Tahu Gak? Ini Alasan Jagoan Superhero Gonta-Ganti Kostum Tiap Beda Film!

Ini nih analisis kami kenapa film superhero kok bajunya baru terus!

Bagi kamu fan jagoan superhero, baik misalnya dari Marvel maupun DC Comics, kamu pasti menyadari bahwa biasanya tiap beda film maka kostumnya akan berganti. Contoh saja misalnya Iron Man, dari Iron Man pertama hingga Infinity War ia selalu berganti kostum. Mengapa bisa begitu ya?

Pada dasarnya dunia film superhero, yang merupakan perpanjangan dari dunia komik superhero, merupakan sebuah industri. Mereka perlu menciptakan “produk” baru, update tren mereka, agar nilai jualnya selalu meningkat. Hal ini selain meningkatkan keuntungan, industri kreatif seperti ini akan senantiasa selalu bergairah dan bersaing ketat.

Tapi apa saja ya alasan jagoan superhero gonta-ganti kostum setiap ganti film? Duniaku.net akan mengulasnya!

1

Biar Kelihatan Upgrade

jagoan superhero

Sumber: ActionAGoGo.com

Makin banyak sekuel maupun prekuelnya, tentunya film superhero perlu kelihatan makin canggih. Hal ini bisa karena musuhnya semakin kuat, misalnya ketika Avengers lawannya Loki hingga melawan Thanos, juga karena alur waktunya semakin maju.

Tentunya bukan berarti kostum superhero mesti semakin canggih. Salah satu kasus pengecualian terjadi pada Spider-Man di Spider-Man: Homecoming di mana saat Peter Parker bajunya dilucuti Tony Stark, ia kembali menggunakan kostum handmade. Atau sebut saja Captain America di Avengers: Infinity War, yang jelas merupakan kostum Avengers-nya yang sudah kucel, dengan logo Avengers dan tanda bintangnya telah dicopot.

2

Biar Orang di Balik Layar ada Kerjaan

Sumber: MovieClips

Nah ini jelas dong, film lanjutan biasanya melibatkan orang baru, ataupun bisa juga orang-orang lama yang terlibat film sebelumnya. Mereka mungkin dibayar lebih mahal dari film sebelumnya. Sudah kadung keluar biaya, masa’ film berikutnya pakai kostum yang dipakai di film sebelumnya?

Dengan gonta-ganti kostum, orang di balik layar akan kembali berkreasi dengan desain, material, dan teknologi yang keliatan lebih baik dari film sebelumnya. Tentunya ini bisa membuat industri perfilman superhero terjaga gairahnya.

Contoh saja pada film Batman. Batman selalu update kostumnya, menyesuaikan dengan zaman juga  lawannya. Hal ini membuat desainer harus kreatif berkreasi, membuat kostum Batman yang semakin canggih namun masih lekat dengan nuansa sang Ksatria Kegelapan

3

Biar Produk Tie-In Terus Berproduksi

Sumber: RebelScum

Tidak hanya orang di balik layar, industri produk tie-in pun akan terus mengupdate produknya dengan kemunculan film baru. Produk tie-in seperti Hot Toys akan terus gencar update lini produk tie-in nya. Tentunya ini membuat keuntungan terus mengalir pada penjualannya.

Sebelum membuat produk baru, tentunya mereka mesti mengupdate rights/hak cipta untuk produk tie in di film berikutnya. Kecuali kalau mereka sudah mengikat kontrak membuat produk tie in beberapa tahun atau beberapa film sekaligus.

Ini tidak hanya berlaku pada mainan lho. Produk seperti pakaian, atau paket makanan sekalipun, bisa terkena imbas dari kostum superhero yang selalu bergonta-ganti. Tentunya ini juga akan membuat produsen produk tie-in selalu bergairah dalam industrinya.

4

Biar Gampang Ingatnya

 

Sumber: Spider-Man PS4

Terkadang film superhero ditayangkan kembali di televisi. Tentunya belum tentu informasi judulnya tersedia di layar. Namun jika kita ingat bagaimana kostum superhero di momen itu, tentunya kita akan mudah mengingat judulnya.

Contoh misalnya di televisi sedang tayang film Thor. Tapi ini film Thor yang mana ya? Jika kostum Thor masih terlihat berlengan panjang, berarti ini adalah film Thor yang pertama. Jika kostumnya seperti gladiator arena, berarti ini adalah Thor: Ragnarok.

5

Biar Kolektor Nambah Koleksinya

Sumber: IronManFanArt

Salah satu yang bisa ditunjukkan oleh seorang fan superhero tentunya dilihat sebagaimana lengkap koleksi superheronya. Tidak hanya mesti komik, sang kolektor bisa saja mengoleksi figure, juga produk tie-in lainnya.

Tentunya karena setiap film superhero akan gontag-anti kostumnya, ini akan membuat kolektor semakin bersemangat untuk melengkapi koleksinya.


Bagaimana menurut kamu mengenai alasan jagoan superhero suka gonta-ganti kostum?

Pada dasarnya sih penulis memang merasa alasan utamanya ya duit. Mulai dari studio hingga perusahaan mainan yang punya perjanjian merchandise pingin dapat untung mengandalkan figure, poster, dan lain-lain dari kostum baru sang pahlawan.

Menurut kamu gimana nih? Adakah pandangan berbeda?

Yuk kita share, tag, dan beri komentar kamu di sini ya!

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial