Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Selain Belly yang sangat universal, ada juga mata uang di One Piece yang berbeda namun masih digunakan! Apa saja? Simak di sini!

Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Belly adalah nama mata uang yang universal digunakan di dunia One Piece. Meskipun begitu, ternyata ada mata uang di One Piece lainnya selain Belly!

Sebelumnya kita sudah pernah membahas 1 Belly itu berapa rupiah, yang bisa kamu baca di sini.

Nah sekarang kita akan membahas mata uang di One Piece selain Belly. Memang ada? Tentu saja ada. Sama seperti dunia nyata, mungkin Belly adalah penggambaran dari mata uang Dollar yang digunakan di beberapa negara.

Meskipun begitu, ada mata uang lain yang khusus digunakan di negara tertentu, contohnya jika kamu membeli sesuatu di Indonesia menggunakan Dollar, bukan dengan Rupiah, tidak bisa dong? Nah apa saja mata uang lain selain Belly di One Piece?

Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Karena tidak berada di daratan, serta terisolasi dari manusia di bawahnya, maka mata uang di sini juga berbeda.

Bukan Belly, namun Extol yang digunakan sebagai nilai tukar barang di Skypiea. Kelompok Topi Jerami saat masuk ke Skypiea dianggap sebagai imigran gelap, karena di "pintu masuk", mereka tidak bisa membayar 1 Milyar Extol. Akibatnya mereka dikenakan denda dan harus membayar 70 Milyar Extol agar status kriminalnya dicabut.

Berapa kurensi Extol ke Belly? 10.000 Extol sama dengan 1 Belly, yang membuat 70 Milyar Extol menjadi 7 Juta Belly. Tentu saja itu adalah uang yang besar dan Sanji saja sampai marah karena uang segitu bisa digunakan untuk membeli banyak beras.

Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Satu lagi negara yang terisolasi dari dunia One Piece, yaitu Wano. Negeri Wano juga memiliki mata uangnya sendiri.

Di sini bukan menggunakan Belly, melainkan emas, atau bahasa aslinya adalah kin (きん) yang juga berarti emas.

Pertama kali muncul di chapter 915, mata uang di Wano ini diumumkan oleh seseorang untuk siapapun yang berani menantang Urashima dalam pertandingan Sumo.

Hadiah bagi mereka yang bisa mengalahkan Urashima adalah 500 emas. Belum diketahui nilai tukar dari emas ke Belly, namun karena 500 emas itu bisa dijadikan hadiah (yang pastinya besar jika ada orang yang berpartisipasi demi Sumo ini) maka kurang lebih Belly memiliki nominal yang lebih besar.


Masih ada mata uang di One Piece lainnya selain Belly yang mirip dengan mata uang di Naruto! Apa itu? Cek di halaman kedua!

Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Lagi-lagi negara yang menggunakan mata uangnya sendiri adalah negri yang memang terisolasi dari dunia luar, yaitu Amazon Lily.

Memangnya apa mata uang di sini? Karena mereka tidak tahu dengan dunia luar, mata uang di sini adalah Goru.

Tidak diketahui banyak tentang mata uang ini, selain fakta bahwa Goru adalah mata uang di One Piece selain Belly, namun hanya berlaku di Amazon Lily.

Karena tidak diketahui banyak, maka nilai tukarnya tentu saja juga tidak diketahui, ya.

Tak Selalu Dipakai! Ini Mata Uang Selain Belly di Dunia One Piece!

Ada episode spesial dari One Piece yang memiliki latar tempat dan cerita seperti era Edo lama di Jepang.

Jika kamu belum menonton, episode tentang bos Luffy ini berada setelah episode 253.

Karena berlatar di jaman Edo, maka bukan Belly biasa yang digunakan di sini, melainkan Ryo Belly.

Ryo adalah mata uang lama dari Jepang sebelum era Meiji, yang berbentuk koin, dan hanya koin saja atau plakat emas, sama seperti Ryo Belly di One Piece.

Uniknya, Ryo juga nama mata uang yang digunakan di latar dunia Naruto. Mungkin kalau Naruto, karena dunia Ninja jadi masih menggunakan mata uang lama, meskipun sudah ada yang kertas, tak hanya koin.


Itulah mata uang di One Piece selain Belly yang pernah digunakan, dan tiga dari empat masih digunakan! Bagaimana menurutmu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU