Liputan Acara C3AFAJKT 2018, Event AFA Terakhir yang Hadirkan Kenangan Manis

Aduh beneran yang terakhir nggak ya :(

Event C3AFAJKT 2018 berakhir dengan menyisakan kenangan manis.

Sebelum event ini diadakan, pihak penyelenggara telah mengatakan bahwa C3AFAJKT 2018 akan menjadi event AFA terakhir yang diadakan di Indonesia. C3AFAJKT 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2018 di ICE BSD ini sukses menyelesaikan misinya untuk menghadirkan hiburan pop culture Jepang terkini  dalam event terakhirnya.

Ada apa aja sih di event C3AFAJKT 2018 kemarin? Mungkin bagi kamu yang kemarin belum sempat datang, atau gagal move on, bisa menyimak liputan kami yang satu ini.

C3AFAJKT 2018

Seperti biasa, event C3AFAJKT 2018 dimulai dengan pagi hari yang sudah mulai terlihat antrean pengunjung, walau jumlah ini jauh lebih banyak pada hari kedua event diselenggarakan.

Meskipun tidak banyak barang limited yang bisa didapatkan di event kali ini, namun para pengunjung masih sangat antusias antri di pagi hari untuk dapat memasuki hall event secepat mungkin.

Kali ini, C3AFAJKT 2018 menghadirkan featured merchandise dari salah satu anime populer yaitu Pop Team Epic.

Ketika masuk, kamu akan disambut booth Pop Team Epic. Di sana kamu bisa berfoto bareng standee Popuko dan Pipimi, lengkap dengan aksesoris tangan dengan gestur mengejek khas Pop Team Epic yang bisa kamu gunakan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggambar Pop Team Epic ala kamu sendiri, sebab terdapat kertas kosong dengan template yang bisa kamu coret-coret dengan spidol warna-warni yang sudah disediakan di booth.

Merchandise eksklusif Pop Team Epic dengan desain baru juga dijual di event ini, yang tentunya langsung diserbu oleh para fannya yang takut kehabisan.

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

Jika booth Lumica biasanya hanya jualan lightstick, maka kali ini mereka menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu menghadirkan DJ dan grup wotagei dance, GinyuforcE. Booth Lumica sendiri mengadakan Cyalume Dance World Battle, yaitu lomba dance ala wotagei dengan cyalume, di mana pemenangnya nanti bisa ikutan tanding di Jepang. Tak disangka, peserta dari lomba ini sendiri mencapai 30 an! Wow luar biasa!

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

Memang tak banyak booth official yang bisa kamu temukan kali ini, beberapa diantaranya adalah booth Gun Gale Online: SAO Alternative dengan standee Llenn, dan booth Natsume Yuujinchou. Merchandise-nya sendiri dijual di AFA Shop, bagi pengunjung yang tertarik untuk membelinya.

Untuk meramaikan booth jualan, ada Lullaby Winds Shop dan Kyou, di mana kamu bisa khilaf figure di sini, mulai dari prize figure yang murah, sampai dollfie yang harganya puluhan juta.

Untuk belanja Gundam, ada booth Kidz Station dan Multi yang menawarkan berbagai diskon menarik untuk para pembeli.

Di bagian tengah juga ada booth Exhibition EGOIST, di mana para fans EGOIST bisa melihat berbagai macam lineup merchandise yang pernah rilis, dan juga discography dari EGOIST itu sendiri sejak pertama kali dibentuk sampai dengan sekarang.

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

Para kreator sendiri juga tidak mau kalah. Mereka menjual hasil karya mereka lewat berbagai booth Creator’s Hub yang letaknya ada di area belakang. Berbagai merchandise buatan kreator seperti stiker, gantungan kunci, poster, buku, dan sebagainya bisa kamu dapatkan di area tersebut.

C3AFAJKT 2018

Bagi pengunjung yang sudah bosan dengan mengitari pameran yang ada dan tidak ingin berbelanja apapun, bisa nongkrong di mini stage maupun stage besar di mana berbagai bintang tamu dihadirkan. Misalnya saja di mini stage, ada penyanyi sekelas Eri Sasaki yang populer lewat lagu Fuyubiyori-nya, violinis Ayasa, dan rapper Lotus Juice yang penampilannya sudah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya.

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018 kali ini sendiri digabung dengan acara Game Start alias AFA Play, di mana sejumlah booth yang berkaitan dengan game hadir di sini. Bagi kamu penggemar TCG, kamu bisa bermain di area Bushiroad-Animart. Jangan khawatir jika kamu tidak paham cara mainnya, sebab sudah ada beberapa mentor yang sudah siap mengajarimu cara bermainnya. Begitu juga dengan TCG Final Fantasy.

C3AFAJKT 2018

Buat para penggemar konsol sendiri, dimanjakan dengan adanya booth Bandai Namco, di mana para pengunjung bisa mencoba berbagai line-up game terbaru Bandai Namco yang belum rilis, misalnya saja My Hero One’s Justice, Jump Force, Soul Calibur VI, Tomb Raider, dan sebagainya. Bahkan ada juga turnamen dari berbagai game fighting di sini! Tak hanya itu, ada juga stage untuk area pertandingan eSport. Salah satu yang diperlombakan diantaranya adalah AoV.

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

C3AFAJKT 2018

Hari Jumat dan Sabtu sendiri pada malam harinya diadakan konser I Love Anisong dengan berbagai line up artis seperti EGOIST, Ami Wajima, Konomi Suzuki, BAND-MAID, Mashiro Ayano, Megumi Nakajima, dan TRUE yang liputannya nanti akan disajikan secara terpisah.

Secara keseluruhan, event yang didapuk sebagai AFA Indonesia terakhir ini mampu menghadirkan berbagai kenangan manis bagi seluruh penggemarnya di Indonesia, terutama bagi para pengunjung yang selama 7 tahun mulai 2012 telah rutin datang dan mendapatkan banyak hal baru. Semoga di lain waktu event ini bisa kembali lagi walau mungkin dengan nama yang berbeda.

 


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
kairizero

Merupakan penggemar anime sejak SMP, dan terus berlanjut hingga sekarang bekerja. Belakangan ini suka memperhatikan dan ikut dalam konser-konser dari artis Jepang favorit. Saat ini bekerja sebagai Graphic Designer, yang menurutnya cukup asik dilakukan karena seperti bekerja sambil bermain. Kairi juga seorang gamer dan genre favoritnya adalah RPG. Sebagai salah satu kontributor untuk majalah Zigma dan Omega, menulis merupakan caranya membagi informasi kepada orang lain tentang hal-hal yang disukainya dengan lebih informatif, dari segi pandang seorang penggemar.