7 Fakta Cicada 3301 (Puzzle Pertama), Misteri di Internet yang Belum Terungkap!

Meskipun puzzle pertamanya sudah selesai bertahun-tahun lalu, namun fakta Cicada 3301 ini membuktikan bahwa misteri internet ini belum selesai! Bisa kamu pecahkan misteri ini?

Cicada 3301 adalah sebuah misteri di internet yang sampai saat ini masih tetap menjadi misteri, namun tetap ramai dibahas di sana sini. Karena itu, untuk Kamis Mistis kali ini Duniaku Network akan membahas fakta Cicada 3301 dan segala misterinya.

Memang ada apa saja yang bisa dibahas dari fakta Cicada 3301? Ternyata untuk sesuatu yang masih misterius, Cicada 3301 memiliki banyak hal yang bisa diangkat dan dibicarakan.

Jadi, ada apa saja fakta dari Cicada 3301? Fakta yang akan kamu lihat di bawah ini adalah fakta Cicada 3301 misteri atau puzzle pertama yang muncul di internet. Meskipun pertama, namun akhirnya masih penuh misteri! Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini!

1

Awal Kemunculan

sumber: dokumentasi duniaku.net

Kapan tepatnya Cicada 3301 muncul di dunia internet? Kemunculan pertama pada tanggal 4 Januari 2012.

Kemunculan pertamanya adalah di website 4chan yang memang terkenal juga memunculkan berbagai macam misteri.

Misteri tersebut awalnya mengharuskan para “peserta” untuk memecahkan misteri dari gambar atau logo yang diberikan, dan dengan memecahkan misteri ini, akan membuka jalan bagi mereka untuk bertemu dengan si pecnipta misteri ini.

2

Awal Nama

sumber: dokumentasi duniaku.net

Fakta Cicada 3301 mengatakan bahwa nama “Cicada”, itu diberikan oleh para peserta dan pengguna internet, bukan dari nama resminya.

Nama resminya sendiri atau inisial dari pengirim misteri ini adalah 3301. Nama Cicada sendiri muncul dari logo yang ia miliki, dan itu adalah hewan Cicada.

Hewan ini masih satu keluarga dengan jangkrik dan ngengat, meskipun memiliki bentuk yang relatif berbeda.


CONTINUE READING BELOW

Fenomena Phoenix Lights, Penampakan UFO Paling Jelas dalam Sejarah!

Di dalam sejarah manusia, ternyata ad asatu buah penampakan UFO yang sangat jelas dan menghebohkan penduduk, yaitu fenomena Phoenix Lights! Apa itu? Simak faktanya di sini!


3

Misteri Pertama

sumber: dokumentasi duniaku.net

Sebelum meluas menjadi urban legend di internet, misteri pertama Cicada 3301 terasa cukup sederhana.

Misterinya hanya muncul dalam bentuk tulisan berwarna putih, dengan latar berwarna hitam secara total.

Untuk isi misteri pertamanya sendiri bisa kamu lihat dalam gambar di atas. Bagiamana menurutmu? Bisa kamu pecahkan misterinya? Tulis di kolom komentar, ya

4

Dibuat dengan Rapi

sumber: dokumentasi duniaku.net

Seorang peserta yang mencoba memecahkan misteri ini akhirnya membuka gambar tersebut menggunakan editor text, WordPad. Dari situ, muncul sebuah sandi caesar yang berisi:

TIBERIVS CLAVDIVS CAESAR says “lxxt>33m2mqkyv2gsq3q=w]O2ntk”

Sandi tersebut dipecahkan dan menghasilkan sebuah URL atau link, ketika URL-nya dibuka di internet, justru lompat ke sebuah gambar bebek karet yang bisa kamu lihat di atas, dan memiliki pesan: “WHOOPS ini hanyalah umpan. Sepertinya Anda tidak bisa menebak bagaimana cara menyampaikan pesan.”

Dari sini membuktikan bahwa pembuatan misteri in dibuat dengan sangat rapi!

5

Nomor Telepon

Setelah beberapa misteri dari Cicada 3301 dipecahkan, terutama dari gambar bebek di atas yang ternyata membutuhkan aplikasi Guessout untuk memecahkannya, benang merah mengarahkan misteri ini pada sebuah nomor telepon yaitu (214) 390-9608.

Ketika seorang peserta dari misteri ini menelpon ke nomor tersebut, muncul pesan baru, yang mana pesannya bisa kamu dengar dalam video YouTube di atas.

Jika kamu dalam kondisi tidak bisa membuka YouTube, tenang saja, akan penulis buat versi teksnya yang sudah penulis artikan ke bahasa Indonesia, yaitu:

“Sangat bagus. Anda telah melakukannya dengan baik. Ada tiga bilangan prima yang terkait dengan gambar akhir asli .jpg. 3301 adalah salah satunya. Anda harus menemukan dua lainnya. Kalikan ketiga angka ini bersama-sama dan tambahkan .com di ujung untuk menemukan langkah selanjutnya. Semoga berhasil. Selamat tinggal.”

6

Sabar Adalah Kuncinya

sumber: dokumentasi duniaku.net

Apa maksudnya ini? Untuk fakta keenam ini, kita akan merangkum misteri pertama sampai selesai, jadi siap-siap untuk fokus, ya.

Setelah telepon di atas, misteri terus ditelusuri, dan sampailah kita ke petunjuk berikutnya. Setelah gambar yang diperintahkan melalu telepon itu bisa dipecahkan, menghasilkan sebuah URL, dan dari sini menuju sebuah website yang berisi hitungan mundur selama tiga hari kedepan, dengan pesan di dalamnya yang berisi:

“Anda telah melakukannya dengan baik sampai sejauh ini. Sabar adalah kuncinya. Kembali lah lagi ke sini pada hari Senin, tanggal 9 Januari 2012 pukul 17:00 UTC”

Setelah tiga hari berselang, tepatnya setelah hitungan mundur itu selesai pada tanggal 9 Januari 2012, di website itu muncul koordinat GPS dari 14 lokasi berbeda di seluruh dunia, yang berada di kota Warsaw, Seoul, Paris, Sydney, Hawaii, Miami, New Orleans, dan Seattle.

Setiap partisipan yang berada di masing-masing lokasi, menemukan satu hal yang sama, yaitu sebuah kertas berisikan QR code, dengan logo Cicada yang khas itu. QR code itu membawa para peserta menuju URL baru dan misteri baru.

Dari URL baru ini, terus berakar menuju misteri baru sampai satu bulan kedepan! Bagaimana dengan akhirnya jika misteri ini hanya selesai dalam waktu sebulan?

7

Akhir Misteri Pertama dan Pembuka Misteri Berikutnya

sumber: dokumentasi duniaku.net

Setelah satu bulan misteri ini ramai dibahas di mana-mana, akhirnya Cicada 3301 muncul kembali di 4Chan sambil memberikan pesan yang berisi:

“Kami sekarang menemukan orang cocok yang kami cari. Dengan demikian perjalanan kita selama sebulan berakhir. Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya apa yang kami lakukan, kami sangat mirip dengan * think tank * di mana fokus utama kami adalah meneliti dan mengembangkan teknik untuk membantu ide-ide yang kami dukung kebebasan, privasi, keamanan.”

Tentu saja dengan ini misteri berakhir, meskipun begitu orang-orang masih bingung dengan pesan ini. Dari pesannya sendiri mengatakan bahwa dia sudah “memilih” satu orang dari partisipan yang mungkin paling dekat mengejar misteri ini, atau bahkan berhasil memecahkannya.

Cicada 3301 dari pesannya seperti merekrut orang tersebut, meskipun begitu, tidak ada partisipan yang mengaku bahwa mereka diundang bergabung dengan Cicada 3301, atau mereka hanya tidak berkata jujur?

Di sisi lain, banyak yang percaya bahwa Cicada 3301 adalah cara CIA untuk merekrut anggota baru, di mana anggota itu sudah terbukti memiliki keahlian pemecahan misteri yang hebat.

Setelahnya, banyak akun-akun palsu yang menciptakan misteri palsu juga, sambil membawa-bawa nama Cicada 3301. Sampai akhirnya, pada tahun 2014 hadir misteri terbaru dan menggunakan metode yang terbukti sama persis dengan Cicada 3301 yang pertama. Seperti apa misteri yang kedua? Mungkin bisa kita bahas di kesempatan berbeda.


Itulah 7 fakta Cicada 3301 dalam misteri pertama yang sudah berlangsung sejak 2012 dan sudah selesai itu. Menurut penulis sendiri ada dua kemungkinan. Pertama, fakta Cicada 3301 mengarahkan ke sebuah perekrutan, bisa jadi memang sebuah organisasi besar seperti organisasi pemerintah memang mencari anggota baru, dan pesan terakhir itu bisa menjadi jawabannya.

Kemungkinan kedua, bisa saja ada sekelompok orang iseng, namun sudah membuat misteri yang sangat rapih dan memang ingin menjadi kontroversi di internet. Meskipun begitu, mereka benar-benar terorganisir dan berada di berbagai belahan dunia, karena lokasinya juga ada di berbagai negara.

Nah kalau menurutmu sendiri tentang fakta Chichada 3301 misteri pertama ini bagaimana menurutmu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya, dan kalau bisa, coba kamu buat spekulasi atau jawaban dari mister ini versi kamu sendiri, jadi jangan lupa untuk tulis di kolom komentar dan berdiskusi dengan orang lain, siapa tau bisa dipecahkan misterinya.

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.