Rampok Sejati! Inilah 6 Tips Job Rogue Ragnarok M: Eternal Love!

Banyak skill dari Ragnarok Online yang hilang? Sudah pasti waktunya untuk strategi baru!

Sekarang kamu sudah menjadi seorang Thief teladan, tapi apakah kamu mengira game ini sudah tamat? Tidak semudah itu, Ferguso! Masih ada cabang yang harus kamu lalui, dan kalau kamu memilih untuk ingin menjadi seorang pemain Job Rogue, kamu berada di tempat yang tepat!

Job Rogue punya dua keuntungan, karena kamu bisa banting setir menjadi seorang pemanah atau menjadi pemukul dekat sejati. Dan tidak hanya itu! Job Rogue di dunia RO juga terkenal sebagai tukang panen yang keren karena punya kans gede dalam memperoleh item seperti para Merchant. Singkatnya, Job Rogue adalah Job yang fleksibel!

Nah, kalau kamu beraspirasi menjadi seorang Rogue yang keren, maka kamu wajib untuk mengikuti tips dasar Job Rogue ini. Simak panduan selengkapnya di bawah!

1

Gunakanlah Atribut yang Relevan!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net Mungkin orang lain ingin jadi Assassin, tapi tidak untukmu.

Pikirkan dulu poin skill yang akan kamu habiskan di dalam pohon skill relevan dengan tujuanmu sebagai seorang Rogue. Menggunakan atribut status yang cocok juga akan membantumu untuk lebih cepat dalam naik level secepat kilat!

Nah, apakah kamu butuh pukulan dobel yang selalu kena? Fokus pada STR, AGI dan DEX kamu! Atau kamu justru menargetkan critical rate yang tinggi? Tingkatkan atribut DEX kamu secukupnya, kurang lebih sampai poin 20-30, lalu tingkatkan STR, AGI, dan yang terutama status LUK kamu!

2

Farming EXP yang Benar!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Jangan hanya serang melulu, karena banyak tambang EXP lain yang memiliki hadiah lebih besar daripada receh-receh EXP semata! Apalagi dengan sistem stamina, menambang EXP melalui monster terasa semakin kurang berfaedah untuk dilakukan kecuali untuk tujuan Quest semata!

Menyelesaikan Quest dari Quest board bisa memanen lebih dari 200 ribu Base EXP dan Job EXP kalau rutin dilakukan. Belum lagi Quest dari para Minstrel yang mangkal di setiap kota mewajibkanmu untuk membunuh paling tidak 300 ekor monster spesifik sebelum menghadiahimu dengan EXP tambahan. Berfaedah, bukan?

3

Waktunya Ujian Rogue!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net. Benar, kamu bakal dipalak.

Seperti tipikal quest pergantian Job lainnya, untuk menjadi seorang Rogue kamu ikuti saja jalan menuju Adventurer’s HQ di barat laut Prontera dan ikuti arahan dari pemimpin Job-mu. Tapi ada sedikit langkah yang unik di dalam pergantian Job kedua ini!

Setelah bertemu dengan NPC Ysmir dan manut dengan urusan-urusan genting yang ia limpahkan kepadamu, kamu akan diarahkan ke markas para Rogue yang bertempat di area Morroc. Di sana, temukan pemimpin para bandit, March dan ikuti saja apa maunya dia. Oh iya, urutan jawaban quest-nya biru, merah, biru, dan biru.

4

Jangan Lupa Baca Nomor 1! Penting!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Sudahkah kamu pikirkan matang-matang atribut skill kamu di poin pertama sebelum terlanjur berubah menjadi Rogue? Bagus, karena atribut tersebut yang akan menentukan jalanmu ke depannya sebagai seorang pemain Job Rogue.

Tahukah kamu kalau Job Rogue bisa menggunakan kemampuan-kemampuan Archer dan Hunter seperti Double Strafe dan semacamnya? Kalau kamu tiba-tiba berniat banting setir menggunakan panah, maka ketimbang meningkatkan status seperti biasa, genjot DEX dan AGI-mu sampai 99 untuk efek maksimum!

Sudah pasti, kalau kamu fokus menjadi pemanah, maka poin skill yang harus kamu tanam tentu saja segala yang berhubungan dengan panah alih-alih dagger mastery dan Backstab! Kalau kamu ingin meneruskan karirmu sebagai seorang pembacok, kamu bisa berfokus meningkatkan skill Backstab hingga Raid, dan meningkatkan porsi STR kamu!

5

Mau MvP atau PvP?

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Nah, untuk build yang spesifik tentu butuh perhatian yang spesifik pula. Apakah kamu akan berniat untuk menggunakan karakter Job Rogue kamu untuk diadu dengan sesama pemain, ataukah ia akan dioptimalkan untuk berburu monster-monster besar? Ini panduannya!

Untuk PvP alias berantem sesama pemain, kamu lebih baik mulai berinvestasi dengan atribut yang bisa meningkatkan kemungkinan seranganmu bisa mengenai musuh. Sementara untuk MvP, tentunya kamu sudah wajib mulai meningkatkan skill Snatch hingga Rob kamu untuk kemungkinan drop Zeny dan item yang lebih tinggi!


CONTINUE READING BELOW

Inilah Rekomendasi 6 Film Baru Bulan November yang Wajib Kamu Tonton!

Di antara film-film lainnya, 6 film baru bulan November 2018 ini adalah yang paling mencolok dan paling ditunggu-tunggu di bioskop!


6

Selamat Merampok!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Nah, ketika kamu sudah sampai ke poin kelima kamu sudah seharusnya sadar dengan betapa fleksibelnya Job Rogue untuk PvP maupun MvP. Kamu akan menjadi petani terbaik Party-mu, atau kamu justru akan menjadi jebakan tidak terduga bagi musuh-musuhmu. Selamat berburu sebagai Job Rogue!

Apakah Job Rogue tanpa Gangster Paradise masih bisa dianggap keren? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.