Sony Siap Hentikan Produksi PS Vita di Tahun 2019

Dan kabarnya, Sony belum punya rencana untuk merilis handheld baru sebagai suksesornya. Selamat jalan, PS Vita.

Selain banyak kabar gembira kehadiran game-game baru, ada kabar sedih juga yang muncul di Tokyo Game Show (TGS) 2018. Yap, sesuai judul yang kamu baca di atas, Sony sudah mengonfirmasikan bahwa mereka siap menghentikan produksi PS Vita di Jepang tahun 2019 mendatang.

Dan yang menyedihkan lagi, Sony juga mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk merilis handheld lain sebagai suksesornya.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Hiroyuki Oda, Senior Vice President dari Sony Interactive Entertainment. Seperti dikutip dari Famitsu, Oda mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk merilis handheld baru sepeninggal PS Vita nantinya.

“Untuk saat ini, kami tidak memiliki rencana apa-apa untuk device handheld baru,” ungkap Oda. “Di Jepang, kami akan memproduksi PS Vita hingga tahun 2019. Setelah itu, distribusi PS Vita akan berakhir,” lanjutnya.

Usia PS Vita sendiri bisa dibilang masih terlalu “muda” di pasaran. Bahkan lebih muda dari kakaknya, PSP. Sebagai informasi, PS Vita pertama kali dijual di Jepang pada Desember 2011 lalu. Jika benar tahun 2019 menjadi produksi terakhir dari PS Vita, maka usianya hanya delapan tahun saja. Bandingkan dengan PSP yang bisa mencapai usia sepuluh tahun, dari tahun 2004 hingga 2014 lalu.

Produksi PS Vita

Dari segi penjualan pun, PS Vita juga kalah dibandingkan PSP. Sampai September 2018 ini, USGamer mencatat bahwa ada kurang lebih 16 juta unit terjual sejak kemunculannya pada tahun 2011. Bandingkan dengan PSP yang terjual jauh lebih laku, 80 juta unit di seluruh dunia selama sepuluh tahun masa hidupnya.

Mengapa PS Vita kalah laku dibandingkan PSP dengan perbedaan hanya dua tahun masa hidup saja? Harga yang cukup mahal dan minimnya pilihan game eksklusif adalah dua diantaranya. Beruntung, PS Vita memiliki saudara yang cukup kuat di pasaran, PS4 yang akhirnya banyak “membantu” penjualan PS Vita lewat fitur remote play yang disediakan.


CONTINUE READING BELOW

Bocor, Inikah Indikasi dari Unreal Engine bahwa Rilis PS5 Sudah Dekat?

Bocoran yang didapat dari Unreal Engine ini mungkin bisa mengindikasikan bahwa tanggal rilis PS5 sudah dekat. Kira-kira kapan ya konsol penerus PS4 ini bakal dirilis?


Mengenai Sony yang tidak menyiapkan penerusnya, mungkin saja mereka tengah disibukkan dengan proyek PS5 yang sudah menunjukkan tanda-tanda eksistensinya.

Bagi yang memiliki PS Vita, simpan baik-baik ya karena bisa jadi sebentar lagi PS Vita akan menjadi barang yang diincar oleh para kolektor.

Selamat jalan, PS Vita…

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.