16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!

Kali ini kita akan membahas fakta Sanji dari berbagai sudut pandang, lho!

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!

Jika membahas karakter di anime dan manga yang jago memasak, pasti akan muncul satu nama yang paling ikonik, yaitu Sanji!

Karena hal itu, membahas 16 fakta Sanji sepertinya akan menarik. Kami akan membahas berbagai fakta dari Sanji, mulai dari yang berkaitan dengan dirinya di anime dan manganya, maupun yang Oda buat secara spesial dan tidak resmi hadir di anime dan manganya.

Ada apa saja fakta Sanji One Piece? Simak daftarnya di bawah ini! 

1. Fakta dasar Sanji

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!funimation.com/One Piece

Kita mulai fakta Sanji dari yang paling dasar, yaitu tanggal lahir dan umurnya saat ini. Sanji lahir dari pasangan Vinsmoke Judge dan Vinsmoke Sora pada tanggal 2 Maret, menjadikan Sanji sebagai orang dengan zodiak Pisces.

Umurnya sendiri, sebelum time skip dia berumur 19, dan setelah dua tahun dia berumur 21, sama seperti rivalnya sendiri yaitu Zoro, namun Sanji lebih tua beberapa bulan.

2. Seorang koki

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!dok. Toei Animation/ One Piece

Salah satu impian Sanji ialah menjadi seorang koki terkemuka. Dia akhirnya belajar memasak dari Zeff, koki profesional dari Pulau Baratie.

Sanji sempat menjadi koki di sebuah kapal normal. Selanjutnya, Sanji beralih menjadi koki Baratie setelah dia dan Zeff selamat. Kini, dia mengabdikan dirinya sebagai koki Topi Jerami. 

3. Kambing hitam keluarga Vinsmoke

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!crunchyroll.com/One Piece

Sanji terlahir di keluarga Vinsmoke. Meski begitu, karena intervensi ibunya, Sanji adalah satu-satunya yang tidak lahir dengan tubuh super. Sebagai gantinya, Sanji memiliki empati. Tak seperti Ichiji hingga Yonji.

Ini membuat Sanji sempat menderita di masa kecilnya, hingga akhirnya dia bisa kabur. Itu pun sebenarnya Vinsmoke Judge membiarkan saja Sanji kabur. 

Bahkan setelah ditolong oleh Sanji di Whole Cake Island, Vinsmoke Judge masih merasa kalau empati Sanji adalah kelemahan. 

Di sisi lain, Sanji pun tak suka keluarga Vinsmoke. Dia bahkan sempat tidak mau menerima Raid Suit. Namun, dia tidak masalah menggunakan teknologi itu untuk membantu teman-temannya. 

Baca Juga: Ini Peringkat Kekuatan 7 Kapten Armada Besar Topi Jerami di One Piece!

4. Masa lalunya benar-benar sulit

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!aminoapps.com

Kebanyakan karakter One Piece biasanya punya satu tragedi besar di masa lalu mereka. Seperti Zoro dengan kematian Kuina, Usopp dengan kematian ibunya, Nami dengan kematian Belle-mere.

Sanji ini ajaibnya punya sampai dua tragedi besar: saat dia ditindas, lalu dia begitu tak dianggap hingga dibiarkan saja kabur oleh ayahnya sendiri. Lalu, saat dia menjadi koki, ia terjebak dalam insiden yang berujung Zeff menyerahkan semua makanannya ke Sanji sementara Zeff makan kakinya sendiri.

5. Sejauh ini, ada saja alasan dia tidak puas dengan poster buruannya

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!aminoapps.com

Sejauh ini, Sanji selalu punya keluhan terhadap nilai buruannya. Mulai dari gambarnya malah jadi ilustrasi yang lebih mirip Duval ketimbang mukanya sendiri, hingga yang terbaru namanya di poster ditulis Vinsmoke Sanji. Padahal Sanji benar-benar masih benci keluarganya itu. 

Setidaknya, untuk poster terbaru ini Sanji masih senang karena nilai buruannya melebihi Zoro. 

6. Seharusnya dia dinamai Naruto

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!Sanji di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Sanji awalnya tidak ingin diberikan nama "Sanji" oleh Oda, melainkan nama yang berbeda, apa itu? Tadinya Sanji ingin diberikan nama "Naruto", berdasarkan alisnya yang melengkung.

Namun karena sudah ada tokoh Shonen Jump lain bernama sama, bahkan menjadi tokoh utama, karena itu Oda menggantinya menjadi Sanji.

7. Terinspirasi dari Steve Buscemi

https://www.youtube.com/embed/zOiw4x98nQM

Oda memang sering membuat karakternya berdasarkan tokoh dunia nyata yang memang sudah terkenal, nah bagaimana dengan Sanji?

Banyak penggemar yang salah mengira, mereka berpikir bahwa Oda membuat Sanji berdasarkan Leonardo DiCaprio, padahal bukan. Menurut Oda, Sanji bukanlah DiCaprio, melainkan aktor Steve Buscemi, terlebih dalam film Reservoir Dogs.

8. Satu-satunya anak Judge yang punya rambut pirang seperti ayah dan ibunya

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!Vinsmoke Judge di anime One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Dari 5 bersaudara Vinsmoke, fakta Sanji membuktikan hanya dirinya yang membawa warna rambut dari orang tuanya. Kenapa yang lain tidak dan justru memiliki warna rambut yang beragam?

Menurut Oda, kenapa saudaranya yang lain memiliki warna rambut berbeda karena perubahan genetik dari percobaan itu, sehingga warna rambut mereka berubah.

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!onepiece-treasurecruise.com

9. Arti istilah favorit Sanji

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!twitter.com/FUNimation

Sanji sering mengucapkan "Mellorine" ketika dia berbicara dengan seorang gadis. Kadang dia memanggil para gadis dengan ucapan tersebut, memangnya apa sih artinya?

"Mellorine" adalah sebuah es krim yang sebenarnya bukan es krim murni karena bisa menggunakan lemak hewani dan lemak nabati. Versi dub Amerika masih menggunakan ucapan ini, selain itu, kata "Nami-swan" juga digunakan di versi dub Amerikanya, mungkin mengambil swan untuk angsa, bukan swan dari -san.

10. Daya tahan tubuhnya terhadap penyakit tinggi

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!funimation.com/One Piece

Dalam manga One Piece bab 130, ada yang unik terungkap tentang fakta Sanji, dan juga fakta Luffy serta Usopp.

Luffy, Sanji, dan Usopp mengatakan bahwa mereka tidak pernah sakit seumur hidup mereka sampai saat ini, dalam artian sakit bukan karena disakiti, ya. Mereka bertiga bahkan mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengerti seperti apa rasanya sakit itu.

11. Petarung yang mengandalkan kaki

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!dok. Toei Animation/ One Piece

Sanji dikenal sebagai petarung yang tak memanfaatkan senjata apapun. Satu-satunya kekuatan tempur Sanji adalah kakinya. Pasalnya, dia berpendapat bahwa tangan adalah aset berharga yang sebaiknya dilindungi.

Gaya bertarung Sanji yang mengandalkan kaki membuatnya mendapat julukan sebagai "Kaki Hitam". Salah satu teknik andalannya ialah Sanji-Rou.

12. Salah satu dari Trio Monster Topi Jerami

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!Diable Jambe Sanji. Dok. Toei Animation

Meski hanya mengandalkan kakinya, harus diakui bahwa Sanji merupakan salah satu anggota terkuat dalam kelompok Topi Jerami. Dia bahkan menjadi salah satu dari Trio Monster bersama Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro.

13. Sanji tidak mau menyakiti wanita. Ia bahkan tidak mau menyakiti wanita di game sekalipun

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!crunchyroll.com/One Piece

Fakta Sanji mengatakan bahwa dia tidak akan pernah menghajar wanita, mau itu menendang, atau memukulnya, dan dia benar-benar memegang teguh fakta ini.

Jangankan di anime atau manga, di dalam game saja yang memang harusnya pemain bisa menggunakan Sanji untuk menghajar lawannya, Sanji tetap tidak akan menghajar karakter wanita!

Contohnya di game Pirate Warriors, jika kamu memilih karakter Sanji, dan di dalam area itu ada musuh wanita, maka akan muncul peringatan bahwa Sanji tidak bisa menghajar wanita, lalu diberikan pilihan apakah ingin tetap lanjut atau mengganti karakter.

Seandainya ada musuh wanita, bagaimana mengatasinya? Kamu bisa menghindari musuh wanita itu, namun jika tidak bisa (misalnya kapten atau boss), maka kamu bisa menggunakan bantuan side karakter lain.

14. Prioritas Sanji

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!nerdycooldad.com

Setiap orang pasti punya urutan pemikiran prioritas di kepalanya, misalkan kamu mengurutkannya seperti mandi, makan, berangkat, istirahat, bermain, dan tidur. Sanji juga punya urutan prioritas, namun urutannya sangat unik, dan diungkapkan oleh Oda di kolom SBS.

Apa pikiran yang diprioritaskan Sanji? Ini adalah urutannya berdasarkan dari yang paling terpenting, yaitu wanita, memasak, memasak, Nami-swan, Robin-chwan, dan pertemanan. Dia menggunakan masak dua kali.

15. Golongan darah Sanji

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!newsmov.biz

Sanji memiliki golongan darah yang unik dan berbeda dengan anggota Topi Jerami lainnya, memang apa golongan darah Sanji?

Golongan darah Sanji adalah S dengan RH- (negatif). RH adalah Rhesus, dan ada juga di dunia kita (detailnya bisa kamu cari tahu sendiri, ya). Sebenarnya ada yang bergolongan darah S di Topi Jerami, yaitu Usopp dan Robin, namun keduanya memiliki Rhesus RH+ (positif), sehingga berbeda dengan Sanji.

16. Kalau tidak jadi bajak laut, dia akan jadi karyawan salon

16 Fakta Sanji One Piece, Si Koki Alis Melengkung dari Topi Jerami!crunchyroll.com/One Piece

Jika kelompok Topi Jerami bukanlah Bajak Laut, kira-kira pekerjaan mereka apa, ya? Menurutmu Sanji jadi apa? Tukang masak? Ternyata kamu salah! Menurut SBS, Sanji akan menjadi karyawan di salon kecantikan. Entah dia yang akan menjadi penata rias atau hanya karyawan saja.

Itulah 16 fakta Sanji One Piece, si tukang masak dengan alis melengkung dari Topi Jerami. Kamu suka Sanji? Silakan tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Artikel pertama ditulis 2 Mei 2020 diperbarui dan dirilis ulang pada 17 November 2023 dengan tambahan 3 fakta Vinsmoke Sanji One Piece.

Baca Juga: 9 Anggota Topi Jerami One Piece Menjelaskan Cara Menghindari COVID-19!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU