Analisis 3 Build Swordsman di Ragnarok M! Mana yang Cocok Buat Kamu?

Ada tiga build yang direkomendasikan oleh game untuk Swordsman di Ragnarok M! Mana yang paling cocok untuk kamu? Ini nih analisis kami!

Untuk kamu-kamu yang pingin main Ragnarok M namun khawatir dengan build tokoh kamu: ada berita baik dan berita buruk.

Sebenarnya, masing-masing job sekarang memiliki semacam alokasi skill otomatis.

Di status, kamu bisa melihat ada tombol build.

build swordsman ragnarok m

sumber: dokumentasi duniaku.net

Kalau kamu Swordsman seperti penulis, maka kamu bisa melihat tiga rekomendasi build Swordsman di Ragnarok M berikut ini.

build swordsman ragnarok m

sumber: dokumentasi duniaku.net

Bila kamu tipe yang lebih menyukai aksi ketimbang membangun karakter, tiga jenis build otomatis ini menurut penulis sudah cukup oke.

Setiap naik level, kamu tinggal pilih tipe yang kamu inginkan dan alokasi pun akan ditentukan.

Namun masing-masing build ini oke buat apa sih? Cek di bawah untuk membaca analisis tiga build Swordsman di Ragnarok M. 

Tank: Seperti bisa kamu lihat di atas, build Tank adalah yang alokasinya paling merata. 75 untuk Str, Agi, Vit, dan Dex.

Jelas, dibandingkan dua build lain, build Tank tidak memiliki potensi penghancur yang besar.

Posisi ini benar-benar dibangun untuk menjadi… ya… Tank di kelompok. Sosok yang berada di garis depan, menahan monster agar teman-temanmu bisa menghajar target.

Menurut penulis, yang memilih alokasi skill Tank benar-benar direkomendasikan bergabung dengan kelompok agar bisa maksimal. Ini bukan build optimal untuk kamu-kamu Swordsman yang ingin solo.

DMG: Berdasarkan informasi yang penulis dapat, skill kamu memang akan di-reset kalau berganti dari Novice ke job lain. Namun dari Swordsman ke job selanjutnya (Knight) nilai build kamu akan tetap bertahan.

Berdasarkan pertimbangan itu, build DMG ini bisa dibilang adalah build masa depan.

Build ini akan membantu kamu untuk menjadi Knight penyerang. Sosok yang menunggangi Pecopeco sambil menghajar musuh dengan tombak. Lihat saja rekomendasi skill Pierce dan Spiral Pierce, yang memang akan berguna saat kamu menggunakan tombak nanti.

Build Swordsman DMG cukup oke untuk digunakan bertualang solo.

Agi: Untuk kamu-kamu yang mengincar petualangan solo menjadi Kirito, penulis merasa build Swordsman Agi bisa cocok untuk kamu.

Dengan potensi critical dari peningkatan Luck dan kombinasi Str + Agi, kamu benar-benar bisa menjadi Swordsman tipe DPS yang bisa berjuang menghadapi rintangan solo.

Dengan build ini, kamu juga bisa memaksimalkan semua skill yang dimiliki oleh job Swordsman, tergantung dari senjata yang kamu gunakan.

Meski semua jenis Swordsman harus mengandalkan Potion atau Acolyte untuk bertahan hidup, tipe Agi ini juga adalah yang bisa bertahan lama, meski tanpa bantuan dari healer.

Terdengar sempurna? Mungkin. Namun siap-siap untuk berjuang, build Agi bisa terasa lebih berat dari dua build lain di daftar ini.


CONTINUE READING BELOW

Bingung Ganti Job di Ragnarok M Eternal Love? Gini Nih Caranya!

Apakah kamu termasuk yang bingung gimana sebenarnya ganti job di Ragnarok M Eternal Love? Kalau iya, baca nih artikel ini!


Itulah analisis penulis soal tiga build Swordsman di Ragnarok M.

Apakah tiga build Swordsman ini harus diikuti sepenuhnya? Tentu tidak. Toh, ini pada dasarnya adalah role playing game. Kalau kamu tidak mau terikat dengan tiga build di atas, kamu juga bisa mengatur build kamu sendiri.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar!

Untuk sekarang, kru Duniaku.net memang sedang mendalami Ragnarok M nih. Like fan page Duniaku.net agar kamu tidak ketinggalan info-info terbaru soal game ini!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.