Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

“Mainan aja kok mahal?” Eits, jangan sembarangan kamu! Simak dulu alasannya di sini!

3

Limited

Beberapa figure dibuat dalam jumlah terbatas, sehingga sangat langka, dan menjadi nilai tersendiri.

Tidak perlu ditanya lagi, harga barang yang dijual terbatas di pasaran, terlebih jika produksinya sudah berhenti maka harganya akan melonjak tinggi.

Mungkin sebagian dari kamu masih merasa aneh dengan figure mahal, namun bagi para kolektor figure, terutama pengoleksi limited, harga mahal sangat sebanding dengan apa yang mereka dapatkan.

Akan menjadi kebanggaan tersendiri saat memiliki figure yang dijual terbatas, dan tidak banyak orang di seluruh dunia yang memilikinya, ini juga yang menyebabkan kenapa beberapa harga figure bisa menjadi mahal.

Meskipun tidak selalu, figure limited biasanya memiliki desain, tambahan aksesoris, maupun hal lain yang membedakannya dengan versi reguler atau biasa. Jika di Model Kit Gundam atau Gunpla, biasanya beda warna dan beberapa hal lain yang membedakan juga bisa membuatnya menjadi limited dan diproduksi terbatas.

Beberapa juga ada yang tidak limited namun menjadi limited, sebagai contohnya figure Hot Toys Man of Steel yang bertanda tangan Henry Cavill, maka harganya bisa sampai puluhan juta rupiah!


CONTINUE READING BELOW

6 Figure Naruto Termahal yang Bikin Mikir Dua Kali! Sanggup Belinya?

Mengoleksi figure dari serial kesukaan pasti sangat seru, namun bagaimana jika mengoleksi yang mahal, seperti 6 figure Naruto termahal ini? Pasti mikir dua kali deh!


4

Umur

Kamu tahu, beberapa figure itu seperti memiliki investasi. Figure tua yang mungkin berasal dari tahun 70an ke atas, jika dijual lagi saat ini maka akan mahal harganya!

Beberapa contoh nyatanya seperti DX Super Sentai yang memang sudah tidak diproduksi lagi (bahkan saat diproduksi ulang saja harganya masih mahal).

Kenapa figure bisa jadi mahal dari umurnya? Ada dua faktor, yang pertama mirip seperti poin ketiga, yaitu jumlahnya yang terbatas, dan sudah tidak diproduksi lagi. Seandainya masih ada, maka umurnya sudah berbeda.

Kedua adalah perawatan. Jika figure itu berasal dari tahun 70an dan masih dalam kondisi prima, tentu saja mempengaruhi harga, karena figure itu sudah bertahan dengan baik selama beberapa dekade.

Kamu dahulu punya mainan bagus namun hilang atau rusak? Menyesal? Sama, penulis juga menyesal menghilangkan DX Dino Megazord yang penulis miliki saat kecil (curhat).


Berikutnya ada alasan yang paling ampuh kenapa figure bisa jadi mahal, bahkan sampai milyaran rupiah! 


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.