ini ada hal yang mengejutkan yakni ketika karakter Comstock membuka tabir dirinya yang ternyata adalah penjahat utama di game tersebut. Gilanya, Comstock ini nyamar menjadi tokoh utama juga bernama Booker. Kejahatannya terungkap setelah ia terluka dalam sebuah pertempuran.

Adanya Comstock membuat cerita semakin ciamik karena adanya seorang yang memiliki dua misi berbeda. Pengakuan Comstock menjadi sesuatu yang mengagetkan di seri ini guys. Sangat layak bila Comstock menjadi penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game.


Sepertinya itulah delapan penjahat yang malah jadi jagoan di dunia game. Jagoan di sini bukanlah jagoan sesungguhnya yang memainkan peran penting untuk menumpas kejahatan. Tapi berbeda daripada itu, jagoan di sini adalah sosok ini rela melakukan beberapa kebaikan demi mencapai misinya. Padahal mereka merupakan penjahat!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU