O-Kiku Itu Kuat atau Lemah Sih? Ini Analisis Kami!

O-Kiku adalah samurai perempuan yang membantu Zoro dan Luffy di Wano. Sebenarnya dia ini kuat atau tidak sih? Begini analisis kami!

O-Kiku Itu Kuat atau Lemah Sih? Ini Analisis Kami!

O-Kiku ini memang tokoh yang menarik.

Pertama kali muncul, dia terlihat sebagai tokoh tipe lemah, yang harus diselamatkan oleh Luffy dari ancaman Urashima yang waktu itu melamarnya dengan tidak sopan.

Lalu terungkap kalau tubuh Kiku sebenarnya sangat jangkung, melebihi Luffy dan Zoro.

Begitu Tama diculik, Kiku pun langsung mengambil pedang dan menaiki Komainu untuk mengejar Gazelleman. Dia juga memperkenalkan diri sebagai samurai.

Sampai di Distrik Bakura, Kiku dapat dengan mudah diculik oleh pesumo bawahan Urashima. Apakah dia ternyata beneran lemah? Ternyata tidak, dia mampu menghindari pelukan Urashima dan menebas rambut pesumo itu.

Jadi O-Kiku ini sebenarnya kuat atau lemah sih?

Samurai Kuat yang Kadang Masih Bingung

O-Kiku Itu Kuat atau Lemah Sih? Ini Analisis Kami!

Berdasarkan gerak-gerik yang Kiku tunjukkan sih, penulis merasa dia punya masalah sejenis dengan Metal Lee dari anime Boruto.

Untuk yang tidak nonton Boruto, putra dari Rock Lee itu sama-sama gila latihan taijutsu dengan ayahnya. Bakatnya sih luar biasa, soalnya dia lebih pintar dari ayahnya waktu kecil. Metal juga menunjukkan skill ninjutsu, sehingga dia punya potensi menjadi lebih berbahaya dari ayahnya.

Namun Metal senantiasa dihantui oleh rasa gugup. Semua skill dan bakatnya jadi tidak berguna bila ia tak bisa bergerak saat dilihat penonton.

Menurut penulis, O-Kiku ini sepertinya memiliki masalah sejenis, meski penyebabnya mungkin bukan gugup.

Sebagai gadis baik-baik yang sangat sopan, Kiku kemungkinan kesulitan menyeimbangkan kemampuan bertarungnya dengan sikap sopannya.

Dia sampai sempat gugup saat konflik di Distrik Bakura tak terhindarkan lagi. Namun begitu Zoro memerintahkan sebaiknya Tama menebas para begundal kalau ia ingin menyelamatkan Tama, Kiku benar-benar menebas mereka.

O-Kiku Itu Kuat atau Lemah Sih? Ini Analisis Kami!

Bentrokan sifat ini juga rasanya yang membuat Kiku mendadak bingung setelah menebas rambut Urashima, hingga Luffy harus menahan serangan Urashima.

Ingat, setelah diteriaki oleh Urashima, reaksi Kiku adalah ia tidak percaya baru saja menebas rambut Urashima di depan umum.

Meski dia masih gugup dan kadang bingung, Kiku tetap adalah ahli pedang yang sepertinya sudah melatih skill-nya bertahun-tahun. Lihat baik-baik pergerakannya pada panel di atas, ia tampaknya bergerak menjatuhkan setidaknya tiga orang setelah didorong oleh kata-kata Zoro.


Jadi, ternyata kalau dianalisis sifat Kiku sejauh ini mirip-mirip dengan Metal Lee.

Hanya saja kalau Kiku harus menggunakan pedangnya, ia tampak tak lagi menunjukkan rasa gugup. Tebasan pedangnya mantap dan penuh keyakinan.

Gimana pendapat kamu soal samurai yang satu ini? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU