Luffy Tak Punya Harapan Menang? Ini Bukti Ketangguhan Kaido!

Luffy wajib harus memperoleh Gear 5 atau Awakening nih! Kekuatannya sekarang belum cukup untuk melukai Kaido!

Kabar soal ketangguhan Kaido sebenarnya sudah melegenda.

Sebelum ini saja kita sudah tahu kalau Kaido mampu bertahan hidup dari banyak metode eksekusi. Bahkan lompat dari Pulau Langit ke daratan pun gagal membunuhnya.

Lalu One Piece 923 muncul, dan kita melihat sendiri bukti ketangguhan Kaido.

sumber: one piece 923

Di satu sisi, Luffy mampu menemukan “kelemahan” Kaido.

Bila menghadapi pasukan besar, atau melawan musuh jarak jauh, wujud naga Kaido mungkin kuat.

Namun menghadapi petarung selevel Luffy dari jarak dekat, wujud naga Kaido jadi terlalu besar untuk dapat digerakkan dengan baik. (Dia juga mabuk sih).

Tak tanggung-tanggung, wujud naga Kaido pun menerima rentetan serangan Gear 3 berlapis Haki sementara Kaido sama sekali tak bisa menyentuh Luffy.

Lalu Kaido menjelma menjadi wujud humanoid, dan ia justru terasa semakin kuat.

sumber: one piece 923

Penulis ingin kamu melihat baik-baik momen Luffy meninju Kaido, baik dari wujud naga maupun humanoid.

Luffy sudah jelas menggunakan Haki di setiap pukulannya. Saat Kaido menjadi humanoid, Luffy bahkan sekalian mengeluarkan Gear 4: Boundman.

Sementara itu Kaido? Bos Yonko ini tak terlihat menggunakan lapisan Haki untuk melindungi diri!

Yep, Busoshoku Haki bukan cuma untuk memperkuat serangan. Penggunanya juga bisa memanfaatkan jenis Haki ini untuk melindungi tubuh mereka.

Perlindungan Haki akan membuat tubuh mereka lebih kokoh, terutama jika musuh mereka tidak memiliki Haki yang lebih kuat.

sumber: powerlisting.wikia.com

Kalau kita lihat di versi manga ini, Kaido tak mengaktifkan Busoshoku Haki sama sekali dalam wujud naga maupun humanoid.

Namun apa yang terjadi? Kaido seakan tak kesakitan sama sekali, lalu ia bangkit dan mengatasi Luffy dengan satu serangan saja.

Padahal lihat, yang diserang Luffy memang bagian tubuh Kaido yang jelas-jelas kulit manusia, bukan bagian bertanduk atau yang bertato.

Jelas sudah, Luffy bahkan tidak cukup kuat untuk menyakiti tubuh Kaido yang tak dilapisi Haki!

Gimana Solusinya?

sumber: one piece episode 860

Yah, baru saja di episode 860 kita diingatkan kalau Haki akan menjadi semakin kuat di tengah-tengah pertarungan beneran.

Semakin Luffy melawan orang tangguh, semakin kuat pula dia.

Luffy saja ingin melawan Katakuri di wujud terkuatnya (bukan menunggu Katakuri kelelahan) karena Luffy ingin mengembangkan diri.

Penulis merasa nasihat Rayleigh di Whole Cake Island ini juga nantinya menentukan kemenangan Luffy dari Kaido. Bisa jadi dalam pertarungan ulang, Haki Luffy berkembang begitu kuat hingga dia – akhirnya – bisa membuat Kaido kesakitan.

Kalau memang begitu, maka ini perkembangan kekuatan yang vital untuk Luffy. Kenapa? Karena Big Mom, Shanks, Blackbeard, dan para laksamana Angkatan Laut masih tersisa untuk dia lawan. Kalau Luffy cukup kuat untuk menyakiti Kaido, maka ia juga seharusnya bisa menghajar Big Mom dan Akainu.

Jangan Melawan Kaido Sendirian?

sumber: one piece 923

Yaaa… tapi sebenarnya tingkah Luffy di 923 itu juga tidak bijaksana sih.

Kaido sudah dikatakan sebagai makhluk terkuat di udara, darat, dan laut.

Makhluk seperti ini memang tak sebaiknya dihadapi sendirian.

Kalau pukulan Luffy seorang tidak cukup untuk membuat Kaido kesakitan, berarti mungkin ia harusnya memang dikeroyok juga dengan tendangan Sanji, petir Nami, tebasan Zoro, dan seluruh kekuatan anggota Topi Jerami lainnya.

Setelah bab 923, penulis yakin kalau Kaido memang tak bisa dikalahkan dalam duel.

Nightmare Luffy II?

Untuk solusi cepat sih… Luffy bisa mencoba mencari Moriah (yang sekarang entah di mana) lalu menjadi Nightmare Luffy II.

Ada beberapa alasan kenapa strategi ini masuk akal. Rencana penyergapan di Onigashima toh akan berlangsung di malam hari. Moriah bisa saja memasukkan bayangan 5000 orang (yang direncanakan oleh Kin’emon) untuk memperkuat Luffy, lalu Luffy bisa mencoba menyelesaikan duel itu sebelum matahari terbit.

Soalnya… Moriah memang memiliki masalah dengan Kaido. Dan Oars punya kemiripan penampilan dengan Kaido.

Jadi bisa saja nanti kita akan melihat pertarungan Nightmare Luffy lawan raksasa lagi, namun Luffy lebih kuat dan musuhnya pun lebih kuat.

Terus gimana kalau Nightmare Luffy tidak cukup untuk menjebol ketangguhan Kaido? Atau Moriah memang tidak akan muncul di Wano?

Zoro, yang secara bodoh tidak terlibat konflik dengan Kaido karena nyasar, mungkin bisa jadi solusi terselubung juga. Dia toh sekarang memegang Shusui yang punya riwayat memotong naga.


Itulah spekulasi penulis soal ketangguhan Kaido dan bagaimana Luffy bisa menjebolnya.

Gimana menurut kamu? Gimana Luffy bisa mengatasi kulit tebal Kaido? Sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net untuk mendapat info baru soal One Piece.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.