Teori: Kalau Gohan dan Goku Fusion, Akankah Lebih Kuat dari Vegito?

Kalau fusion, Goku bisa memanfaatkan potensi Gohan? 

Teori: Kalau Gohan dan Goku Fusion, Akankah Lebih Kuat dari Vegito?

Fusion Goku dan Gohan sempat hampir terjadi ketika pertempuran melawan Buu. Sayangnya Gohan terlanjur diserap oleh Buu sebelum sempat bergabung dengan Goku. Beruntung, Vegeta muncul sehingga Goku mendapatkan pasangan untuk melakukan fusion.

Sekarang, kalau terdesak, fusion yang jadi andalan pun adalah Goku dan Vegeta. Mulai dari Vegito hingga Gogeta. Terutama karena Gohan memang hanya latihan di saat-saat tertentu saja, sehingga kekuatannya kini memang di bawah Vegeta dan Goku. 

Tapi gimana jadinya kalau Gohan gabung dengan Goku? Apakah bisa lebih kuat dari Vegito? Saya rasa bisa saja. Ini teorinya! 

1. Ada petunjuk kalau mereka yang memiliki kedekatan hubungan darah dan jiwa bakal menghasilkan fusion kuat

Teori: Kalau Gohan dan Goku Fusion, Akankah Lebih Kuat dari Vegito?dragonball.fandom.com

Di serial Dragon Ball Super episode 115 Beerus sempat berpikir untuk memberikan Potara pada Android 17 dan Android 18. Menurut Beerus, Android 17 dan Android 18 memiliki kecocokan yang sempurna untuk melakukan Potara Fusion karena mereka berdua kembar.

Kalimat ini seakan memberikan kesan bahwa semakin dekat hubungan dua individu yang hendak bergabung, kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang baik juga semakin tinggi.

Ada juga Fused Zamasu yang merupakan gabungan antara Zamasu dan Goku Black. Meski cuma di komik, mereka berdua bisa bergabung melampaui batas waktu yang disediakan oleh Potara. Hal ini disebabkan keduanya sebenarnya adalah orang yang sama, hanya berbeda tubuh.

Dari sini juga bisa disimpulkan bahwa kedekatan yang dimaksud tak hanya hubungan darah, tapi juga hubungan jiwa.

Bagaimana dengan fusion Goku dan Gohan? Kedekatan mereka tentu tak perlu diragukan lagi mengingat mereka adalah ayah dan anak. Darah Goku mengalir di dalam tubuh Gohan, karena Gohan adalah keturunannya.

Berbeda dengan Goku dan Vegeta yang hanya berasal dari ras yang sama, fusion Goku dan Gohan tentu akan menghasilkan petarung yang lebih kuat karena kedekatan darah dan jiwa mereka berdua.

Baca Juga: Ini 7 Power Up yang Bisa Digunakan Manusia Biasa di Dragon Ball!

2. Ada faktor potensi Gohan dipadukan dengan pengalaman dan kekuatan Goku

Teori: Kalau Gohan dan Goku Fusion, Akankah Lebih Kuat dari Vegito?cbr.com

Kekuatan Gohan tanpa berubah wujud pun sebenarnya sudah sangat kuat. Hal ini berkat potensinya yang dibuka oleh Kakek Kai dan memberinya kemampuan untuk melepaskan kekuatan yang tertidur dalam dirinya secara penuh dan mengendalikannya.

Dengan latihan yang cukup, Gohan dalam wujud ini bahkan bisa mengimbangi Goku dalam wujud Super Saiyan Blue, sampai Goku harus melepas Super Saiyan Blue Kaio-ken untuk menang dalam latih tanding.

Bayangkan jika Goku yang telah menguasai Ultra Instinct bergabung dengan Gohan yang potensinya telah dibuka. Tanpa berubah menjadi wujud Super Saiyan saja keduanya sudah cukup kuat, belum lagi jika bergabung, bukan?

Ini situasinya bisa mirip dengan Kale dan Caulifla. Kita tahu kalau Kale bisa mencapai wujud Legendary Super Saiyan, namun dia selalu mengamuk dan tak terkendali dalam wujud itu. Sementara Caulifla itu genius, tapi kekuatannya belum mencapai level Saiyan dari Semesta 7. Begitu mereka gabung, Caulifla dan kegeniusannya dapat mengendalikan kekuatan super Kale.

Gohan sudah disebut-sebut punya potensi besar sejak Saiyan Saga. Kalau potensi itu digunakan oleh Goku, maka kita pun bisa melihat fusion yang ngeri. 

Apalagi fusion itu bukanlah hasil penjumlahan dari dua kekuatan, melainkan hasil kelipatan kemampuan kedua belah pihak.

Bandingkan dengan Vegito yang berasal dari Vegeta dan Goku. Keduanya pada dasarnya memiliki kemampuan yang serupa, jadi jika bergabung pun mereka memang kuat tapi tak sebanding dengan kekuatan fusion Goku dan Gohan yang merupakan gabungan kekuatan dasar Gohan yang sebanding dengan Super Saiyan Blue ditambah kekuatan Goku yang bisa memasuki mode Ultra Instinct.

3. Di sisi lain, bakal menarik bila Gohan yang cerdas dan cerdik dipadukan dengan Goku yang punya insting pertarungan tajam

Teori: Kalau Gohan dan Goku Fusion, Akankah Lebih Kuat dari Vegito?Toei Animation/Dragon Ball Super

Seperti yang kita semua tahu, Goku bisa dibilang genius dalam hal berkelahi. Insting bertarungnya sangat tajam. Ingat waktu pertama kali ia belajar Kamehameha? Goku hanya menirukan gerakan Kakek Roshi dan dia bisa melakukannya biarpun kecil. Level kejeniusan Goku sampai bisa meniru berbagai macam teknik yang dimiliki baik rekan atau lawan.

Berbeda dengan Gohan, anak Goku dan Chichi ini justru lebih bisa dibilang memiliki intelejensi yang tinggi. Gohan bahkan direkrut bekerja sebagai peneliti perusahaan milik Bulma di serial Dragon Ball GT.

Ini membuktikan bahwa tingkat kecerdasan Gohan jauh di atas Goku. Dua kejeniusan di atas jika digabungkan tentu akan saling melengkapi. Gohan yang memiliki kemampuan untuk berpikir tenang dan merancang strategi yang baik bergabung dengan Goku yang memiliki insting bertarung yang luar biasa.

Hasil fusion Goku dan Gohan ini pastinya akan memberikan petarung yang sanggup beradaptasi dalam berbagai macam kondisi, termasuk jika kondisi itu menuntut mereka untuk menggunakan otak.

Itu dia teori kalau hasil fusion Goku dan Gohan bisa lebih kuat daripada Vegito. Bagaimana menurut kalian, setuju atau tidak? Jawab di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Resmi! Anime Dragon Ball Super Ditayangkan di iQIYI 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU