Setelah Sekian Lama, Sony Buka Crossplay PS4!

Nah, kalo begini kan lebih baik!

Gamer Nintendo Switch saja bisa main bersama dengan gamer XBOX One, Sony kapan? Setelah berbulan-bulan menunggu jawaban dari sang raksasa di bidang gaming, akhirnya Sony buka kesempatan bagi para pemain yang ingin merasakan serunya crossplay PS4.

Memiliki konsol yang berbeda bukan berarti kita tidak boleh bermain bersama, bukan? Industri gaming saat ini sudah semakin maju dengan semakin banyaknya pilihan game yang menghadirkan opsi untuk bermain multiplayer secara online.

Pada era Playstation 2 dan XBOX, jarang sekali kita menemukan game dengan opsi online multiplayer pada konsol milik Sony ini. Hanya ada sedikit game yang hadir dengan fitur online, dan bahkan ada beberapa game yang awalnya direncanakan akan memiliki fitur onlinelho!

crossplay ps4 - ffxi

Final Fantasy XI merupakan satu dari sedikit game yang hadir dengan fitur online di Playstation 2.

2006 yang lalu, Polyphony Digital sempat mengumumkan beta test untuk fitur online pada game mereka, Gran Turismo 4. Percobaan ini hanya bertahan selama 3 bulan saja dan tidak pernah digunakan lagi seterusnya.

Pada masa yang sudah modern ini, fungsi online sudah semakin maju. Tidak hanya para gamer bisa bermain dengan pemain lainnya yang memiliki konsol yang sama, fitur crossplay juga ditanamkan untuk beberapa game populer!

Crossplay memungkinkan pemain dari satu konsol untuk bermain bersama dengan pemain dari konsol kubu lawan dalam satu game yang sama, seperti yang diterapkan di Fortnite saat ini.


CONTINUE READING BELOW

Ikutan Mini Seperti NES! Sony Umumkan Playstation Classic!

Pernahkah kalian membayangkan Sony suatu saat nanti akan membuat versi mini dari konsol fenomenal mereka? Sony baru-baru ini mengumumkan mereka akan merilis versi mini dari Playstation pertama mereka yang dinamakan Playstation Classic!


Sebelumnya, mungkin kita sudah mendengar beberapa kasus mengenai Sony yang selalu menghindari permasalahan crossplay PS4. Hasilnya, seluruh game termasuk Fortnite sekalipun tidak mendapatkan fitur crossplay.

Lebih parahnya, pemain yang sempat memasukkan akun mereka di PS4 akan selamanya terkunci pada konsol tersebut! Para pemain PS4 yang ingin bermain Fortnite di Nintendo Switch dikagetkan dengan akun mereka yang hanya bisa digunakan pada konsol Playstation.

Hal ini tentu menuai banyak sekali rasa kesal dari para gamer. Nintendo dan Microsoft saja bisa akur, kenapa Sony tidak? Mungkin saja, Sony saat ini sudah kapok dengan banyak sekali respon-respon negatif yang mereka dapat.

Dari akun Twitter resmi milik Playstation, Sony akhirnya membuka fitur crossplay pada salah satu game battle royale yang tengah ramai dimainkan. Tidak hanya itu saja, Epic Games tengah memperbaiki akun-akun yang terkunci melalui update terbaru!

Tentu saja, hal positif ini mendapat sambutan baik dari para gamer. Bahkan, akun resmi XBOX memberikan sambutan positif untuk crossplay PS4 yang telah dinanti sejak lama ini!

Tentu saja, Fortnite bukanlah satu-satunya game yang mendapatkan fitur crossplay. Sony sendiri sudah merencanakan beberapa game yang akan mendapatkan fitur yang serupa.

Semoga saja, ini akan menjadi langkah yang positif untuk Sony. Tidak perlu lagi ada eksklusifitas, baik gamer maupun pengembang konsol tentunya harus bisa damai!

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.