Percaya Ga Ini Hasil Foto Smartphone? Begini Caranya!

Padahal cuma pake Hape, loh!

Menghasilkan sebuah foto dengan tingkat keindahan yang tinggi sering dianggap hanya bisa terwujud dari sebuah kamera canggih. Namun, percaya atau tidak, gambar utama pada artikel ini merupakan foto smartphone. Mau tahu bagaimana caranya?

Pada sebuah acara yang berlangsung di bilangan Tanjung Duren, Jakarta, Xiaomi mengajak saya untuk bertemu dengan salah seorang fotografer profesional. Acara tersebut digelar untuk membuktikan foto smartphone pun bisa bagus dengan beberapa hal yang wajib diketahui.

foto smartphone

Denny Chan (sumber: duniaku.net)

Fotografer Profesional yang diundang oleh Xiaomi untuk membeberkan beberapa poin penting di dunia fotografi itu adalah Denny Chan. Kegiatan itu pun membuat saya begitu bersemangat, terlebih ini saya bisa membagikan tips penting dalam menghasilkan foto smartphone dengan terbaik.

Bagaimana caranya untuk menghasilkan foto smartphone yang terbaik? Berikut ulasannya.

Menyadari Komposisi

foto smartphone

sumber: Photography Life

Di dalam dunia fotografi, Denny menjelaskan jika mereka yang ingin serius maka harus menyadari akan komposisi. Sebuah komposisi yang tepat dapat menghasilkan kualitas foto yang terbaik, bahkan bisa sangat dinikmati.

“Pada dunia fotografi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin menghasilkan foto dengan baik. Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah komposisi, karena saat digunakan dengan tepat, maka hasil foto akan menarik,” tutur Denny.

Dari sekian banyak komposisi yang dijelaskan olehnya, terdapat satu komposisi yang dapat digunakan untuk hasilkan foto smartphone dalam beragam kondisi. Komposisi yang dimaksud tersebut adalah Rules of Third.


CONTINUE READING BELOW

MSI Rilis Empat Notebook Baru di Event Indocomtech 2018

Laptop baru nih dari MSI! Ada empat laptop baru yang dirilis di Indocomtech 2018. Kualitasnya? Gak cuman gaming, tapi juga seri lain!


“Rules of Third merupakan komposisi yang bisa dibilang paling dasar. Intinya, Rules of Third itu dua garis yang saling melintang, yang bisa bantu fotografer untuk menghasilkan foto dengan posisi objek yang tepat,” tutur Denny.

Rules of Third merupakan dua garis yang saling melintang. Menurut Denny, saat menggunakan komposisi tersebut, objek harusnya berada pada titik persilangan diantara dua garis, atau di jarang antara kedua garis tersebut.

Menyadari Lightning

foto smartphone

sumber: duniaku.net

Nah, setelah sedikit memahami tentang Rules of Third, hal selanjutnya yang wajib dipahami untuk menghasilkan foto smartphone yang baik adalah lightning. Setiap foto yang asik dilihat tentu saja memiliki tingkatan lightning yang baik.

“Sebuah foto yang enak dilihat memiliki lightning yang tepat. Sang fotografer sangat wajib menyesuaikan tema foto dengan tingkatan lightning yang hendak dimanfaatkan. Dengan demikian, hasil foto akan jauh lebih sempurna,” tutur Denny.

Sayangnya, smartphone belum memiliki pencahayaan yang tepat. Walaupun hampir seluruh smartphone yang ada saat ini telah dibekali dengan LED Flash, namun pemosisian yang kurang tepat diakui Denny kurang menghasilkan foto yang sempurna.


CONTINUE READING BELOW

Review Huawei Nova 3i: Harga Hampir 4 Juta, Bisa Ga Main Game High FPS?

Salah satu pilihan smartphone menengah jatuh pada Huawei Nova 3i. Perangkat itu dijual dengan harga yang pantas menempatkannya di kelas menengah, namun bisakah memainkan game dengan FPS tinggi?


“Posisi flash dari smartphone bagi saya kurang tepat. Karena, hasil hanya akan memiliki satu sudut lightning saja, yakni dari depan. Namun, bukan berarti hasil foto smartphone yang dihasilkan tidak bisa sempurna,” tuturnya.

Dengan sedikit kreatifitas dan kesabaran, maka hasil foto yang dinginkan pun bisa terwujud. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan lampu belajar atau waktu yang tepat dari sudut sinar matahari.

foto smartphone

sumber: duniaku.net

“Lampu belajar bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan sudut pencahayaan yang tepat. Namun, jika tidak punya lampu tersebut, maka bisa juga memanfaatkan sinar matahari, hanya saja penentuan waktu yang tepat sangat dibutuhkan,”jels Denny.

Lightning pun menjadi hal yang disarankan Denny untuk dipelajari dengan sangat serius dan diawal pembelajaran.

Memahami Angle yang Tepat

foto smartphone

sumber: duniaku.net

Hal terakhir yang juga wajib dipahami oleh mereka yang ingin menghasilkan foto smartphone dengan baik adalah angle atau sudut. Dengan penentuan sudut yang tepat, maka hasil foto akan jauh lebih menarik untuk dilihat.

“Angle sering kali menjadi hal yang patut diperhatikan. Penentuan Angle pun sering kali menjadi penentu dari hasil foto yang ditampilkan. Maka dari itu, menentukan angle tidak boleh sembarangan, agar hasil foto pun semakin sempurna,” kata Denny.


CONTINUE READING BELOW

Review ASUS ZenFone 5Z RAM 8 GB: Bisa Jalanin Tiga Game Sekaligus!

Setelah lebih dari satu minggu saya menjalankan kesibukan bersama ASUS ZenFone 5Z RAM 8 GB, kini saatnya untuk mengulas hasil review perangkat tersebut. Hal mengejutkan pun berhasil saya temui, dan dijamin bikin nagih para gamer.


Dalam menentukan Angle, maka fotografer terlebih dahulu harus menentukan teman foto smartphone yang ingin mereka hasilkan. Setelahnya, maka angle bisa ditentukan dengan mudah, dan disesuaikan dengan tema yang dinginkan.

Contoh Hasil Foto Smartphone

foto smartphone

sumber: duniaku.net

Pada kesempatan itu, Xiaomi pun mengajak saya untuk langsung mempraktekan apa yang telah dijelaskan oleh Denny. Pihaknya pun membiarkan saya mempraktekan mengambil foto smartphone dengan menggunaqkan Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite.

Mi A2 merupakan smartphone yang dilengkapi dengan kamera ganda di bagian belakang, yang beresolusi 12 MP F/1.8 dan 20 MP F/1.8. Walau hadir dari smartphone kelas menengah, dengan teknik yang tepat, maka dapat menghasilkan foto smartphone yang menarik hati.


CONTINUE READING BELOW

Indocomtech 2018 Usung Tema “Technology for Everyone”

Hadir kembali tahun ini, pameran berbagai produk teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia yaitu Indocomtech 2018!


Sementara itu, Xiaomi Mi A2 Lite adalah smartphone yang juga berkamera ganda di belakang dengan resolsusi 12 MP F/2.2 dan 5 MP F/2.2. Yahng mengejutkan, hasil foto smartphone dari perangkat tersebut juga mengagumkan, pasalnya perangkat yang saya gunakan adalah Mi A2 Lite.

Berikut hasil foto yang bisa kalian nilai sendiri:


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.