Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Mantul nih!

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Contra Return hasil besutan antara Konami dan Timi Studio resmi dirilis oleh Garena di Indonesia beberapa hari yang lalu. Garena sendiri sebelumnya telah berjanji untuk menyajikan cita rasa lama pada game yang satu ini dan apakah mereka benar-benar melakukannya?

Duniaku.net kali ini berkesempatan untuk melakukan review mengenai game ini dan apakah hasilnya sesuai dengan ekspektasi yang kalian harapkan terutama bagi gamer lawas. Mungkin tanpa basa-basi lagi langsung saja kita bahas satu per satu game yang satu ini!!

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Harus diakui Garena benar-benar jenius ketika memilih Contra Return untuk dirilis di Indonesia. Game yang satu ini memang sejak awal telah menjanjikan bahwa mereka memiliki jalan cerita yang siap untuk kalian tamatkan. Mereka benar-benar melakukannya dan yang paling keren adalah banyak scene kekinian ketika kita bermain story mode.

Ya, story mode diawali oleh Bill Rizer yang ditugaskan untuk melakukan invasi oleh rekannya, Bahamut ke base musuh. Invasi berbahaya ini dilakukan dengan cara yang hati-hati. Tapi seperti yang telah kita tahu, Bill Rizer adalah karakter badass dan ia benar-benar melakukannya tanpa perhitungan.

Dari setiap arc stage, cerita bakal berbeda-beda dan itulah yang membuat cerita di game ini layak untuk diikuti. Di arc stage kedua jalan cerita bakalan berbeda dan begitu juga seterusnya. Yang paling luar biasa, terkadang kita bakalan mendapatkan bantuan dari rekan untuk menghajar lawan-lawan kuat di dalam game ini.

Untuk ukuran game mobile, jalan cerita Contra Return benar-benar sangat nikmat untuk diikuti terutama bagi para gamer lawas yang rindu dengan game ini.

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Nah, ini dia mekanisme yang disebut-sebut bakal menjadi andalan di game yang satu ini. Benar, upgrade senjata merupakan mekanisme unggulan di Contra Return dan eksekusinya sendiri benar-benar luar biasa!! Ketika pertama kali mencicipinya saya sempat bingung tapi dalam beberapa jam bermain, itu semua tak lagi menjadi masalah.

Untuk meng-upgrade damage senjata, kita perlu hanya menaiki level karakter hingga nantinya level karakter kita yang bakal membatasi upgrade senjata ke level selanjutnya. Ya, jika level belum mencukupi, kita tak bisa melakukan upgrade. Terus adalagi metode upgrade bernama enhance yang membuat level senjata naik.

Demi melakukan ini kalian harus memainkan misi. Namun jangan khawatir, fitur raid bakal membuat semuanya mudah. Untuk melakukan raid, kalian membutuhkan energi juga sama seperti bermain manual. Jika sudah terkumpul kalian juga bisa melakukan enhance.

Tak hanya terbatas pada senjata, mekanisme upgrade karakter juga tersedia di sini. Kalian bisa memperkuat skill karakter atau melakukan awakening skill. Ada beberapa pilihan skill yang bisa kalian perkuat. Upgrade karakter ini terasa benar-benar sangat signifikan lho apalagi di berbagai mode.

Grade senjata tinggi dan upgrade karakter maksimal bakal membuat kalian menjadi raja di berbagau stage!!

Gas yuk ke halaman kedua, ada apalagi yang ditawarkan oleh Contra Return!!

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Salah satu fitur baru yang sangat luar biasa yakni PVP. Awalnya PVP ini menjadi salah satu mode yang cukup saya ragukan mengingat dulu tak pernah ada mode PVP di Contra. Tapi ternyata Garena berhasil mengeksekusi mode ini dengan baik. Memilih match making cepat dan pertarungan terasa kompetitif.

Yang lebih mantap adalah ada beberapa pilihan stage yang bisa kalian coba. Setiap stage memiliki karakteristik dan kalian harus menguasai stage apabila ingin menang. Di mode ini juga terdapat buff yang bisa diambil agar karakter kalian semakin kuat ketika bertarung.

Tak hanya bunuh-bunuhan, di mode PVP juga terdapat pertempuran di mana kita harus menghajar tower musuh. Di sini semakin banyaknya kalian membunuh tak berpengaruh apa-apa. Ya, sistemnya mirip sistem game-game MOBA masa kini dan bagi yang sudah terbiasa tentu bakal familiar dengan model permainan seperti ini.

Sejauh ini PVP tidak ada masalah sama sekali dan kalian harus mencobanya. Oiya, untuk bermain PVP kalian harus level 12 terlebih dulu.

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Selain beberapa elemen di atas, gameplay menjadi elemen yang juga harus sangat diperhatikan. Ya, Contra Return benar-benar menawarkan mekanisme gameplay khas Contra masa lalu. Ketika pertama mencobanya, saya langsung mengatakan that's my Contra. Perbedaannya hanya satu yaitu grafis yang lebih diperhalus.

Dengan gameplay khas Contra kita yang sudah pernah bermain bakalan beradaptasi dengan cepat. Tapi karena dirilis di masa kini, tentunya gameplay yang simpel khas Contra ini juga sangat kompatibel dimainkan oleh generasi-generasi millenial.

Oiya, selain grafis yang diperhalus, adalagi salah satu perbedaan yakni cutscene yang terasa dramatis!! Sejauh ini mekanisme gameplay dari Contra dieksekusi dengan baik.

Yuk lanjut lagi ke halaman ketiga gann. Masih ada yang perlu dibaca soal Contra Return. 

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Selain mekanisme gameplay, satu hal lagi yang membuat Contra Return ini dianggap mampu membawa gamer lawas kembali bernostalgia. Ya, bos-bos lawas yang dulu pernah kita hadapi masih dipertahankan. Bahkan Contra Return memberikan kita gambar versi lawasnya sebelum benar-benar menghadapi bos tersebut.

Bos ini memiliki desain yang sedikit baru dengan grafis yang lebih halus tentunya. Cara mengalahkannya juga masih sama bro seperti dulu. Dengan boss-boss lawas yang masih dipertahankan kita seperti kembali ke tahun 90an tentunya.

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Pilihan karakter di game ini cukup banyak dan seperti yang dijanjikan, akan ada setidaknya 10 karakter yang bisa kita dapatkan dan gunakan di game yang satu ini. Karakter-karakter ini memiliki kelas yang berbeda mulai dari B hingga S. Uniknya, masing-masing karakter memiliki kekuatan pasif dan aktif yang berbeda-beda.

Skill-skill ini bisa kita jadikan combo ketika PVP ataupun bertempur di story mode. Pilihan karakter juga bisa kita sesuaikan dengan cara kita bermain guys. Untuk mendapatkan karakter ada berbagai cara tapi yang paling umum adalah menyelesaikan story mode.

Lanjut yuk ke halaman selanjutnya. Kali ini kita bakal membahas soal kekurangannya!

Mengulang Nostalgia, Inilah Review Contra Return dari Garena

Satu-satunya kekurangan yang ada di game ini adalah grinding-nya. Memang kebanyakan dari game mobile lebih menuntut gamer untuk melakukan grinding tapi di Contra, terasa sekali lebih melelahkan. Banyaknya item untuk melakukan upgrade dan luasnya sistem upgrade membuat kita terkadang bingung untuk mengumpulkan item.

Belum lagi terkadang ada beberapa item yang sulit untuk didapatkan sehingga menuntut ekstra kerja keras. Untuk menutupi kekurangan ini sebagian orang mungkin bisa berbelanja diamond sehingga melakukan upgrade menjadi lebih cepat.


Mungkin itulah review singkat dari Contra Return. Sejauh yang saya rasakan, sebagai game free to play, game ini layak mendapatkan sebuah apresiasi lebih. Konami dan Timi Studio benar-benar membuat game ini dengan serius dan terasa seperti game berbayar. Dengan update yang berkala, di masa depan mungkin lebih banyak lagi kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh game tersebut.

Untuk cita rasa, Contra Return masih mempertahankan cita rasa lawasnya!! Ini yang menjadi keistimewaannya.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU