Lantaran Penyakit, Komposer Final Fantasy Putuskan Untuk Hiatus

Semoga cepat sembuh ya!

Ingat dengan sang maestro Nobuo Uematsu? Ya, sang komposer Final Fantasy yang sudah menciptakan berbagai macam aransemen untuk banyak sekali judul game JRPG saat ini memutuskan untuk hiatus mengingat kesehatannya yang kian menurun.

Sebuah game tentu akan terasa sepi tanpa adanya background music atau yang seringkali disingkat sebagai BGM. Lagu-lagu yang dimainkan pada game selalu berhasil mempertegas suatu cutscene.

Komposer-komposer di balik pembuatan game selalu berhasil membawakan pengalaman bermain game yang lebih imersif. Bayangkan apa yang terjadi pada game-game masa kini tanpa adanya BGM, terasa sepi, bukan?


CONTINUE READING BELOW

Kisah Sedih dan Pilu di Balik Kasus Pembunuhan di Detective Conan

Di balik misteri pembunuhan di Detective Conan, ternyata ada kisah sedih dan pilu dari orang-orang di sekitar korban. Apa sajakah itu?


Banyak game yang menggunakan BGM dan efek suara untuk menambah ketegangan, terutama pada game horor. Sedang dikejar oleh monster-monster berwajah seram? Background music tegang akan dimainkan untuk menambah suasana seram.

Hal yang tidak jauh berbeda juga diterapkan pada RPG. Jika kalian memainkan beberapa judul JRPG populer tentunya kalian akan mendengar nama komposer-komposer populer seperti Yuzo Koshiro dan Nobuo Uematsu.

Berbicara mengenai Nobuo Uematsu, sang komposer Final Fantasy yang fenomenal ini memiliki perjalanan yang sangat panjang! Bahkan, di tahun 2006 yang lalu, beliau mendirikan Dog Ears Record yang sudah merilis banyak sekali soundtrack untuk game!

komposer final fantasy - game

Sebagian dari game yang dikerjakan oleh Nobuo Uematsu.

Sayangnya, para penggemar JRPG terutama seri Final Fantasy tidak akan mendengar aransemen-aransemen dari sang maestro karena Nobuo Uematsu memutuskan untuk hiatus hingga waktu yang tidak ditentukan!

Melalui situs LINE Blog, Nobuo Uematsu menyatakan bahwa ia akan mengambil cuti yang sangat panjang lantaran kondisi kesehatannya yang kian menurun. Unggahan ini hadir dalam dua bahasa Jepang dan Inggris untuk para penggemar di luar Jepang sana.

“Kesibukan saya semenjak mendirikan Dog Ear Records terus menumpuk, dimulai dari menulis lagu baru hingga menjalankan konser. Hari-hari terus berlalu dan saya puas dengan hasil yang saya raih saat ini,” Ungkap Uematsu.

komposer final fantasy - konser

Pada Desember tahun lalu, Nobuo Uematsu menghadiri Malaysia untuk mengikuti Earthbound Papas.

Beban yang beliau jalankan saat ini memberikan dampak negatif pada kesehatannya. Setelah berpikir panjang, Uematsu memutuskan untuk hiatus sampai kesehatannya memulih.

“Jangan khawatir, setelah saya sembuh total, saya akan kembali meneruskan sebagai komposer seperti biasa,” Tambah Uematsu.

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.