6 Hulk Ini Bukan Bruce Banner Lho! Siapa Saja Ya?

Enam identitas asli Hulk di daftar ini bukan Bruce Banner! Siapa dong?

Identitas sejati Hulk adalah Bruce Banner.

Mau versi film yang diperankan oleh Eric Bana, Edward Norton, maupun Mark Ruffalo, semuanya selalu memperlihatkan Bruce Banner sebagai alter ego Hulk.

Namun ada lho Hulk yang bukan Bruce Banner. Siapa saja? Ini dia enam di antaranya!

1

Jennifer Walters (She-Hulk)

Jennifer Walters adalah seorang pengacara. Dia ini juga sepupu dari Bruce Banner.

Suatu hari, Jennifer ditembak oleh anggota mafia. Saat dalam perawatan, Jennifer membutuhkan transfusi darah. Karena tidak ada donor, Bruce Banner pun menyumbangkan darah.

Masalahnya? Darah Banner jelas-jelas sudah memiliki radiasi Gamma permanen. Pada akhirnya Jen pun berubah menjadi She-Hulk.

She-Hulk lalu menjadi salah satu pahlawan andalan di dunia Marvel. Karena Jen lebih bisa mengendalikan diri dalam wujud She-Hulk ketimbang sepupunya, ia bahkan bisa lebih sering ditemukan sebagai anggota Avengers ketimbang Banner di komik.


CONTINUE READING BELOW

Terlalu Overpowered?! Ini 6 Hulk Terkuat di Sejarah Komik Marvel!

Kamu kira Hulk versi Marvel Cinematic Universe sudah kuat?! Hulk-Hulk terkuat dari komik ini lebih overpowered lagi! Ini daftarnya!


2

Thaddeus Ross (Red Hulk)

Kamu mungkin mengenal Thaddeus Ross sebagai salah satu musuh terberat Bruce Banner. Orang yang mati-matian memburu dan ingin menangkap Banner, meski Banner sendiri sering kali hanya ingin hidup damai.

Namun ternyata Ross kemudian justru berubah menjadi salah satu varian Hulk, yakni Red Hulk.

Yang mengubah Ross menjadi Red Hulk adalah kelompok supervillain Intelligencia. Ross sendiri didekati Intelligencia saat ia masih berduka atas kematian Betty Ross, putrinya.

Dalam wujud Red Hulk, Ross sempat menjadi ancaman. Dia mampu membunuh sesama monster di dunia Marvel, yakni Wendigo dan Abomination. (Abomiantion sendiri saat itu diketahui membunuh Betty Ross, jadi tak heran Ross mengincarnya).

Red Hulk bahkan sempat memperoleh kekuatan Power Cosmic dari Silver Surfer dan membunuhi tokoh seperti Namor dan Doctor Strange. Untungnya kematian-kematian ini tidak permanen.

Hulk versi Doc Green lalu menghilangkan kekuatan Red Hulk dari Ross.

3

Robert Maverick (Red Hulk)

Kalau kamu mengikuti komik Marvel, kamu mungkin tahu kalau ada juga versi Red Hulk yang berkumis.

Bukan, itu bukan Red Hulk Ross yang akhirnya memiliki kumis juga dalam wujud Hulk. Itu adalah Robert Maverick.

Mirip dengan Ross, Maverick tadinya adalah seorang perwira tentara. Dia memiliki pangkat jenderal.

Dengan alat khusus bernama Hulk Plug-In, Maverick pun bisa menjadi Red Hulk.

Seperti Ross, Maverick bisa dibilang masih mempertahankan akalnya sebagai Red Hulk. Dia pun dapat mengkombinasikan kemampuan taktisnya sebagai jenderal dengan kekuatan khas Hulk.

4

Amadeus Cho (Totally Awesome Hulk)

Pernah ada insiden di mana Hulk menyerap radiasi berlebihan. Bahkan nyawa Banner pun terancam karenanya.

Amadeus Cho, yang biasanya dikenal sebagai salah satu orang paling genius di dunia Marvel, menggunakan nanomachine spesial untuk memisahkan Hulk dari Banner.

Cho lalu memasukkan Hulk ke dalam dirinya… dan dia pun menjadi Hulk baru, yang disebut juga sebagai Totally Awesome Hulk.

5

Betty Ross (Red She-Hulk)

Di halaman sebelumnya, disebutkan kalau salah satu faktor Thaddeus Ross ingin menjadi Hulk adalah kematian Betty Ross.

Betty memang seharusnya mati karena kanker karena darah yang diberikan oleh Abomination.

Namun Betty kemudian dihidupkan kembali oleh musuh Hulk, The Leader.

Betty Ross pun menjadi Red She-Hulk. Dari awalnya supervillain, Red She-Hulk beralih menjadi anti-hero yang terlibat dalam beberapa alur penting.

Termasuk Fear Itself di mana Red She-Hulk sempat menggunakan senjata Asgard.

6

John Eisenhart (Hulk 2099)

John Eisenhart adalah Hulk dari era berbeda.

Di tahun 2099, Eisenhart adalah seorang eksekutif dari Lotusland Production. Dia meneliti Knights of Banner, kelompok pemuja Hulk.

Knights of Banner bereksperimen dengan sinar gamma untuk menciptakan Hulk baru. Namun setelah terjadi cekcok, Eisenhart justru melaporkan Knights of Banner ke polisi.

Pelaporan Knights of Banner ini kemudian berujung kepada pembantaian dan kematian banyak anggota kelompok. Eisenhart sampai merasa sangat menyesal atas pembantaian itu dan mencoba membantu Knights of Banner dalam perlawanan mereka melawan polisi.

Lalu perangkat gamma yang diteliti oleh Knights of Banner diaktifkan, mengenai Eisenhart. Eisenhart pun berubah menjadi Hulk 2099.


Itulah enam Hulk yang bukan Bruce Banner.

Gimana menurutmu? Apakah bentuk mereka lebih keren dari Hulk standar? Sampaikan di kolom komentar!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.