Bocor, Inikah Indikasi dari Unreal Engine bahwa Rilis PS5 Sudah Dekat?

Kira-kira kapan ya tanggal rilis PS5? Setahun lagi? Dua tahun lagi?

Saat ini PS4 masih dalam masa-masa kejayaannya. Apalagi Sony baru saja mengumumkan banyak edisi eksklusif baru, salah satunya adalah PS4 Pro edisi spesial yang dirilis menyambut penjualan 500 juta unit PlayStation di seluruh dunia sejak PSOne dulu.

Namun bukan berarti Sony bersantai-santai dalam menyiapkan penerusnya. “Bocoran” yang didapat dari Unreal Engine ini mungkin bisa mengindikasikan bahwa tanggal rilis PS5 sudah dekat. Memang apa ya yang dibocorkan oleh Unreal Engine?

Bocoran ini datang dari potongan kode Unreal Engine 4. Seperti dikutip dari VG247, dalam beberapa potongan kode Unreal Engine 4 disebutkan satu kata Erebus yang menemani nama-nama konsol lain seperti PS4, Xbox, Switch dan Other.

Memang baru sekadar kode Erebus saja. Namun menilik bagaimana kebiasaan Sony memberikan kode untuk konsol-konsol mereka sebelum rilis, banyak yang memprediksikan bahwa Erebus adalah kode dari PS5 yang akan dirilis sebagai penerus kejayaan PS4.

Erebus sendiri artinya Dewa Kegelapan dalam mitologi Yunani, selaras dengan kode-kode beraroma mitologi yang sudah diberikan Sony ke device mereka sebelumnya. PS4 sendiri mendapatkan kode Orbis, PS4 Pro berkode Neo, dan PSVR sebelumnya dikenal sebagai Morpheus. Jadi tidak mengherankan bukan jika Sony memberi nama Erebus untuk PS5?

rilis ps5

Masih dikutip dari sumber yang sama, screenshot ini memang mengindikasikan bahwa Erebus merupakan salah satu target platform yang harus didefinisikan untuk game yang tengah dikembangkan. Karena tiap konsol memperlakukan game dengan berbeda-beda, maka tentu harus didefinisikan dengan tepat platform mana untuk game tersebut.

Punya fitur cross play?

tanggal rilis ps5

Bukan hanya satu potong kode saja, melainkan ada dua. Di potongan kode kedua, terlihat bahwa Erebus sepertinya bakal memiliki fitur cross play dengan konsol lainnya. Artinya, nanti kamu bisa bermain secara online dengan pengguna konsol lainnya. Seperti tertulis di kode, Erebus nantinya bisa bermain di satu game yang sama dengan gamer yang memiliki Xbox dan PS4.


CONTINUE READING BELOW

Rayakan 500 Juta Unit PlayStation Terjual, Sony Rilis Varian PS4 Pro Baru yang Keren Abis!

Untuk menyambut setengah miliar penjualan ini, Sony pun merilis satu varian PS4 Pro baru dengan jumlah terbatas. Varian yang diberi nama PS4 Pro Limited Edition dengan warna biru ini dijual dengan jumlah yang sangat terbatas, hanya 50.000 unit di seluruh dunia.


Meskipun mengindikasikan platform baru, namun perlu dicatat bahwa ini baru merupakan spekulasi saja. Meskipun banyak bukti yang mengarah ke sana, belum bisa dipastikan Erebus merupakan konsol kelanjutan dari PS4. Bisa saja konsol yang benar-benar baru, dari perusahaan yang benar-benar baru pula.

Bagaimana menurut pendapatmu?

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.