Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

“Mainan aja kok mahal?” Eits, jangan sembarangan kamu! Simak dulu alasannya di sini!

Mungkin bagi kamu semua orang yang tidak hobi figure, akan bertanya-tanya; “mainan kok mahal?”, eits, coba kamu baca alasan kenapa figure bisa jadi mahal dulu deh.

Mainan, atau ya mari kita sebut saja sebagai figure, itu memang memiliki beberapa harga yang berbeda, dan tentu saja bentuk yang berbeda, lalu kenapa figure bisa jadi mahal? Mari kita bahas di sini.

Catatan: Meskipun di artikel ini kita sebut sebagai figure, namun pembahasan di sini meluas, ya. Ada Diecast, Model Kit, Statue, dan juga Action FigureSehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi kamu semua yang mungkin masih belum terlalu paham dengan arti dari jenis collectible items di atas.

1

Bahan

Tentu saja bahan menentukan kenapa figure bisa jadi mahal. Pasti ada alasan kenapa menjadi mahal, bukan?

Beberapa bahan dari figure mahal itu bervariasi, sebagai contoh adalah Hot Toys Robocop yang sebagian besar bagiannya adalah bahan Diecast atau besi.

Ada juga bahan lainnya, seperti karet tebal, PVC, dan sejenisnya.

Lalu jika kamu bertanya; “Ini kan bahannya hanya dari karet keras biasa, kok bisa sampai puluhan juta rupiah?”, ayo kita cek poin kedua.


CONTINUE READING BELOW

Awas! Ini 7 Tanda Figure KW Alias Palsu! Ingat Tandanya Sebelum Membeli!

Hati-hati tertipu figure palsu! Agar kamu tidak mudah tertipu, simak deh 7 tanda figure KW berikut ini, dan semoga kamu tidak salah beli!


2

Sculpting

Sculpting atau berikutnya kita singkat saja menjadi sculpt adalah teknik memahat yang membentuk suatu tekstur, seperti bagian wajah, detail kecil di pakaian, atau lain sebagainya.

Semakin detail sculpt dari suatu figure, tentu saja mempengaruhi harga jualnya nanti di pasaran.

Contohnya begini, bisa kamu lihat di atas, ada gambar Tsume Art dari Madara Uchiha (dan Kurama).

Detail sculpt dari figure itu tidak main-main, lihat saja bagian lidah dari Kurama. Karena itu, tidak aneh jika harga figure Madara di atas mencapai 999.00 Dollar saat pre-order, atau sekitar 14-15 jutaan rupiah, dan akan lebih mahal saat sudah rilis.

Beberapa sculpt juga dilakukan langsung dari tangan seniman figure atau hand made, sehingga tidak perlu ditanya lagi eksklusif dan detailnya figure tersebut.

Lagi pula, jika membutuhkan tangan dari seniman, maka jelas akan menjadi mahal karena perlu waktu bagi seniman itu untuk belajar sculpting, dan tidak semua orang bisa menghasilkan karya seni seperti itu.


Masih ada alasan lainnya kenapa figure bisa jadi mahal, Jika kamu masih penasaran, langsung saja cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.