Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri!

Bukan, bukan cuma dia hobi makan donat doang. Inilah kelemahan-kelemahan Charlotte Katakuri yang bisa dimanfaatkan untuk mengalahkannya!

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri!

One Piece episode 856 akhirnya menyajikan dengan epik dan penuh warna pengungkapan mengejutkan soal Charlotte Katakuri.

Yep, Katakuri memang sebenarnya hobi makan donat. Dia juga bukan sosok sempurna yang bahkan tidak pernah merebahkan diri, itu sih hanya bualan Brulee.

Meski begitu, seperti bisa kamu lihat kemudian, Katakuri tetap adalah petarung tangguh yang sulit dikalahkan.

Sebenarnya apa saja sih kelemahan Charlotte Katakuri? Dari yang sudah terungkap di manga sejauh ini, inilah beberapa di antaranya!

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri! sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Sebenarnya, yang membuat Katakuri menjadi sulit sekali dikalahkan oleh Luffy adalah mereka bertarung di situasi duel.

Dalam kondisi seperti ini, Kenbunshoku Haki dari Katakuri sepenuhnya tertuju untuk mengantisipasi gerakan-gerakan Luffy.

Namun kejadian di pernikahan Sanji menegaskan kalau Kenbunshoku Haki Katakuri sebenarnya bermasalah jika dia harus memperhitungkan situasi chaos.

Ada momen di mana Katakuri dapat memperhitungkan Pudding akan menangis, namun ia tidak bisa mengetahui alasannya.

Ada juga momen di mana Katakuri sudah melihat akan terjadi kekacauan, namun ia tidak dapat mencegahnya.

Memang, pada akhirnya Katakuri dapat mengatasi keterkejutannya lalu membantu menangani upaya pembunuhan Big Mom, namun tetap saja, ini menunjukkan kalau Katakuri bisa dikejutkan dalam situasi perang besar, di mana terlalu banyak yang harus ia perhitungkan.

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri! sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Penulis juga mendapati kalau sepertinya kelemahan Kenbunshoku Haki Katakuri adalah: dia dapat memprediksi satu hal dengan akurat, namun jika terjadi serangan susulan tepat kemudian, ia tak bisa bereaksi.

Ini pada dasarnya alasan kenapa Snake Man Luffy dapat merepotkan Katakuri. Katakuri dapat melihat serangan pertama datang, namun serangan kedua lalu datang sebelum ia bisa memprediksinya.

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri! sumber: dokumentasi duniaku.net (one piece episode 856)[/caption]

Mau Katakuri, mau Luffy, mau siapa pun, kunci untuk tetap bisa menggunakan Kenbunshoku Haki ya satu: ketenangan diri dan fokus.

Selama fokus terjaga, pengguna Kenbunshoku Haki minimal dapat memprediksi alur serangan musuh. Jika kekuatan dan kecepatan musuh mereka masih sesuai perhitungan, si pengguna Kenbunshoku Haki pun bisa mengatasinya.

Katakuri sudah melatih dirinya untuk tenang selama bertahun-tahun. Bayangkan saja begini, umur Katakuri sebenarnya 48 tahun. Sejak kecil dia sudah harus memendam emosinya demi keluarganya.

Namun tetap ada tiga hal yang bisa menggoyahkan fokus Katakuri:

-Hobi makannya ketahuan. Ini ditunjukkan di One Piece episode 856.

Sebenarnya dulu Katakuri tidak peduli hobi makan dan rahangnya kelihatan. Namun karena kejadian tertentu, dia pun menyembunyikan dirinya untuk melindungi saudara-saudaranya.

Sekarang, bila hobi makannya terpergok, dia pun murka dan kehilangan fokus.

-Rahangnya diejek. Sama seperti hobi makannya, dulu Katakuri tidak peduli rahangnya diejek. Namun karena ia sekarang sudah menyembunyikannya begitu lama, topik ini pun jadi sensitif untuk Katakuri.

-Ada anggota keluarganya yang dibahayakan. Ini kurang terlihat memang, namun Katakuri menjadi tegar dan kuat untuk melindungi adik-adiknya. Penulis merasa kalau keluarganya diancam, Katakuri akan naik pitam.

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri! sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Mau tahu hebatnya Luffy?

Luffy sebenarnya bisa memanfaatkan semua kelemahan Charlotte Katakuri itu untuk menghancurkan fokus musuhnya dalam duel.

Ia bisa menyandera atau menyerang Brulee untuk membuat Katakuri murka. Namun dia hanya menculik Brulee sebentar, lalu kembali lagi untuk berduel. Ia tidak pernah mengancam Brulee secara langsung.

Luffy tidak pernah mengejek rahang Katakuri maupun hobi makan Katakuri. Malah Flampe, adik Katakuri, yang mengejek rahang kakaknya.

Luffy ingin melawan Katakuri di puncak kekuatannya. Jadi itulah yang dia lakukan.

Penulis merasa Luffy juga respek kepada kekuatan Katakuri. Ia tidak memandang kelainan Katakuri sebagai hal lucu, seperti dulu dia menertawakan suara Pica.

Karenanya, meski Luffy sendiri tahu betapa pentingnya fokus untuk Kenbunshoku Haki, dia tidak memanfaatkan kelemahan Charlotte Katakuri ini dalam duel.

Bisa Dikalahkan, Sebenarnya Ini Kelemahan Charlotte Katakuri! sumber: dokumentasi duniaku.net (one piece 893)[/caption]

Ini sebenarnya juga kelemahan Charlotte Katakuri.

Kalau dia sudah merasa pertarungan melawan musuhnya adalah duel terhormat, maka ia akan menghormati musuhnya.

Saat dia tahu kalau Charlotte Flampe diam-diam menyerang Luffy, hingga Katakuri bisa menusuk Luffy dengan mudah, Katakuri pun menusuk perutnya sendiri untuk menyeimbangkan keadaan.

Kemungkinan besar, ini juga salah satu alasan kenapa Katakuri kemudian bisa kalah dari Luffy. Karena luka yang ia buat sendiri ini.

Luffy sih juga terhormat. Namun kalau melawan musuh yang lebih licik, sifat mulia Katakuri ini bisa dimanfaatkan untuk merugikannya.


Itulah yang penulis rasa sebagai kelemahan Charlotte Katakuri paling menonjol.

Untungnya, dia tetap adalah petarung tangguh. Selama Katakuri tidak melawan seorang laksamana atau kapten Yonko, penulis merasa ada kemungkinan dia akan tetap menang meski kelemahannya dieksploitasi.

Gimana menurut kamu? Setuju gak tiga hal di atas adalah kelemahan Charlotte Katakuri? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU