Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat!

Ini dia sosok superhero bagi para cosplayer!

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat!

"Dia itu harus selalu ada itu," ucap salah seorang cosplayer yang hadir pada Indonesia Comic Con 2018, JCC Senayan, Minggu (28/10/18).

Sosok pria berpakaian oranye dengan atribut di sekeliling tubuhnya memang selalu menarik perhatian pengunjung.

Beberapa kali orang-orang di sekitar terlihat berbisik sambil menunjuk pria yang berasal dari Jakarta ini.

Mungkin kamu sesekali pernah menjumpai figur 'Mang Darkos' atau 'Darurat Cosplay' di sejumlah event Cosplay Jakarta dan bertanya-tanya apa yang sedang dilakukan orang itu.

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat! Mang Darkos. Sumber: Dokumentasi duniaku.net[/caption]

"Darurat Cosplay itu adalah kegiatan di mana seorang repairer atau kayak saya yang memperbaikin lah gitu," ucap pria bernama asli Enrico.

Tanpa dorongan dari pihak manapun Mang Darkos sering kali datang ke event yang banyak dihadiri oleh para cosplayer.

Tujuannya hanya satu, membantu para cosplayer yang membutuhkan bantuan ketika ada masalah dengan kostum maupun atributnya.

"Baik robek ataupun patah dan sebagainya lalu kita akan bantu dengan bahan ataupun misalnya mereka minta dibantu untuk diperbaiki, kita (bersedia) bantu," jawab Mang Darkos.

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat! Mang Darkos memperbaiki atribut cosplayer. Sumber: Dokumentasi duniaku.net[/caption]

Pemilik akun Instagram @darurat.cosplay ini menceritakan bahwa inisiatifnya bermula dari ditemukan isu-isu seputar dunia cosplayer saat ia menghadiri pertemuan oleh komunitas CAIR (Cosplayer Airsofter Impersonator Reenactor) pada bulan Juli lalu.

Ketimbang duduk diam sambil berhadapan dengan masalah, Mang Darkos memilih untuk menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

"Saya mikir, daripada saya jadi bagian dari masalah gitu, saya mencoba untuk jadi bagian dari solusi." dirinya menjelaskan.

"Dengan adanya lintas fandom seperti ini jadi saya memutuskan ikut darurat cosplay untuk membantu teman-teman di hobby ini untuk menjalani hobi dengan baik," tambahnya.

Niat baiknya menjadikan setiap 'pasien' tidak perlu mengeluarkan sepeser pun sebagai imbalan reparasi kerusakan atribut.

Ia mengaku usaha para cosplayer dari segi modal, fokus, dan tenaga tidak setimpal dengan bantuan kecilnya.

"(Kalau) ada orang mau ikut kompetisi dan dia stress, tega banget saya sebagai (orang) yang dari komunitas yang sama nolong orang kok nge-charge gitu," Mang Darkos beralasan.

"Saya nggak mau nge-charge cosplayer baik itu di depan maupun di belakang," tambahnya

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat! Mang Darkos memperbaiki senapan cosplayer. Sumber: Dokumentasi duniaku.net[/caption]

Kehadiran pria yang satu ini di Indonesia Comic Con 2018 kemarin bukan merupakan kali pertama.

Sebelumnya, ia juga pernah datang di acara Pop Con Asia, Battle of the Toys, Anime Festival Asia, hingga South East Asia Cyber Arena minggu lalu.

"Saya (pertama) lihat (Darurat Cosplay) pas acara SEACA di Anggrek beberapa waktu yang lalu," ucap salah seorang cosplayer bernama Reza.

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat! Mang Darkos memperbaiki atribut cosplayer. Sumber: Dokumentasi duniaku.net[/caption]

Cosplayer Madoka Kaname ini merasa sangat terbantu dengan adanya Mang Darkos.

Ia mengatakan Mang Darkos menjadi penyelamat dalam keadaan darurat saat perlombaan cosplay sedang berlangsung.

"Makin sukses selalu, semoga bisa melaju ke tingkat nasional!" ucap Reza sambil menatapi atributnya yang sedang diperbaiki.

Kenalan Sama Mang Darkos, Penyelamat Cosplayer di Situasi Darurat! Mang Darkos bersama para cosplayer di ICC 2018. Sumber: Dokumentasi duniaku.net[/caption]

Terima kasih atas bantuannya Mang Darkos!

Gimana pendapat kamu soal jasa dari mang yang satu ini? Pasti berjasa banget di kala darurat dong ya. Sampaikan kesan kamu di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net agar kamu tidak ketinggalan kabar-kabar terbaru soal dunia event di Indonesia!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU