Giga List! 26 Fakta SpongeBob Squarepants yang Mungkin Kamu Lewatkan!

Siapa yang tinggal di nanas di bawah laut? Yang jelas bukan kamu!

Ada banyak fakta SpongeBob yang mungkin kamu lewatkan di dalamnya. Tentu saja, kamu tidak perlu berkecil hati karena fakta SpongeBob memang sebanyak jumlah ikan di laut!

SpongeBob sendiri sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah Nickelodeon maupun kartun Amerika! Menampik bahwa SpongeBob hanya tontonan anak-anak semata sudah mustahil rasanya, karena ia sudah menjangkau berbagai macam kalangan!

Nah, kalau begitu, apa sajakah fakta SpongeBob dan produksi kartunnya sendiri? Kamu bisa simak fakta-fakta keren tentang SpongeBob Squarepants dan segala isinya yang telah kami kumpulkan menjadi 25 hal di bawah ini!

1

Mirip Nama Pel!

Sumber: Spongebob Wikia

SpongeBob Squarepants sempat dinamai SpongeBoy Ahoy, tapi SpongeBoy sudah merupakan merek dagang untuk sebuah produk pel. Akan tetapi, Stephen Hillenburg sang pencipta memastikan nama Sponge supaya anak-anak tidak salah mengiranya dengan keju!

2

Patrick Awalnya Sangar!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Ketimbang tetangga yang dungu tapi menggemaskan seperti yang kita kenal saat ini, Patrick Star mulanya diciptakan sebagai seorang pemilik bar yang sangar nan menyeramkan! Tapi kalau sosok tersebut sungguhan terjadi, kita tidak mungkin mendapatkan momen-momen terlucu di SpongeBob, bukan?

3

Kasihan yang Punya Kaki!

Ikan yang sering tersandung dan berteriak “Kakiku!” itu bernama Fred! Namanya baru dibocorkan di episode “Patty Hype” setelah beberapa teriakan “Kakiku!” kemudian!

4

Seleb Dilarang Masuk!

Sumber: Spongebob Wikia

Setelah Stephen Hillenburg berhenti mengurus SpongeBob Squarepants, Bikini Bottom kebanjiran selebriti seperti Will Ferrel, Williams, Johnny Depp, LeBron James, sampai Pink. Masalahnya, Stephen tidak ingin serial tersebut kedatangan selebriti supaya tidak dibanding-bandingkan dengan The Simpsons!

5

Hidup Sehat Dengan Burger Sayur!

Sumber: Binging With Babish (Youtube)

Ketimbang ikan, Hillenburg lebih condong memberi tanda-tanda kecil kalau resep sebenarnya Krabby Patty adalah sebuah burger vegetarian dari ganggang. Kalau bukan, jelas penduduk Bikini Bottom adalah hewan kanibal semuanya!

6

Ocean Man!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Stephen Hillenburg tidak menyukai artis komersil untuk mengisi lagu serial tersebut, dan bahkan menolak proposal The Flaming Lips untuk berkolaborasi dengan Justin Timberlake. Tapi siapa yang bisa menyalahkannya, kalau pada akhirnya kita mendapatkan lagu seperti ‘Ocean Man’?

7

Jamur SpongeBob!

Sumber: wikipedia.org

Di tahun 2011, ada sebuah jamur yang dinamakan seperti sang tokoh utama oleh periset San Fransisco State University, karena kemiripannya dengan spons air tersebut. Dan ketika mereka menyadari bahwa jamur yang ditemukan di Kalimantan tersebut mirip dasar laut yang terlapis tabung-tabung spons, namanya resmi menjadi Spongiforma squarepantsii!

8

Satu Kata, Satu Episode!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Editor cerita yang baru masuk ketika saga SpongeBob memasuki musim kedua, Merriwether Williams ditugasi untuk membantu para staf penulis untuk menggali ide cerita. Dan ia pun membagikan mereka esai Ray Bradbury yang berjudul Zen and the Art of Writing.

9

Satu Kata, Satu Episode pt. 2!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Salah satu hal menarik yang mereka temukan di dalam proses pencarian ide ini lahir dari permainan kecil yang mereka lakukan, “The Noun Game.” Williams mengajak semua penulis untuk menulis tiga sampai enam kata benda dalam kertas-kertas kecil. Kertas tersebut kemudian akan menjadi fokus dari draf mentah cerita mereka!

10

Duh, Dikira Propaganda!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Di tahun 2005 Focus on the Family, sebuah grup konservatif di Amerika Serikat bersama grup serupa lainnya menuduh sebuah video SpongeBob dan Patrick yang mempromosikan toleransi dan perbedaan justru merupakan sebuah alat propaganda gay.

Tapi hal ini tentu berbeda dengan ungkapan Hillenburg di tahun 2002 sebelumnya dalam sebuah wawancara bersama Wall Street Journal, kalau tokoh-tokoh tersebut justru aseksual, namun mereka semua bercerita tentang toleransi!

11

Baywatch Raksasa!

Sumber: rediff.com

Di versi layar lebarnya tentu kita pernah melihat David Hasselhoff muncul sendiri di akhir film. Dan patung tersebut memakan dana USD 100,000! Di tahun 2014, patung sebesar 13 kaki tersebut dilelang dengan harga awal USD 20,000!

12

Bapak Ganteng!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Dari SIM-nya sendiri, SpongeBob lahir pada tanggal 14 Juli 1986. Tentu meskipun sudah nyaris paruh baya, SpongeBob masih belum terlihat seperti bapak-bapak, bukan?

13

Sepupuku Piaraan Orang!

Sumber: Spongebob Wikia

Silsilah Patrick sendiri menciptakan hubungan yang mengerikan di antara SpongeBob dan teman bintang lautnya ini. Bagaimana tidak? Di satu sisi, saudara jauh Patrick justru adalah hewan piaraan SpongeBob, yang memberikan implikasi yang cukup tidak mengenakkan!

14

Akhir Dari Awal!

Sumber: Dokumentasi duniaku.netFilm layar lebar pertama SpongeBob di tahun 2004 seharusnya menjadi akhir dari serial tersebut. Setelah Hillenburg keluar dari tim kreatornya pasca film tersebut semua episode yang muncul di kemudian hari terjadi sebelum cerita film layar lebar tersebut!

15

Bikini Fallout!

Desain Krusty Krab diilhami dari sebuah jebakan lobster, dan Bikini Atoll adalah situs percobaan nuklir Amerika Serikat. Akibat ini, banyak spekulasi kalau sebenarnya penghuni Bikini Bottom adalah hasil dari limbah nuklir! Melihat tingkah-tingkah dan peradabannya yang terlalu maju, tampaknya alasan ini jauh lebih masuk akal.

16

Bikini Beneran!

Sumber: wexas.com

Sementara itu, Bikini Atoll sendiri merupakan lokasi dunia nyata di mana Bikini Bottom yang asli berasal. Tempat persisnya yakni di bawah Marshall Islands!

17

Tujuh Perkara Spongebob!

Sumber: Spongebob Wikia

Ada pula teori yang menyebutkan setiap tokoh utamanya merupakan representasi dari tujuh jenis dosa. Commentary Track di episode “Plankton” mengungkap bahwa Mr. Krabs melambangkan ketamakan, Sandy melambangkan kesombongan, Gary kerakusan, Squidward tentang amarah.

18

Spongebob Juga Tidak Lolos!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Tidak berhenti sampai di situ, Plankton melambangkan iri hati, Patrick mewakili kemalasan dan yang terakhir, SpongeBob sendiri, melambangkan hawa nafsu. Paralel dengan ketujuh dosa tersebut, bukan?

19

Istri Orang Adalah Istriku!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Pengisi suara Karen Plankton, Jill Talley merupakan istri pengisi suara SpongeBob, Tom Kenny. Apakah ini berarti Plankton memburu resep Krabby Patty gara-gara SpongeBob ketimbang Mr. Krabs? Ataukah justru Spongebob yang memata-matai rumah makan Chum Bucket melalui Karen?

20

Squid KW!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Tampaknya sudah bagian dari fakta SpongeBob  kalau Squidward justru seorang gurita ketimbang cumi-cumi. Selain dari terlihat begitu penuh, menggambar lebih dari enam tentakel jelas akan jauh lebih merepotkan rasanya! Bayangkan kalau Squidward adalah cumi-cumi sungguhan, kepala botak bundarnya yang ikonik jelas bakalan hilang!

21

Realistis!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Seperti layaknya seekor bintang laut, berat badan Patrick Star hanya dua ons saja, menurut kartu izin mengemudi yang dimilikinya. Tidak hanya itu, dibandingkan tokoh lainnya, justru Patrick adalah lulusan dari universitas umum meskipun terlihat seperti tokoh paling polos di SpongeBob!

22

Godfather Nickelodeon Saat Ini!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Hingga saat ini, SpongeBobs sudah jauh melampaui pendahulunya dalam urusan jumlah episode di Nickelodeon. Serial yang menjadi penyandang rekor ini sebelumnya adalah Rugrats dengan jumlah 172 episode!

23

Spongebob Penjaga Kebersihan!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

SpongeBob pernah menjadi bagian dari departemen perlindungan lingkungan kota New York dengan berkampanye terhadap anak-anak untuk menghemat air bersih!

24

CatSponge of The Townsville

Sumber: Nickelodeon

Fakta SpongeBob juga terletak pada pengisi suaranya, Tom Kenny! Ia juga mengisi suara Dog di kartun Nickelodeon lain, Catdog dan bapak walikota Townsville di serial Cartoon Network The Powerpuff Girls! Tentu saja, hal ini juga menjadi fakta kalau Tom Kenny memiliki kemampuan vokal yang sangat beragam!

25

Spons Aneh Tapi Lucu!

Sumber: bukalapak.com

Sebagai seorang ilmuwan kelautan, Hillenburg tertarik dengan spons alam karena ia adalah makhluk paling aneh di antara flora dan fauna yang hidup di lautan luas. Tapi, spons dapurlah yang menjadi asal dari desain utama SpongeBob yang sangat polos dan ter-kotak-kan!


CONTINUE READING BELOW

Giliran Ramai Aksi Seru! 10 Anime Musim Gugur 2018 Paling Dinanti!

Dalam daftar anime musim gugur 2018 ini, sebagian besar tayangannya didominasi oleh anime aksi! Apa sajakah anime yang wajib kamu tonton kali ini?


26

Spray Aroma Nanas!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Penciuman adalah indera yang sangat penting bagi hewan-hewan laut, makanya Stephen Hillenburg memutuskan untuk menciptakan nanas sebagai rumah SpongeBob. Menurutnya SpongeBob akan menyukai aroma dari rumah yang terbuat dari nanas!

Nah, apakah masih ada lagi fakta SpongeBob yang ketinggalan oleh daftar ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.