13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Mati

Hayo, siapa yang di sekolah suka nyebar hoaks kalau Jeff Hardy sudah mati? Dia masih hidup, bro!

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Mati

Jeff Hardy rasanya adalah yang nama dikenal oleh penggemar lama maupun baru WWE. Di game WWF SmackDown!, dia dan Matt Hardy tampil sebagai tag team bergaya trendi dengan gaya-gaya akrobatik memukau.

Jeff Hardy masih berlaga di ring gulat hingga sekarang, meski memang sudah terasa dia mulai memasuki babak akhir kariernya. Penasaran dengan Jeff Hardy? Inilah fakta-fakta Jeff Hardy paling menarik! 

1. Menjadi pegulat sejak 1994

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Hardy Boyz mungkin dikenal sebagai duo tag team yang meroket mulai dari Attitude Era. Namun, tahukah kamu kalau Jeff Hardy sebenarnya sudah bergulat di WWE sebelum era itu?

Jeff sudah beraksi di WWE sejak tahun 1994, yang dikenal sebagai era New Generation. Di sana Jeff Hardy masih beraksi sebagai jobber, yakni pegulat yang masuk ke ring untuk dikalahkan dengan cepat (dan kadang brutal) oleh musuh mereka. Fungsinya untuk membuat musuh mereka terlihat kuat dan berbahaya. Lalu baru mulai 1998 Jeff Hardy dan Matt Hardy menjadi tim Hardy Boyz.

2. Pegulat berprestasi!

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Dalam kariernya, Jeff Hardy malang melintang di berbagai organisasi gulat. Contohnya adalah TNA, Ring of Honor, dan bergabung dengan All Elite Wresting (AEW) di tahun 2022.

Di setiap organisasi itu, ia minimal pernah meraih juara tag team. Kalau di WWE saja, Jeff Hardy sejauh ini tercatat pernah menjadi juara tag team delapan kali bersama Matt. Satu di antaranya adalah gelar juara WCW, yang diperolehnya saat WCW menyerbu WWE.

Di sepanjang tahun 2000, gelar juara tag team ini sering berpindah-pindah dari Hardy Boyz ke tim legendaris lain, Edge and Christian.

3. Nama aslinya Jeffrey Nero Hardy

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Dunia gulat pro itu penuh dengan tipu daya. Banyak pegulat yang dibilang saudaraan tapi ternyata bukan, seperti Kane dan Undertaker. Namun tenang, Jeff dan Matt Hardy memang beneran saudara kandung. Nama Jeff Hardy bahkan bukan nama panggung. Nama asli orang ini memang Jeffrey Nero Hardy.

Baca Juga: 10 Pegulat WWE dengan Bayaran Termahal, Jumlahnya Fantastis!

4. Pernah dikabarkan meninggal padahal hoaks!

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Anak-anak tahun 2000 hingga 2008 mungkin pernah mendengar hoaks Jeff Hardy mati. Penulis tidak tahu bagaimana kabar ini pertama kali beredar. Namun, dekade awal 2000 memang masa-masa di mana informasi internasional masih sulit, berhubung internet juga baru tersedia Telkomnet Instan dan kemudian Speedy.

Konfirmasi hoaks pun tidak semudah sekarang. Biasanya hoaks Jeff mati ini mengatakan kalau dia melakukan Swanton Bomb, gagal, lalu lehernya patah. Karena itu saat WWE tampil lagi di TV Indonesia, dia tidak ada. Namun itu salah. Jeff masih hidup sampai sekarang.

5. Sempat rehat dari WWE

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Jeff Hardy tidak terlihat di WWE dari tahun 2003 sampai 2009 karena alasan yang lebih sederhana. Bukan kematian, tetapi karena narkoba. Sekitar tahun 2003, performa Jeff menurun karena penggunaan narkoba terus-terusan. Dia juga menolak diperintahkan rehabilitasi.

Jeff juga tercatat sampai tidak hadir ke acara WWE, sebuah dosa yang dianggap sangat serius oleh organisasi yang satu itu. Pada akhirnya, dari tahun 2003 sampai 2009 Jeff pun beraksi di organisasi gulat independen.

Dia selanjutnya beraksi di Total Nonstop Action Wrestling (TNA), yang sempat menjadi organisasi gulat terbesar kedua di Amerika. Jeff lalu sempat kembali di WWE dari tahun 2009 hingga 2011. Namun, Jeff kemudian keluar lagi dari WWE dan kembali ke TNA.

6. Kembali ke ring pada Agustus 2011

https://www.youtube.com/embed/lwIrE6PBSx8

Dibanding WWE, TNA dikatakan lebih santai untuk urusan pelarangan narkoba. Semasa di TNA, tampaknya kondisi penggunaan narkoba Jeff sempat sangat buruk. Puncaknya, saat event Victory Road 2011, Jeff Hardy keluar menghadapi Sting saat dia jelas-jelas teler!

Sting pun harus mengakhiri pertarungan itu dengan cepat. Setelah itu, Jeff akhirnya mulai membaik. Sejak dia kembali ke ring di bulan Agustus 2011, penulis tidak menemukan ada keluhan mengenai penggunaan narkoba dari Jeff lagi.

Baca Juga: 5 Momen The Undertaker WWE Kembali dari Kematian, Ngeri-Ngeri Sedap!

7. Sempat berubah nama menjadi Brother Nero

https://www.youtube.com/embed/YbugMrlUAVE

Di TNA, Matt Hardy sempat menjadi "gila" dan menyebut dirinya sebagai Broken Matt Hardy. Tiba-tiba dia bicara dengan aksen aneh, dan dapat berkomunikasi dengan tokoh-tokoh sejarah... yang wujudnya menjadi jerapah, ikan, dan lain-lain.

Jeff sempat kalah bertanding melawan Broken Matt. Identitas Jeff pun katanya dihapus. Setelah itu, Jeff Hardy pun disebut dengan nama Brother Nero.

Yep, nama Brother Nero itu berasal dari nama tengah Jeff. Sepertinya yang dihapus Matt hanya nama depan dan belakang Jeff saja ya, hahaha. Brother Nero lalu kembali menjadi Jeff Hardy setelah dia balik ke WWE bersama Matt Hardy Maret kembali di Wrestlemania 33, di mana mereka langsung jadi juara tag team lagi.

8. Pernah juara dunia tiga kali di WWE

https://www.youtube.com/embed/UBMGJgLgFkE

Total, Jeff Hardy pernah menjadi juara dunia tiga kali di WWE. Dia pernah meraih gelar WWE di tahun 2008, setelah dia mengalahkan Edge. Dia meraih gelar World Heavyweight dua kali. Yang pertama diperolehnya dari Edge (lagi).

Namun, hanya bisa ia pertahankan dari April hingga Juni 2009 sebelum akhirnya CM Punk merebutnya. Jeff sukses mengalahkan Punk pada 26 Juli 2009, sebelum Punk kemudian mengambil lagi gelar itu di bulan Agustus 2009.

9. Daftar kejuaraan Jeff Hardy di WWE

https://www.youtube.com/embed/BJld8n5F4Kk

Berikut ini daftar kejuaraan Jeff Hardy yang didapatkan saat di WWE:

  • WWE Championship
  • World Heavyweight Championship (x2)
  • WWE Intercontinental Championship (X5)
  • WWE European Championship
  • WWE United States Championship
  • WWE Hardcore Championship
  • WWE Light Heavyweight Championship
  • WWE Smackdown Tag Team Championship
  • WWE Raw Tag Team Championship
  • WWE World Tag Team Championship
  • WCW Tag Team Championship

10. Penjualan merchandise-nya pernah mengungguli John Cena

https://www.youtube.com/embed/TllU6rw__J8

Di akhir tahun 2000-an, John Cena adalah bintang terbesar di perusahaan tersebut. Ia memenangkan beberapa Kejuaraan WWE dan menjual t-shirt, topi, rantai, dan lebih banyak barang dagangan dalam jumlah yang tak terhitung jumlahnya. Tidak ada yang bisa mendekati popularitas dan jumlah kaos yang terjual, sampai popularitas Jeff Hardy meledak pada tahun 2009.

Jeff Hardy mengungguli John Cena dalam barang dagangan pada tahun 2009 ketika dia memenangkan WWE dan World Heavyweight Championship. Ini adalah pertama kalinya dalam hampir satu dekade seseorang dapat menandingi John Cena.

11. Memiliki band

https://www.youtube.com/embed/cCb7Ec5cDys

 Jeff Hardy memiliki band bernama PeroxWhy?Gen dan ia berperan sebagai vokalis. Telah berdiri sejak 2003, Mereka telah merilis tiga album studio dan menghasilkan sejumlah lagu, termasuk musik TNA yang berjudul "Another Me". Ia juga menulis dan membawakan lagu "Obsolete", yang digunakan selama lagu "Broken Hardy's" di TNA.

12. Pernah membuat kerajinan gunung berapi

13 Fakta Jeff Hardy, Sempat Dikira Sudah Matidok. WWE/Jeff Hardy

Jeff sangat menyukai seni dan kerajinan sehingga dia pernah membuat gunung berapi buatan yang terletak di halaman depan rumahnya. Setelah itu, Jeff melompati gunung berapi dengan motorcross-nya.

13. Tersandung kasus DUI

https://www.youtube.com/embed/wyxlgirCnr0

Kasus DUI (Driving Under Influence) alias berkendara saat mabuk menjadi hal yang sering terjadi di mana pun, termasuk luar negeri. Pada tahun 2022, Jeff Hardy tersandung kasus DUI. Ternyata itu bukan kali pertama dia tersandung kasus DUI.

Selain DUI, ada dua hal lain yang dilanggarnya, yaitu berkendara padahal SIM-nya mati dan tidak adanya perangkat DUI interlock di mobil Jeff. Ini membuat karir gulatnya di AEW harus berhenti sementara. Dia harus benar-benar insaf kalau mau comeback.

Sejauh ini, karier Jeff Hardy memang sangat menarik, ya! Gimana pendapatmu soal pegulat yang satu ini? Sampaikan di kolom komentar!

Baca Juga: 8 Fakta Chris Benoit eks-WWE, Pegulat yang Tersandung Kasus Kriminal

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU