10 Ungkapan Dalam Bahasa Korea yang Sering Didengar

Kalau kita biasanya sering ngomong oh my god, ternyata ada ungkapan dalam Bahasa Korea yang serupa loh.

Sering gak sih mendengar para K-Popers mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Korea seperti ‘omo!!’, ‘aigoo’, atau ‘oppa~’ ? Hampir di setiap saat, fans genre Korean Pop ini selalu sempet-sempetin ngomong beberapa ujaran itu.

Tidak hanya tiga ungkapan itu saja, masih banyak ungkapan lain yang mungkin belum pernah kamu dengar! Hmm, sebenarnya apa sih artinya?

Berikut Duniaku.net bahas 10 ungkapan terkenal dalam Bahasa Korea!

Kaja~


CONTINUE READING BELOW

Pedas Banget! Berani Coba 5 Makanan Korea ini?

Buat kamu yang suka pedas, mungkin kamu harus coba makanan Korea berikut.


1

Annyeong (안녕)

Sumber: SBS

Kata yang satu ini adalah yang paling mendasar. Mau itu di percakapan sehari-hari di drama Korea ataupun lirik lagu, biasanya kata annyeong selalu didengar.

Annyeong dalam Bahasa Korea bisa diartikan sebagai salam ‘hai’, ‘halo’, maupun ‘selamat tinggal’.

Tapi jangan sampai salah! Kata annyeong merupakan ujaran informal yang sering kali diucapkan kepada teman seumuran atau kepada mereka lebih muda dari kita. Karena umur di Korea itu sangat penting, jangan sampai salah mengucapkan sebuah kata ya!

Jika berbicara dengan yang lebih tua atau orang jabatan lebih tinggi (bos), ucapkanlah an-nyeong-ha-se-yo atau mungkin an-nyeong-ha-shim-nik-ka (bentuk lebih formalnya lagi) agar memberikan kesan sopan.

2

Gomawo (고마워)

Sumber: Koreaboo

Kalau tadi salam ‘hai’ sekarang giliran ucapan terima kasih! Gomawo diartikan sebagai ‘terima kasih’ dalam Bahasa Indonesia.

Saat menerima bantuan atau diberi sesuatu, orang Korea biasanya mengucapkan gomawo.

Sama seperti annyeong, ucapan terima kasih juga memiliki tingkatannya sendiri. Kalau kalian sering mendengar kata kam-sa-ham-ni-da yang diartikan sebagai terima kasih, kata tersebut merupakan bentuk lebih formal dari gomawo.

3

Ottokhae (어떸해)

Sumber: Amino Apps

Kalian yang sering nonton drama Korea pasti sudah tidak asing dengan kata ini.

Ottokhae kalau dalam Bahasa Indonesia artinya semacam ‘duh!! Bagaimana ini!’. Ungkapan ini biasanya diucapkan ketika seseorang bingung harus melakukan apa.

Jadi secara spontan mereka yang bingung ngapain pasti ngomong Ottokhae!

4

Daebak (대박)

Sumber: Pinterest

Melihat sesuatu yang keren, bagus, atau menakjubkan orang Korea sering mengucapkan daebak! Secara harfiah daebak diartikan ke dalam Bahasa Inggris sebagai jackpot atau big success.

Kata daebak menggambarkan ekspresi terkejut yang serupa dengan arti wow!

5

Mianhae (미안해)

Sumber: We Heart it

Mianhae..

Kata ini berarti ‘maaf’ dalam Bahasa Indonesia. Kalau melakukan kesalahan tanpa disengaja, orang Korea otomatis bilang mianhae. 

Perlu diingat juga kalau ‘maaf’ di Korea tidak terbatas pada mianhae saja. Ada kata lain seperti che-song-ham-ni-da yang artinya juga sorry! Sama seperti kata ‘halo’ dan ‘terima kasih’, tingkat kesopanan kata juga berlaku untuk ujaran satu ini.

6

Omona (오모나)

Sumber: Beyond Hallyu

Bingung, kesal, marah, sedih, terkejut, biasanya kita mengucapkan Oh My God! 

Nah, ternyata Korea juga punya versinya sendiri. Omona alias OMG menandakan kesan terkejut bagi yang mengucapkannya.

7

Aigo (아이고)

Sumber: Quietly

Biasanya ibu-ibu di drama Korea sering banget ngomong aigo. Sebenarnya nggak terbatas sama mereka aja sih, tapi aigo diartikan sebagai ekspresi saat tidak bisa mempercayai suatu kondisi tertentu.

Walaupun kesannya sama seperti omona, aigo lebih cenderung kepada situasi yang negatif saja.

8

Oppa (오빠)

Sumber: Twitter

Kalau lihat idol Korea ganteng, otomatis dipanggil oppa. Mau itu lebih muda atau lebih tua, sebut aja oppa!

Tapi nggak semua laki-laki di Korea sebenarnya bisa dipanggil oppa, karena artinya sendiri adalah kakak laki-laki. Oppa kalau di Indonesia artinya ‘kakak laki-laki’ dalam kondisi seorang perempuan lebih muda yang mengucapkannya.

Kalau misalnya yang ngomong sesama laki-laki maka sebutannya berubah menjadi hyung.

Begitu pula berlaku untuk sebutan kakak perempuan. Jika yang memanggilnya sama-sama perempuan maka kata yang cocok digunakan adalah unnie dan kalau laki-laki maka kata yang digunakan berubah menjadi noona.

9

Saranghae (사랑해)

Sumber: anoncraft.com

Mungkin ini adalah kata ter-cheesy di antara semua kata sebelumnya. Saranghae adalah ungkapan kasih sayang yang disampaikan.

Kalau Bahasa Inggrisnya disebut I Love You, dalam Bahasa Korea ngomongnya saranghae.

Mau itu saranghaeyo, saranghamnida, atau saranghae semuanya bermakna sama yaitu ‘aku mencintaimu’!

10

Kaja (가자)

Sumber: Kpopmap

Mengajak seseorang pergi, orang Korea mengucapkan kata kaja! Di Indonesia, kaja sama artinya dengan ‘ayo’ atau let’s go dalam Bahasa Inggris.

Selain itu, kaja biasanya juga dibarengi dengan kata ppali yang artinya ‘cepat’. Jadi kalau orang Korea mau mengajak pergi temannya tanpa berlama-lama lagi, mereka akan mengatakan ‘ppali kaja!’

Nah, sudah bertambah kan kosa kata ujaran Korea nya?



Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Natassha

Hobby nonton film Marvel dan Korea-Koreaan. Paling demen pilih role support di game! ps. Masih belajar dan sangat terbuka untuk kritik dan saran (natasshasung@gmail.com)