Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Mulai dari tahun 400an di abad kegelapan, sampai 1971 kisah keluarga Hodgson di London, inilah alur waktu Conjuring Universe yang lengkap dari benar-benar awal!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Saat ini, sistem film dengan metode shared universe atau lebih dari satu film namun berlatar di dunia yang sama (bukan hanya trilogy) sedang menjamur, akibat pengaruh dari Marvel Cinematic Universe, tak ketinggalan Conjuring Universe.

Berbeda dengan lainnya karena bertema horror, Conjuring Universe ternyata memiliki banyak kisah dari beberapa film yang berbeda, dan tentunya dengan Iblis dan Hantu yang berbeda. Kamu bingung dengan alur waktu Conjuring Universe?

Tak perlu bingung, karena kali ini Duniaku Network akan memberikan penjelasan alur waktu Conjuring Universe yang berdasarkan tahun kejadian di filmnya, bukan tahun rilis filmnya, ya.

Peringatan: Spoiler Alert!!! Tentu saja akan ada spoiler di artikel ini!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Kita mulai penjelasan alur waktu Conjuring Universe dari benar-benar yang pertama. Tidak dijelaskan tahun pastinya, namun dikatakan kejadian ini terjadi di abad kegelapan, atau sekitar tahun 400an.

Di Carta Monastery, Rumania, seorang Duke atau Baron, yaitu seorang bangsawan pemilik gereja tersebut membuka gerbang Neraka, dan memanggil Iblis dari sana, siapa lagi kalau bukan Valak.

Pembukaan gerbang ini dilakukan melalui retakan di sebuah Catacombs di dalam gereja. Sebelum Iblis Valak keluar dengan wujud sempurna, gereja Vatikan datang tepat waktu dan menghentikan Valak, dengan cara meneteskan darah Yesus Kristus. Akhirnya Valak tidak bisa keluar ke Bumi, untuk saat ini.

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Lompat ke film pertama dari Conjuring Universe, ada Bathseba yang mengorbankan bayinya di tahun 1863.

Bathseba Sherman adalah seorang satanic yang menyembah setan, dan saat dia mengorbankan bayinya, yang mana dipergoki oleh suaminya, dia langsung naik ke pohon dan mengatakan bahwa dirinya sangat setia dengan setan dan akan terus menyembah setan.

Akhirnya, Bathseba mati bunuh diri di pohon tersebut, dan jiwanya masih menghantui sampai seabad berikutnya!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Pada tahun 1943, Samuel Mullins adalah seorang pembuat boneka, dan dia memiliki istri dan seorang putri. Istrinya bernama Esther, dan putrinya bisa kamu tebak, dia adalah Annabelle.

Di tahun ini, kejadian tragis menimpa keluarga Mullins. Saat itu di wilayah pertanian yang tandus di California, mobil mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena bannya bocor. Saat berhenti di pinggir jalan, Annabelle yang masih anak-anak itu bermain dan mati tertabrak mobil yang melintas.

Beberapa tahun kemudian, pasangan suami istri itu sangat berduka, dan memohon kepada apapun agar putrinya bisa kembali, dan tanpa sadar, doa mereka justru didengan oleh Iblis. Iblis ini membentuk dirinya seperti Annabelle, dan meminta izin untuk masuk ke salah satu boneka kreasi Samuel, cerita pun dimulai!


Wah nanggung nih, lalu kelanjutan alur waktu Conjuring Universe seperti apa lagi? Cek di halaman kedua!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Penjelasan alur waktu Conjuring Universe di poin ini sangat spoiler untuk film The Nun, siap-siap, ya.

Di film ini, Valak sudah berhasil keluar dari Neraka, setelah sebelumnya digagalkan (poin 1). Dia bisa keluar karena terjadi perang di sana, dan gereja Carta Monastery adalah salah satu bangunan yang menerima dampak serangan perang yang kuat, sehingga retakan gerbang Neraka terbuka lagi.

Seharusnya, para biarawati akan berdoa tak henti-henti agar Valak tidak keluar, namun satu persatu dari mereka dibunuh oleh Valak, hingga akhirnya tidak tersisa, dan Valak keluar dengan "hampir" sempurna.

Dikirim oleh Vatikan, Bapa Burke dengan seorang biarawati yaitu Irene dikirim untuk menyelidiki kasus bunuh diri seorang biarawati di sana, yang tentu saja misterius.

Di sini mereka menghadapi Valak, yang mana seharusnya Valak sudah berhasil dikembalikan ke Neraka, namun ternyata, Valak sudah merasuki salah satu karakter di film ini, yaitu Frenchie alias Maurice, yang nantinya akan berhubungan dengan Ed dan Lorraine.

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Di tahun ini, Samuel Mullin membuka rumahnya sebagai tempat tinggal bagi biarawati Charlotte dan enam anak perempuan yang seluruhnya yatim piatu. Tentu mereka tidak tahu di dalam rumah ini, ada sebuah boneka terkutuk, Annabelle.

Seorang anak bernama Janice "memaksa" masuk ke sebuah kamar, yang terlarang dimasuki oleh Samuel, sang pemilik rumah. Itu adalah kamar dari Annabelle. Namanya film Horror, Janice masih kepo sampai akhirnya menemukan cara untuk masuk ke kamar Annabelle, disambut oleh "Annabelle", hingga akhirnya Janice dirasuki.

Singkat cerita, terjadi kejadian buruk di rumah tersebut, dan Janice sebagai pelaku yang dikendalikan, berhasil kabur keluar, dan menuju panti asuhan Santa Monica. Di sini dia merubah identitasnya menjadi siapa? Annabelle! Akhirnya dia diadopsi.

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa? Annabelle Doll[/caption]

John Form, seorang dokter memberikan istrinya hadiah berupa boneka yang berumur tua dan langka, boneka apa? Annabelle tentu saja.

Sejak memiliki boneka tersebut, mereka mulai dihantui oleh kejadian gaib. Terungkaplah kejadian di balik boneka tersebut yang berkaitan dengan poin kelima.

Janice, yang sudah mengganti namanya menjadi Annabelle itu tergabung dalam sebuah sekte, yang tentunya sesat. Bergabung dengan sekte ditambah dia dirasuki Iblis Annabelle, dia pun membunuh orang tua angkatnya.

Bersama dengan pacarnya, dia membunuh tetangga dari John Form, dan juga menyerang rumah John dan Mia, yang ada boneka Annabelle di dalamnya. Janice pun mati bunuh diri saat polisi datang ke lokasi, dan dia mati saat memeluk boneka Annabelle, membuat jiwa dari Iblis itu kembali lagi ke boneka tersebut.

Seperti yang kalian tahu, boneka Annabelle kembali menjadi jahat, kali ini sangat jahat. Setelah semua kejadian buruk yang terjadi, boneka itu kini ada di toko barang antik, dan dijual di sana. Singkat cerita, pemilik berikutnya adalah Debbie, dan mengalami kejadian buruk, Debbie meminta bantuan Ed dan Lorraine.


Masih mau lanjut? Alur waktu Conjuring Universe masih ada di halaman berikutnya, langsung saja cek halaman ketiga!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Ed dan Lorraine sedang melakukan "pembersihan" pada seseorang yang mengalami gangguan bernama Maurice.

Ingat poin 4? Maurice adalah Frenchie yang sebelumnya dirasuki oleh Valak, dan sejak saat itu, selalu muncul lambang salib terbalik di badannya.

Maurice yang dirasuki Valak itu memegang Lorraine, dan Lorraine mendapatkan penglihatan, yaitu kematian dari Ed, suaminya. Sejak saat itu, Lorraine dihantui oleh Valak, bahkan rumornya, Lorraine Warren asli di dunia nyata masih dihantui oleh Valak yang asli!

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Keluarga Roger dan Carolypn Perron pindah ke sebuah rumah di wilayah pedesaan yang sangat sejuk, tanpa mengetahui sejarah rumah tersebut.

Mereka mendapatkan gangguan mahluk halus, dan akhirnya meminta bantuan kepada Ed dan Lorraine yang saat itu sedang menyelidiki kasus Annabelle, dan mereka setuju.

Belakangan, diketahui bahwa rumah tersebut dahulu ditempati oleh Bathsheba, yang kisahnya bisa kamu baca di poin 2.

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Ed dan Lorraine melakukan investigasi di rumah Amityville yang sebelumnya sempat terjadi kasus pembunuhan tragis satu keluarga, dan membuat rumah ini berhantu.

Kisah ini tidak terlalu dalam diangkat, namun sepertinya akan menjadi film spin-off berikutnya dari Conjuring Universe.

Di sini, Lorraine masih diganggu oleh Valak, dan masih dengan gambaran kematian suaminya, Ed Warren.

Penjelasan Alur Waktu Conjuring Universe! The Nun dan Annabelle Duluan Siapa?

Mendapat panggilan dari luar negeri, yaitu London, Inggris, awalnya Lorraine keberatan, karena dia takut hal yang buruk terjadi pada Ed (penglihatannya akan kematian Ed semakin kuat), namun mereka tetap membantu keluarga Hodgson di London.

Keluarga Hodgson diganggu di rumah mereka sendiri, terutama putri keduanya yaitu Janet yang paling sering diganggu dan bahkan dirasuki.

Akhirnya diketahui bahwa Valak adalah Iblis yang ada di balik semua ini, dan dia yang justru mengendalikan hantu lain di rumah Hodgson yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu.

Lorraine berhasil mengirim Valak kembali ke Neraka, dan Ed tidak mati seperti penglihatan yang diberikan oleh Valak sejak lima tahun lalu.


Itulah alur waktu Conjuring Universe, dari benar-benar pertama sampai yang terbaru! Bagaimana menurutmu? Sudah mengerti? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU