Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Dari yang baru kamu tonton musim ini sampai serial paling populer sejagad, tidak ada yang bisa lolos!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Setiap anime pasti punya pesan moral yang diusung di balik segala kerja keras tokoh utamanya. Tapi akibat berbagai sebab dan alasan, tentu saja ada anime yang melenceng dari pesan moralnya berkat alasan tersebut!

Kerap, alasan ini adalah berupa serialnya yang berjalan terlalu panjang sehingga nyaris tidak terlihat memiliki tujuan akhir lagi, atau karena konflik utamanya yang selesai terlalu cepat. Kadang malah problema ini lahir murni gara-gara penulis cerita tersebut lupa sama pesan awalnya!

Berkat kekeliruan seperti ini, jelas saja kalau tidak jarang daya tarik yang mengajak para fansnya untuk menyukai anime ini sedari awal tahu-tahu hilang berkat bagian anime yang melenceng tersebut. Apa sajakah contoh anime yang terkena problema ini? Lihat saja di sini!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Benar, Naruto adalah salah satu anime yang melenceng dari pesan moral utamanya, di mana kerja keras dijamin menciptakan hasil yang hebat! Mulanya kita ikut bersimpati kepada Naruto karena ia adalah yatim piatu yang begitu keras dalam mengejar mimpinya sebagai Hokage!

Akan tetapi, hal tersebut ternyata memiliki sisi yang aneh, apalagi ketika kita melihat dari sang tokoh utama sendiri. Naruto, bagaimanapun juga masihlah anak Hokage Keempat dan seorang Jinchuuriki Kurama. Ia sudah memiliki kekuatan besar itu dari awal, dan ia masih berani bicara tentang kerja keras dan semacamnya!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Tsubasa mengatakan bola adalah teman, tapi terbukti kalau kamu bisa jago tanpa menjadikan bola sebagai temanmu! Ada yang tampaknya salah di dalam serial ini ketika komiknya terus berlanjut sampai tamat, dan itu adalah betapa tidak konsistennya isi komik ini terhadap pesan moralnya!

Di luar Jepang, Schneider, Santana sampai Diaz tidak memerlukan slogan tersebut untuk menjadi jago luar biasa dan selebay Tsubasa untuk dapat mencapai kehebatan yang setara dengan pesepakbola Jepang serba bisa itu. Jelas sekali motivasi Tsubasa semakin terlihat sebagai ceracau orang gila ketimbang pemain polos dan idealis!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Goku boleh berbicara tentang karma baik, melindungi bumi dan semacamnya, tapi ia bahkan tidak memegang cermin dan melihat keluarganya sendiri! Alih-alih mengajarkan tetang kekuatan dan tanggung jawab yang baik, anime yang sudah melenceng nan ngawur pesan moralnya ini menunjukkan hubungan keluarga yang rusak!

Saking buruknya Goku sebagai seorang ayah bagi Gohan, lelaki itu mementingkan latihan dan bertarung di atas segalanya! Sampai-sampai, jelas sekali Gohan melihat Piccolo sebagai seorang figur orang tua yang jauh lebih perhatian dibandingkan sang ayah!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Bleach hanya omong besar tentang sahabatlah yang membuatmu kuat dan sejenisnya, tapi beberapa episode kemudian dan pesan itu ambruk begitu saja! Apakah hal ini berarti Tite Kubo adalah seorang penipu besar?

Setelah beberapa episode kemudian, identitas sebenarnya kedua orang tua Ichigo Kurosaki pun terungkap, dan mengubah persepsi tentang kekuatan Ichigo untuk selamanya. Yang lebih parahnya lagi, ayah Ichigo ternyata adalah seorang Shinigami tangguh dan ibunya merupakan seorang Quincy!

Di halaman sebelah, contoh-contoh anime yang melenceng dari pesan moralnya akan semakin mengejutkanmu!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Gurren Lagann adalah sebuah anime yang mengedepankan tentang persahabatan dan menjadi diri sendiri. Memang, mereka tepat sasaran tentang persahabatan dan kepercayaan melalui dinamika Simon dan Kamina. Tapi, apakah pesan moral kedua tetap bertahan di dalam serial ini? Jawabannya adalah tidak.

Simon merupakan seorang anak yang naif dan takut untuk mengambil keputusan. Ketika Kamina yang terus mengingatkan Simon dalam percaya padanya yang percaya kepada Simon tewas. Dari tahun ke tahun yang ada justru Simon semakin berubah mendekati Kamina, dan di pertempuran terakhir malah menjadi Kamina kedua!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Gundam selalu menjadi garda terdepan anime dalam menggaungkan pesan anti perang, tapi sungguh luar biasa ironis kalau ia justru makan dari perang demi perang yang dihadapi setiap karakternya! Di satu sisi, ini memang menguntungkan bagi siapapun yang terlibat dalam proyek ini, tapi hei! Secara eksternal, Gundam terlihat konyol!

Dengan segala pesan anti perang tersebut, Gundam justru memiliki salah satu fans mainan paling loyal akibat model mesin-mesin perangnya! Sampai-sampai, hal ini juga disindir oleh Yoshiyuki Tomino lewat anime Gundam 0080: War in The Pocket. Apakah ini berarti fansnya yang pura-pura tidak tahu demi kelangsungan perang selanjutnya?

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

One Piece adalah kartun tentang kekuatan persahabatan. Tapi ada satu prinsip yang gagal ia lakukan dengan konsisten di dalam cerita tersebut, dan ia adalah Marshall D. Teach yang menjadi seorang Shichibukai, Yonko, dan mungkin Raja Bajak Laut berikutnya!

Blackbeard adalah tokoh yang memiliki kamerad, koneksi, dan menjadi musuh yang sangat mengerikan untuk Monkey D. Luffy. Hal ini hanya membuktikan bahwa kekuatan persahabatan juga berlaku tidak hanya bagi orang-orang yang bijak, tapi juga kepada orang-orang jahat dan bermasalah!

Di halaman terakhir, kamu akan menemukan tiga lagi anime yang seolah terlihat baik, tapi kenyataannya luar biasa bermasalah dalam pesan moralnya!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Sebagai sebuah anime yang mengedepankan kekuatan kartu dan bermain untuk bersenang-senang dan sportivitas, Yu-Gi-Oh! GX adalah satu tamparan keras terhadap seluruh serial ini karena ia adalah salah satu dari anime yang melenceng jauh dari pesan moralnya!

Bagaimana bisa? Yu-Gi-Oh! GX memiliki dunia yang bergantung pada permainan kartu ini. Dan Judai sama sekali buta dan masa bodo dengan pesan moral ini kalau ia menyadari betapa permainan kartu tersebut sudah mempengaruhi pergerakan politik, ekonomi, dan kehidupan sosial penduduk di dunianya!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Bapak Inuyashiki Ichiro memiliki prioritas yang luar biasa bermasalah, begitu juga komikusnya. Tentu saja, gara-gara pesan moralnya serial ini secara instan langsung tidak terlihat konsisten sama sekali dalam eksekusinya, terutama dalam idealisme bapak Inuyashiki sendiri!

Yang membuat serial ini luar biasa bermasalah adalah bagaimana ia memperlakukan pesan 'setiap orang layak untuk mendapatkan kesempatan kedua' sementara para Yakuza di sekitarnya mati. Memang, mereka adalah para kriminal, tapi sang antagonis yang ikut menyelamatkan dunia, Hiro, justru adalah pembunuh massal!

Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Khusus untuk kasus yang ini justru ia lebih gemar menipu penggemarnya sedari awal! Asobi Asobase adalah contoh utama di mana pesan moralnya sendiri dikhianati oleh niat asli penciptanya! Berkat tiga orang anak SMP badung yang menjadi tokoh utama anime ini, pesan moral tersebut dikubur hidup-hidup di dalam liang lahat!

Memang, pada awalnya mereka diperkenalkan sebagai sebuah seri di mana permainan-permainan ringan seperti suit bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, tapi kemudian kamu menyadari kalau semua orang yang hidup di dunia anime ini entah tidak punya akal sehat, atau saling menghancurkan hidup satu sama yang lain!

Tapi, seolah membalikkan stereotipe anime persahabatan umumnya, persahabatan trio Hanako, Kasumi, dan Olivia terjalin brutal tapi nyata, tidak jauh berbeda dengan masa SMP di dunia nyata yang penuh hal-hal sableng.

Apa lagi anime yang melenceng pesan moralnya yang kamu ketahui? Bagikan pendapatmu tentang anime-anime masa kini lewat kolom komentar!

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU