JK Rowling Ungkapkan Nagini Berasal dari Indonesia!

Bener gak sih?? Ini penjelasan dari Rowling!

Warner Bros menayangkan trailer final Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Salah satu yang menjadi perbincangan seru adalah kemunculan Nagini.

Karena dalam trailer ini, Nagini yang merupakan ular betina yang mengabdi kepada Lord Volder… eh… You-know-who, ini justru berwujud manusia perempuan ras Asia. Seorang netizen dari twitter Jen Moulton memrotes casting ini.

Namun ternyata JK Rowling sendiri menanggapi dengan fakta yang tak terduga. Ya, karena Nagini berasal dari Indonesia!

Dari akun resmi JK Rowling menanggapi begini:

The Naga are snake-like mythical creatures of Indonesian mythology, hence the name ‘Nagini.’ They are sometimes depicted as winged, sometimes as half-human, half-snake. Indonesia comprises a few hundred ethnic groups, including Javanese, Chinese and Betawi. Have a lovely day 🐍

Naga adalah mahluk mistik berbentuk seperti ular dari mitologi Indonesia, nama Naga menginspirasi nama ‘Nagini. Mereka biasanya memiliki wujud bersayap, terkadang setengah manusia, setengah ular. Indonesia sendiri terdiri atas ratusan etnis, termasuk Jawa, China, dan Betawi. Semoga harimu menyenangkan 🐍

Tidak disangka, JK Rowling memiliki wawasan Indonesia dan ini menginspirasi mitologi di dunia Harry Potter! Tentunya ini merupakan hal yang menarik bagi fan Harry Potter, terutama di Indonesia.

Selain itu, Duniaku.net menemukan fakta bahwa tadinya artis Indonesia lah yang akan memerankan Nagini berwujud manusia ini! Beberapa fakta menarik Nagini di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald adalah sebagai berikut

1

Nagini

nagini

Nagini adalah ular betina yang sangat besar yang dimiliki Lord Voldemort dalam kisah Harry Potter. Dengan memilikinya, You-know-who terbukti merupakan keturunan Salazar Slytherin karena bisa berkomunikasi dengan ular. Dengan menjadi horcrux, membuat Nagini merupakan pengabdi paling berharga bagi You-know-who.

Pengabdi You-know-who ini sendiri bukanlah Animagus yang bisa mengubah wujud kembali ke manusia sesuka hati. Ia melainkan seorang Maledictus. Maledictus adalah individu yang darahnya dikutuk dan menyebabkan mereka berubah jadi binatang buas. Inilah yang membuat Nagini berada di kelompok Circus Arcanus sebagai pertunjukan dalam film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

2

Naga

Seperti yang dijelaskan JK Rowling, Nagini terinspirasi dari Naga mitologi Indonesia. Naga yang terkemuka di Indonesia bisa dibilang berasal dari mitologi Bali dan Jawa yaitu Antaboga.

Salah satu gambaran Naga dari Jawa bersumber pada sebuah buku primbon Jawa yang dikutip dari twitter Herman Saksono.

Anataboga atau Anantaboga adalah seekor ular raksasa di mitologi Bali. Ia diceritakan pada awal mitologi, pada penciptaan dunia. Pada suatu saat Antaboga bermeditasi dan kemudian menjadi seekor penyu bernama Bedawang.

Dalam pewayangan Jawa, Antaboga adalah raja ular yang hidup di dasar bumi yang mengasuh Wisanggeni. Perwujudannya adalah naga dengan mahkota memakai badhong berambut dan memakai baju [biasanya berwarna merah] serta mengenakan kalung emas.

Ada pula yang menyatakan bahwa Antaboga adalah tali energi yang menghubungkan manusia melalui cakra mahkota dengan Sang Maha Pencipta. Pemahaman ini dikenal dikalangan para penganut spiritual kejawen.

Dalam pewayangan, Batara Anantaboga berwujud ular raksasa bersayap dan bermahkota. Ia adalah ayah dari Nagagini yang berwujud manusia perempuan. Nantinya Nagagini akan menikah dengan Bima dari Pandawa, dan memiliki keturunan bernama Antareja.

2

Kenapa castingnya bukan orang Indonesia?

Jika Nagini berasal dari Indonesia, mengapa casting-nya bukan orang Indonesia? Sebuah fakta lainnya terungkap bahwa sebelum diperankan oleh Claudia Kim yang merupakan aktris Korea, tadinya pengabdi You-know-who ini akan diperankan oleh orang Indonesia!

Hal ini diketahui dari penelusuran instagram Acha Septiarasa. Pada 10 April lalu terungkap bahwa ia sebenarnya mengikuti casting di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Mereka membutuhkan wajah Asia untuk memerankan yang ia sebut sebagai Maledictus, The Snake Beast.

View this post on Instagram

Ketika mengandung Brie di usia ke – 2 bulan, di siang hari aku mendapat sebuah email dr Casting agency di London, sebuah kesempatan yg langka email yang masuk itu panggilan casting dari casting director Fiona Weir yang mencari talent untuk film yang di beri judul sementara " voltaire " strictly confidential . script datang dalam sebuah portal yang bisa di download hanya dalam 2 jam saja, dengan menggunakan password yang mereka bisa confirm dari email si penerima saja, tulisan terms and condition nya pun lengkap dengan tanda tangan calon pembaca script, tertulis screenshot is forbidden will automatically logged out. Saat itu peran yang aku baca sebagai Natalie berdialog dengan Charles, berada di rooftop kota paris, sebuah karakter yang rapuh yang bisa menjelma menjadi siluman. Hahahahah agak clueless sbenernya karakter fantasy apa ini? Setelah casting dari bulan Februari sampe April, bulan Juni baru di berikan kepastian apakah role yang selama ini dimainkan itu. Dan ternyata .. *drumRoll* It's a Fantastic Beast : The Crime of Grindelwald. Sebagai maledictus, The snake beast . Dengan kondisi hamil menuju 7 bulan, Kesempatan itu terlewat dengan datang nya Brie ke dalam hidup ku, harapan ku, semoga mimpi itu akan datang kembali suatu saat nanti, datang dari seluk beluk rahasia Nya, yang menyapa lewat keajaiban- keajaiban. #herestotheonesWhodream #foolishhearts Banyak orang yang bilang dalam meniti karir itu, Tidak hanya butuh tampang, bukan hanya bakat, bukan hanya beruntung, tapi harus Tepat, tepat dan spesial , kesempatan itu datang once in a Life time. Or they Gone, just like the wind blows.

A post shared by Jelita S Kharisma (@septriasaacha) on

Acha Septiarasa juga memposting visual image dari peran yang dicari. Menurut penjelasannya, Maledictus adalah ratu ular dari Kalimantan Indonesia.

https://www.instagram.com/p/BhlIuhSAnil/?taken-by=septriasaacha

Acha Septiarasa mundur dari casting ini karena sedang mengandung anaknya Brie yang saat itu memasuki usia kehamilan tujuh bulan.

Bagaimana menurutmu mengenai fakta Nagini dari Indonesia di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald? Yuk kita share, tag, dan beri komentarmu di sini!

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial