Nintendo Switch Online Rilis, Cloud Save Kalian bisa Hilang?

Alih-alih mau bermain online, pemain malah diribetkan dengan banyak isu.

Setelah sebelumnya diumumkan, akhirnya layanan online untuk Nintendo Switch diluncurkan! Menghadirkan berbagai manfaat, ternyata Nintendo Switch Online juga memiliki masalah yang cukup fatal! Yakinkah kalian untuk berlangganan dengan layanan ini?

Setelah beberapa bulan menikmati fitur online pada Switch secara gratis, Nintendo akhirnya mulai memberlakukan layanan Nintendo Switch Online yang sebelumnya sempat digembor-gemborkan.

Layanan ini bisa disebut terinspirasi dari layanan Playstation Plus ataupun XBOX Live Gold. Mudahnya, untuk bermain game secara online kalian harus berlangganan layanan yang disuguhkan.

Hadirnya layanan ini tentu akan memaksakan para gamer yang seringkali bermain game secara online untuk membayar perbulan atau bahkan pertahun. Tenang, dengan membayar Nintendo Switch Online kalian akan mendapatkan beberapa manfaat tambahan.


CONTINUE READING BELOW

Terciduk! Nintendo Tuntut Situs Penyedia ROM Sampai Mati!

Sisi lain dari gaming saat ini mengalami masa yang cukup kelam. Pasalnya, Nintendo menuntut dua situs penyedia ROM sekaligus! Bagaimanakah nasib kedua situs tersebut saat ini? Dan apakah ini merupakan tahap awal Nintendo untuk membasmi seluruh situs ilegal?


Dengan berlangganan layanan Switch Online, kalian akan mendapatkan akses untuk 20 game NES yang akan terus bertambah dan fitur cloud save yang tentunya sangat bermanfaat bagi sebagian gamer!

Semuanya mungkin terdengar menarik, apalagi dengan harga berlangganan pertahun yang seharga $20 saja! Namun, saat ini para gamer diresahkan dengan beberapa permasalahan yang salah satunya berakibat cukup fatal bagi para pemain.

Satu permasalahan kecil adalah hadirnya efek burn-in atau bekas gambar yang tercetak pada layar saat memainkan game NES. Hal ini terjadi saat kalian memainkan game NES menggunakan filter CRT. Efek ini memang tidak berbahaya bagi konsol, namun cukup mengganggu.

nintendo switch online - bekas burn in

Bekas burn-in yang cukup mengganggu, Sumber: Reddit.

Satu permasalahan lainnya adalah fungsi cloud save yang sangat ambigu. Fitur penyimpanan ini tampaknya tidak diintegrasikan menuju banyak game, bahkan untuk game yang seharusnya mendukung fitur tersebut seperti FIFA 19.

Parahnya, Nintendo bisa menghapus save file kalian yang tersimpan di cloud apabila kalian berhenti berlangganan dari Nintendo Switch Online! Hal ini disebutkan melalui salah satu FAQ yang menyebutkan “save data akan selalu ada apabila kalian memiliki layanan Switch Online”.

nintendo switch online - FAQ

Nintendo tampaknya harus memberikan penjelasan mengenai FAQ yang meresahkan ini.

Jika hal tersebut kurang ambigu, kalimat selanjutnya akan mengagetkan kalian. Pada FAQ, tertulis “Data yang tersimpan untuk game NES tidak akan terhapus kecuali jika pemain ingin menghapus data tersebut”. Kalimat ini memberikan impresi bahwa hanya save data dari NES saja yang aman, bukan data dari game Switch.

Hingga saat ini, Nintendo tidak mau memberikan penjelasan apa-apa mengenai hal yang bisa saja merupakan miskomunikasi ini. Namun jika hal ini memang benar, ini merupakan PR besar yang harus diperbaiki Nintendo.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.