Mau Seberapa Besar Storage Smartphone Kita Sebenarnya?

Storage smartphone terbesar yang pernah kamu pegang berapa?

Storage smartphone kita mau seberapa besar sih?

Kalau kamu ke toko untuk mencari smarphone baru, biasanya yang ditawarkan adalah fitur-fitur termutakhir, macam kamera dengan AI, fingerprint di bawah layar, Face ID, atau wireless charging. Tak ada salahnya juga, sebab seringkali fitur-fitur itulah yang mempengaruhi seseorang untuk kemudian memutuskan membeli.

Tapi kalau kamu mencari smartphone yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama dan mendukung aktivitas harianmu, salah satu fitur penting yang harus dipertimbangkan adalah storage smartphone atau penyimpanan.

Seperti kita tahu, memory sebuah smartphone terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). Secara sederhana, RAM itu gunanya untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem.


CONTINUE READING BELOW

nova 3i hadir sebagai penerus seri nova yang sebelumnya sudah sangat fenomenal dan menjadi salah satu ponsel Huawei yang paling laku di pasaran


RAM ini sangat mempengaruhi kecepatan operasi dan kelancaran menjalankan berbagai aplikasi pada waktu bersamaan. Sedangkan ROM itu untuk menyimpan datamu, yang akan mempengaruhi seberapa banyak foto, video, music, dan aplikasi yang bisa kamu simpan di perangkat smartphone, dan juga mempengaruhi kecepatan smartphone setelah penggunaan yang lama.

Tapi kalau kita perhatikan di sentra penjualan smartphone, ada berbagai tipe smartphone dengan ukuran ROM dan RAM yang beragam pula. Bagaimana caranya memilih smartphone yang bisa menyajikan user experience paling maksimal?

RAM 4GB itu cukup

storage smartphone

Saat kamu membuka satu aplikasi atau bermain game, data instan akan disimpan ke RAM. Berkat adanya RAM ini, lebih dari satu aplikasi bisa dijalankan pada waktu bersamaan; bahkan saat berpindah-pindah aplikasi pun, proses instan itu tidak akan hilang. Dengan makin banyaknya aplikasi yang kita gunakan, kelihatannya makin besar RAM itu artinya lebih baik.

Vishal Kara, Head of Product di Piriform (pembuat CCleaner for Android), dalam sebuah wawancara dengan Digital Trends pernah berkata,“Tak ada soal salah atau benar tentang seberapa besar RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone, walaupun RAM berperan penting dalam melancarkan pengalaman kita menggunakan smartphone. Tak seperti PC, di mana penundaan pemuatan aplikasi selama beberapa detik masih bisa diterima, kalau di smartphone kita berharap aplikasi apapun bisa dimuat secara instan meskipun kita sedang bepergian.”

Menurut pakar yang lain dari Geekbench 4 — John Poole, RAM 4GB sebetulnya cukup untuk penggunaan harian. Berdasarkan kebiasaan pengguna, orang-orang normalnya hanya menggunakan 9 aplikasi per hari dan hampir 30 aplikasi selama sebulan.

Meski begitu, yang dibutuhkan sebetulnya hanya 2,3GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi untuk sebuah smartphone yang memiliki RAM sebesar 4GB. Jadi, tak perlu RAM yang terlalu besar sebab tak perlu adanya tambahan RAM.

“Untuk smartphone, 4GB itu cukup sekarang,” kata Poole kepada Digital Trends.Feeling saya adalah bahwa beberapa vendor terlibat dalam perang spek di mana mereka membekali RAM yang berlebihan sederhananya hanya karena selling point saja — mereka bisa bilang ‘Lihat RAM yang kami punya lebih besar daripada pesaing kami, jelas smartphone kami lebih baik’.”

Tapi apakah RAM yang lebih besar akan mempengaruhi penggunaan harian sebuah smartphone? Jawaban Poole adalah ya. Dia menjelaskan, lebih banyak RAM yang dimasukkan ke dalam smartphone, maka lebih besar tenaga yang dibutuhkan dan makin cepatlah tenaga baterai habis.

RAM akan menyedot daya listrik terlepas apa yang ada di dalamnya – apakah itu aplikasi atau bukan, kamu tetap harus membayarnya dengan daya listrik. Dengan kata lain, kalau kamu tidak menggunakan RAM, maka itu tidak akan menguras tenaga baterai. Proses di background juga butuh energi. Siapapun yang pernah menggunakan aplikasi macam Facebook di Android, pasti tahu.

Sebagai kesimpulan, RAM 4GB bisa jadi ukuran RAM terbaik untuk sebuah smartphone apabila smartphone itu tak punya solusi untuk menghemat daya, sebab, ia bisa mencapai keseimbangan penggunaan yang lancar untuk aktivitas multitasking dan penggunaan harian yang lebih panjang.

Lalu apalagi? Info mengenai storage dan RAM yang lain? Cek halaman berikutnya yah.



Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Gerry Eka

Pria penikmat Nasi Goreng yang mengklaim dirinya sebagai atlit Diablo 3 Profesional, mengidamkan punya SEGA Genesis lagi biar bisa main Bare Knuckle 3.